Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis Yang Jarang Diketahui

  • Whatsapp
Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis Yang Jarang Diketahui
Gejala Dan Penyebab Penyakit Hepatitis Yang Jarang Diketahui

Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati, yang dapat disebabkan oleh racun, obat-obatan tertentu, penggunaan alkohol berat dan infeksi bakteri atau virus. Banyak orang yang belum mengenal penyakit hepatitis. Padahal, hepatitis bisa mengancam jiwa penderitanya serta dapat menular pada orang-orang sekitar. dikarenakan siklus penyebarannya cukup lama, jadi biasanya seseorang tidak menyadari jika dirinya terinfeksi hepatitis. Tanda dan gejala hepatitis biasanya muncul setelah 2 sampai 3 bulan setelah terinfeksi. Selain itu, gejala penyakit hepatitis dapat bervariasi, dari yang ringan sampai parah.

Berikut ini merupakan gejala-gejala penyakit hepatitis :

Read More

  1. Demam

Jika tubuh sedang terserang virus atau kuman maka gejala yang pertama kali timbul adalah demam. Namun Demam yang terjadi saat anda terserang virus hepatitis adalah demam yang terus menerus, tidak seperti demam yang lainnya yaitu pada demam berdarah, tbc, thypus, dll.

  1. Mual muntah

selain demam, penderita juga akan mengalami rasa mual dan muntah. Sehingga akan kekurangan cairan dan juga tubuh akan lemas.

  1. Perut tidak nyaman

Hal ini biasa bagi mereka yang sedang mengalami demam dan mual karena dalam keadaan ini nafsu makan akan sangat menurun sehingga asupan makan jadi kurang dan mudah masuk angin akibatnya perut terasa tidak nyaman. Satu hal yang harus diingat adalah jangan pernah mengabaikan makan walau sedang tidak bernafsu, agar tidak timbul penyakit lainnya.

  1. Warna urin berbeda

Jika telah terinfeksi virus hepatitis maka ketika bunga air kecil. Meskipun ini merupakan gejala umum penyakit kuning, kita sering mengabaikannya gejala ini karena menganggap urine berwarna kuning tua kerap diidentifikasi sebagai tanda dehidrasi. Perubahan warna urine menjadi kuning tua disebabkan oleh penurunan asupan air yang akhirnya berkonsentrasi pada urine.

  1. Nyeri sendi

Salah satu gejala adalah bisa menyebabkan nyeri pada bagian sendi. Ketika sudah di infeksi hepatitis juga akan merasakan gangguan pada bagian sendi. Dan jika sendi mengalami gangguan maka akan merasakan sakit. Nyeri sendi merupakan gejala penyakit hepatitis yang sering terjadi.

  1. Kulit kuning

Karena penyakit hepatitis juga terkenal dengan penyakit kuning, karena memang kulit dan juga mata akan mengalami perubahan warna jika sudah terkena penyakit hepatitis.

Setelah mengetahui gejala, ada baiknya anda mengetahui penyebab hepetitis juga. Dan berikut adalah penyebabnya:

  1. Makanan dan minuman yang kotor

Hindari makanan yang sudah berjamur dan mengandung zat pengawet. Cuci bersih sayuran dan buah yang dimakan mentah.

  1. Hygien dan sanitasi yang kurang diperhatikan

Lakukan cuci tangan yang bersih setelah kontak dengan darah, feses, dan cairan tubuh orang yang terinfeksi. Biasakan masyarakat agar buang air di wc. Selalu mencuci tangan sebelum makan.

  1. Hubungan sex

hubungan sex dengan sembarang orang apalagi tanpa pengaman dapat membuat anda tertular penyakit hepatitis karena pasangan anda tersebut belum tentu bebas dari penyakit hepatitis.

  1. Jarum suntik bekas

Jarum suntik bekas berarti jarum yang sudah digunakan orang lain sebelumnya. Orang tersebut bisa saja memiliki penyakit kemudian tertelah kepada anda yang memakai jarum bekasnya.

  1. Berkontak langsung dengan penderita hepatitis
  2. Meminum air yang sudah terkontaminasi
  3. Memakan makanan yang sudah terkontaminasi
  4. Melalui transfusi darah

Jika sudah mengetahui penyebab hepatitis maka yang anda harus lakukan adalah dengan menjauhi nya karena bisa jika tidak akan mudah untuk terkena hepatitis. Selain itu juga sangat penting untuk menjadi kebersihan lingkungan serta makanan yang akan di konsumsi. karena penyebab hepatitis bisa di karena lingkungan ataupun makanan yang telah terkena virus lalu dapat dengan mudah memasuki tubuh.***(CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *