Hal yang Diperbolehkan Saat Puasa

  • Whatsapp
Sikat Gigi
Sikat Gigi

 

Selamat datang di pertengahan bulan Ramadan, banyak orang yang masih melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Sebelum puasa menajadi batal, makruh, atau malah tidak mendapatkan pahala atas puasanya, sebaiknya konkawan Cerita Medan mengetahui banyak hal mengenai ini. Banyak dari orang yang belum menyadari ternyata hal tersebut menjadi larangan.

Read More

Walau larangan menjadi penghalang, namun puasa juga memiliki banyak hal yang diperbolehkan dan dianjurkan. Nah hal inilah yang ahrusnya dipelajari secara matang oleh banyak orang. Sembari merubah diri menajdi lebih baik, sembari mempelajari hal baru pula yang dapat mengembangkan semangat dalam berpuasa. Berikut adalah hal-hal yang diperbolehkan dalam berpuasa:

  1. Gosok Gigi di Siang Hari

Walaupun anda merasa bahwa gosok gigi dapat menjadi makruh atau batal puasa karena takutnya masuk air ke dalam mulut, maka sebaiknya dihindari. Namun dalam hadist riwayat Al Bukhari menjelaskan bahwa dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda andaikan tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk gosok gigi setiap wudlu. Dalam fatwa lain, Syaikh Ibn Baz pernah ditanya tentang hukum menggunakan pasta gigi. Beliau menjawab: “Tidak masalah, selama dijaga agar tidak tertelan sedikitpun.” (Fatwa Syaikh Ibn Baz, 4/247). Dalam hal ini menggosok gigi guna untuk bersih melaksanakan salat. Yang harus diingat adalah jangan melakukan dengan sengaja berkumur terlalu banyak yang nantinya menimbulkan masuknya air ke dalam mulut.

 

  1. Keramas Agar Badan Segar

Dalam hadist riwayat Abu Dawud dan Ahmad menjelaskan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyiramkan air ke atas kepala Beliau ketika sedang puasa, karena kehausan atau terlalu panas. Mendinginkan badan dengan niat agar badan kembali segar dan dingin diperbolehkan dalam berpuasa, namun yang mesti diingat kembali jangan membiarkan tubuh berlama-lama dengan membasahi tubuh terus-menerus. Hal ini dapat membuat puasa menjadi makruh. Maka dari itu sebisa mungkin jauhilah sinar ultra violet sesering mungkin saat puasa.

 

  1. Tampil Cantik dengan Celak

Secara agama, memakai celak adalah sunnah, maka dari itu diperbolehkanlah menggunakan celak di saat puasa. Berniatlah hanya pada Allah menjalankan sunnah, jangan malah berniat agar tampil cantik dan sempurna di hadapan ciptaan Allah. Dalam hadist riwayat Bukhori menjelaskan bahwa Anas bin Malik, Hasan Al Bashri, dan Ibrahim berpendapat bolehnya menggunakan celak. (Shahih Bukhari, bab Bolehnya orang yang berpuasa mandi).

 

  1. Masuk Subuh dalam Junub

Mandi junub ini sebenarnya mandi dengan menggunakan air suci dan bersih (air mutlak) yang mensucikan dengan mengalirkan air tersebut ke seluruh tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tujuannya adalah untuk menghilangkan hadas besar sebelum melakukan ibadah tertentu. Dalam hadist riwayat Bukhori menjelaskan bahwa Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk waktu subuh dalam keadaan junub (belum mandi) karena berhubungan suami istri, kemudian beliau mandi dan berpuasa. (HR. Al Bukhari dan Muslim). Ingat mandilah sebelum melakukan Salat Subuh, agar bisa melaksanakan salat dan juga puasa.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *