Ini Bahan Kimia Berbahaya Pada Sabun Di Rumah Anda

  • Whatsapp
Sabun
Sabun

 

Saat mandi, hal yang tak mungkin lupa untuk melakukannya adalah memakai sabun ke sekujur tubuh. Dengan memakai sabun, tubuh akan kembali bersih, wangi, bersinar dan kesat. Kini sabun diproduksi dengan beragam bentuk, warna dan wangi. Kemasan yang menarik membuat para konsumen juga sangat tertarik membelinya.

Read More

Banyak diantara orang yang kurang memperhatikan komposisi dari setiap sabun, mereka lebih tertarik dengan kemasan dan wangi yang dihasilkan dari sabun tersebut. Padahal sangat dianjurkan untuk melihat komposisi dengan baik, agar konsumen juga terhindar dari sabun oplosan atau sabun dengan bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh.

Zaman sekarang banyka sekali sabun yang dipenuhi dengan bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh, seperti:

 

  1. Tetrasodium EDTA

Tetrasodium EDTA ini merupakan bahan pengawet sintetis yang terbuat dari formaldehida, karsinogen yang diketahui, dan sodium sianida. Jika bahan kimia ini ada pada sabun, maka bisa menyebabkan iritasi pada mata dan membran mukosa.

 

  1. Mineral Oil dan Petroleum Oil

Mineral dan petroleum oil ini sering digunakan, karena dapat memberikan sensasi halus pada kulit ketika digunakan, dengan hal inilah yang menjadi tolak ukur para produsen sabun mandi. Namun bahayanya mereka sering menjadi comedogenic. Yatitu keadaan yang dapat menciptakan komedo atau lapisan oklusi pada kulit yang ternyata dapat mengurangi kemampuan bernapas.

 

  1. Coca Midopropyl Betaine

Coca Midopropyl Betaine ini merupakan agen pembersih sintetis yang dapat menyebabkan dermatitis alergi. Bahan kimia yang satu ini adalah bahan kosmetik yang sebaiknya dihindari para konsumen. Alergi yang seperti ini akan lama bisa menghilang.

 

  1. Tetrasodium Etidronate

Tetrasodium Etidronate ini adalah bahan kimia yang dapat mengkilatkan kulit. Biasa yang digunakan untuk melunakkan air dan mencegah buih sabun. Namun hal buruknya adalah, bahan kimia ini dapat merusak kulit, khususnya eksim.

 

  1. Propylene Glycol

Propylene Glycol ini merupakan bahan kimia yang dapat menebalkan kulit dan dikenal dapat memecahkan sel-sel kulit. Tak hanya itu, bahan ini juga dapat menyebabkan iritasi dan alergi pula bagi kulit.

 

  1. Sodium Lauryl and Laureth Sulfate

Sodium Lauryl dan Laureth Sulfate ini merupakan bahan kimia yang dibutuhkan sabun agar dapat berbusa. Namun bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan peradangan. Bahan kimia yan satu ini hamper sering ditemukan di produk yang berbusa, misalnya sabun mandi, detergent, dan shampo. Sebaiknya carilah Disodium Laureth Sulfosuksinat dalam produk perawatan kulit. Karena bahan inilah yang sangat bagus untuk keamanan, stabil dan melembutkan. Tak hanya melembutkan kulit, bahan ini juga melembutkan busa-busa yang timbul.

 

  1. Methylisothiazolinone

Bahan kimi ini paling ditakutkan, karena bahan ini dapat mempengaruhi sistem saraf. Bahkan jika digunakan dalam konsentrasi sang sangat tinggi, akan mendapat banyak reaksi alergi lebih parah.

 

  1. Pewarna Buatan (Blue 1, Red 33, Yellow 5, dan Titanium Dioxide)

Carilah sabun yang tak memiliki warna mencolok, atau putih saja, dengan begitu anda akan terhindar dari banyaknya pewarna buatan. Namun, sabun berwarna putih juga memiliki pewarna buatan. Pewarna buatan yang sering dipakai dalam sabun adalah putih (titanium dioxide). Selain itu juga tabir surya, yang dianggap aman. Namun, penelitian menjelaskan bahwa bahan itu ternyata bisa menjadi karsinogen, yang jika dihirup dalam ukuran partikel yang sangat kecil.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *