Ini Cara Agar Puasa Tetap Lancar Meski Jauh Dari Orangtua

  • Whatsapp
Ini Cara Agar Puasa Tetap Lancar Meski Jauh Dari Orangtua
Ini Cara Agar Puasa Tetap Lancar Meski Jauh Dari Orangtua

 

Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim di dunia, karenanya setiap umat diwajibkan untuk berpuasa karena merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan setiap umatnya. Dalam menjalankan puasa, setiap orang memiliki cara tersendiri termasuk di dalamnya seorang anak kos.

Read More

Bagi sebagian anak kos menjalankan puasa di perantauan dan jauh dari keluarga adalah sebuah kegelisahan, karena anak kos dalam kondisi ini dituntut untuk benar-benar mandiri, disini mereka akan diuji seberapa bisa menjalankan puasa tanpa keluarga, terlebih lagi bagi anak-anak kos yang biasanya memiliki pembantu di rumahnya.

Bagi yang baru menjadi anak kos, terlambat bangun, tidak memiliki stok makanan, dan berbuka dengan menu seadanya menjadi masalah yang kerap dialami oleh anak kos saat menjalani ibadah puasa. Karenanya ada beberapa hal yang harus dilakukan  agar tidak mengalami hal tersebut, simak tips berikut ini :

 

  1. Hidupkan Alarm

Sebagai anak kos, kamu harus bangun sendiri. Kamu sedang diperantauan dan ayah dan ibumu tidak akan ada untuk membangunkanmu secara langsung. Karenanya kamu harus menghidupkan alarmmu, aturlah waktu yang berjarak menuju imsak agar kamu bisa bersiap-siap menyediakan menu sahurmu. Namun, meski demikian mintalah bantuan orang lain untuk sekedar menelponmu jika kamu takut tidak terbangun meski sudah menghidupkan alarm.

 

  1. Sediakan Makanan Ringan

Bisa jadi kamu akan telat bangun karena suatu hal seperti karena kamu begadang atau sebagainya, agar perutmu tetap terisi usahakan untuk menyimpan makanan ringan seperti roti, snack, susu, atau makanan lainnya yang bisa langsung makan. Hal tersebut berguna jika kamu tak memiliki banyak waktu untuk memakan nasi ketika sahur. Tetapi, makan mendekati imsak tetap dianjurkan ya.

 

  1. Jangan Lupa Menyediakan Bahan-bahan Masakan

Sepertinya jika membeli makanan setiap hari akan membuat kantong anak kos menipis. Untuk menghemat sebaiknya sediakan bahan-bahan masakan di dapurmu seperti sayur-sayuran, telur, ikan, dan lainnya. Kamu bisa memasak untuk menyiasati penghematan. Jangan lupa untuk membeli bahan-bahan yang bisa bertahan lama sehingga tidak cepat busuk jika masih terdapat sisa. Dengan memasak, kamu bisa lebih hemat apalagi jika berbarengan dengan teman kosmu, selain itu masakan sendiri tentu sudah terjamin kebersihan dan kesehatannya, tanpa penyedap.

 

  1. Perhatikan Gizi

Meski harus berhemat, anak kos juga harus pandai-pandai memperhatikan gizi yang seimbang dan baik untuk tubuh, Tidak perlu mahal, setidaknya makanan yang kamu makan sudah mengandung usnur 4 sehat dan 5 sempurna sehingga meski pun anak kos maka gizimu tetap terjaga, jangan sampai kamu memakan makan-makanan yang instan karena akan memepengaruhi kesehatanmu.Susu, sayur dan buah-buahan menjadi hal yang penting untuk perbaikan gizimu, karena selain bergizi ketiga jenis makanan dan minuman ini dapat membuatmu tidak lemas ketika berpuasa.

 

  1. Cari Informasi Warung 24 Jam

Sewaktu-waktu kamu lupa untuk membeli makanan persediaan untuk sahur atau tidak memiliki bahan-bahan untuk dimasak maka kamu harus membeli keluar. Namun, masalahnya apakah ada warung 24 jam yang buka di daerah kosmu? Sebaiknya cari informasi terlebih dahulu sehingga kamu tidak akan kerepotan jika membutuhkan suatu waktu kelak.Usahakan untuk membeli makanan yang sesuai seleramu agar sahurmu menjadi lebih nikmat dan kamu pun bisa lebih bersemangat dalam berpuasa.

 

  1. Survei Lokasi Masjid Terdekat

Meski tidak ada orangtuamu yang tinggal bersamamu di kos, bukan berarti kamu malas-malasan untuk sholat berjamaah atau sholat tarawih di masjid. Kamu harus sepeti biasa atau setidaknya lebih dari biasa giatnya dalam beribadah agar puasamu menjadi lebih berkah. Survei dulu masjid yang mudah dijangkau dari kosmu sehingga kamu bisa menenetukan masjid mana yang akan kamu datangi.

Berikut tips menjalanakan ibadah puasa bagi anak kos, semoga bermanfaat. Jadilah anak kos yang mandiri ya konkawan Cerita Medan. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *