Ini Cara Sembuhkan Sakit Hati

  • Whatsapp

 

Cara Sembuhkan Sakit Hati
Cara Sembuhkan Sakit Hati

 

Read More

Semua orang pasti pernah merasakan sakit hati.  Baik sakit hati karena perbuatan ataupun sakit hati karena perkataan. Ketika kita merasakan sakit hati, rasa kecewa sudah pastilah muncul di dalam hati kita. sebaik-baiknya sakit hati adalah rasa sakit yang dimaafkan. Apalagi rasa sakit yang timbul karena alasan penghinaan. Terkadang orang yang mengejek sering diluar batas kewajaran dan cenderung menyakitkan dan menjatuhkan orang lain secara kasar. Kalau hal tersebut terjadi didalam kehidupan kita sudah pasti akan menimbulkan perasaan yang tidak enak kepada orang yang melakukannya.

 

  1. Belajarlah menerima

Walaupun sebenarnya menerima sakit hati adalah hal yang paling sulit, namun biasakanlah untuk menghilangkan rasa sakit tersebut dengan caramu sendiri. Obat yang paling mujarab ketika hatimu terluka adalah dengan cara memafkan. Usahakanlah untuk mulai memaafkan siapapun yang menyakiti hatimu dengan cara menghinamu.

 

  1. Jadikan hinaan sebagai kritik membangun

Tidak ada yang sempurna di hidup ini bukan berarti sesuatu yang tidak sempurna itu berhak mendapatkan cacian dan hinaan. Jika kamu salah satu kaum yang cukup cerdas cobalah jadikan hinaan orang lain untuk meningkatkan kualitas diri. Jangan menyerah hanya karena dihina orang lain dan anda memutuskan mundur.

 

  1. Jaga silaturahmi

Setelah dihina bukan berarti kamu menjaga jarak dengannya. Ketika kamu dihina dengan seseorang usahakan untuk tetap berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan mereka. Jangan merasa malu, itulah waktu yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu tidak lebih buruk dari apa yang terlontarkan dari bibirnya. Dengan demikian, orang yang menghinamu pasti akan berpikir bahwa hinaan yang telah diucapkan tidak sepantasnya di ucapkan.

 

  1. Ikhlaskan perkataannya

Dengan cara mengikhlaskan apa yang orang lain lontarkan terhadap diri kamu rasa sakit atas hinaan ataupun cacian tidak akan melekat lama di hatimu. Jika hal ini kamu lakukan, penghina akan merasa kesal atas kesabaran kamu. Jadikan juga hinaan itu sebagai pemicu dan semangat baru untuk menghasilkan yang terbaik.

 

  1. Hilangkan dendam

Ketika kamu dihina atau di caci oleh seseorang. Jangan pernah berpikir bagaimana cara membalas cacian dan hinaan mereka. Tanamkanlah dalam hati untuk menjauhkan diri dari sifat pendendam. Jika kamu menjadi seorang pendendam karena hinaan orang lain, itu tidak akan membuat hidupmu lebih di atas yang menghinamu. Jika ingin membalas hinaan mereka, balaslah dengan senyuman.

Hinaan dan cacian bukanlah sebuah alasan yang membuat diri menjadi terpuruk apalagi minder. Hinaan dan cacian adalah kritikan yang paling bisa di andalkan untuk membangun diri menjadi lebih baik. Ketika di hina, cobalah untuk tetap senyum dan sabar walaupun itu adalah hal yang paling sulit. Apalagi, kata-kata hinaan yang terlontar dari mulut seseorang membuat hati terluka dan tergores.

Untuk yang sering menghina baik di sengaja ataupun tidak sengaja, usahakan benahi diri sebelum melontarkan kata-kata yang dapat menyakiti hati. Cerminkan terlebih dahulu kepada diri sendiri sebelum mencoba menghina ciptaan Tuhan. Hinaan hanya sebuah kata, namun satu kata yang terucap karena hinaan dapat membuat berjuta-juta luka di hati seseorang. Jangan jadikan menghina jadi kebiasaan buruk yang tertanam di diri kita. Jika kamu menghina, apakah kamu terima jika suatu saat di hina orang lain?***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *