Ini Alasan Kenapa Peran Keluarga Itu Penting

  • Whatsapp
Peran Keluarga
Peran Keluarga

 

Setiap orang pasti memimpikan memiliki sebuah keluarga yang harmonis, dan juga lengkap. Disamping itu ada juga beberapa orang yang tidak mengharapkan sebuah keluarga di dalam hidupnya. Keluarga sebagai tatanan sosial terkecil dalam masyarakat.

Read More

Menurut wikipedia, Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Masih banyak yang belum bisa mengartikan kata keluarga. Contohnya saja, masih banyak kasus kriminal yang menyangkut pautkan keluarga sebagai korban. Apakah arti kata keluarga berdasarkan fungsi sebenarnya? Disini kami akan coba rangkum untuk konkawan sekalian.

  1. Perlindungan

Berlindung kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah sebuah kewajiban. Namun tanpa sadar, keluarga adalah perlindungan terdekat kita secara langsung. Sebagian orang mungkin tidak setuju dengan hal ini jika di telaa lebih dalam sekecil apapun usaha yang di berikan pastilah keluarga yang akan turun tangan langsung dalam hal menolong dan melindungi.

 

  1. Tempat Curhat

Sebagian orang menganggap bahwa bercerita tentang masalah pribadi kepada keluarga adalah hal yang disegani. Namun sebenarnya, tempat yang paling nyaman untuk mencurahkan isi hati adalah keluarga. Mengapa? Sudah pasti keluarga adalah hal yang sudah dikenal sejak kita masih kecil secara tidak langsung juga solusi yang akan diberikan ke diri kita.

 

  1. Motivasi Terbesar

Setiap orang pasti memiliki motivator dalam hidupnya. Tanpa disadari, motivator terbesar dalam hidup adalah keluarga khususnya orang tua. Walaupun terkadang diri menolaknya, tetapi sebagian kecil dari hati kita akan menyadari hal itu. Jika bagian dari keluarga kita tidak baik, jadikan hal tersebut motivasi agar diri kita bisa lebih baik dari mereka. Dan jika bagian dari keluarga kita sudah cukup baik, jadikan juga hal tersebut sebagai motivasi diri supaya kita tidak lebih buruk dari mereka.

 

  1. Tempat bersosialisasi

Keluarga sebagai basis untuk membentuk generasi yang mengerti aturan sosial. Mengenai norma-norma yang berlaku di masyarakat, mengenai aturan-aturan tak baku bagaimana cara bersosialisasi terhadap sesama manusia, bagaimana menghargai alam, dan kehidupan sosial. Menjalin komunikasi di dalam rumah nyatanya berdampak baik untuk seseorang dalam hal berkomunikasi dengan orang lain. Setiap keluarga selalu mengharapkan anaknya dapat beretika baik jika berada di luar rumah. Karena, etika orang yang ada di dalam rumah berpangaruh besar terhadap pemikiran orang tentang isi rumah tersebut.

 

  1. Pendidikan

Untuk hal pendidikan kita tidak bisa berharap pada diri sendiri. Beberapa orang terkadang membutuhkan dukungan dalam hal pendidikannya melalui keluarga. Karena keluarga adalah lingkungan yang paling dekat, sudah pasti keluarga adalah seseorang yang baling berpengaruh entah itu tentang pergaulan, tentang etika dan juga pendidikan. Tidak semua anak bisa berjalan di dunia pendidikan sendiri. Walaupun sebagian anak terlihat mandiri dalam menjalankan dunia pendidikannya, tetap saja mereka membutuhkan dukungan keluarga juga.

Tersebut adalah beberapa fungsi keluarga. Memang tidak jarang ada sebagian anak menganggap memiliki keluarga ataupun tidak terlihat sama saja. Sebenarnya, didalam hati seseorang selalu menginginkan kehadiran keluarga di dekatnya walaupun ia sebatang kara. Seorang yang sebatang kara pun tetap mencari keluarga melalui orang-orang sekitarnya misalnya saja sahabat.

Tidak ada alasan untuk membenci keluarga sendiri. Jika tidak ingin membuat diri kamu benci terhadap keluarga, cobalah saling mengerti dengan cara berkomunikasi dengan baik. Dalam keluarga memang sangat penting komunikasi dan saling mengerti satu sama lain agar terhindar dari perceraian atau perselisihan. Jadikanlah, rumahmu menjadi sahabat terdekatmu.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *