IBX5A49C9BC313D6 Electrica Panda, Brand Lokal Yang Sekali Rilis Langsung Habis - Cerita Medan

Electrica Panda, Brand Lokal yang Sekali Rilis Langsung Habis

M. Rizki Saragih Owner Electrica Panda
M. Rizki Saragih

 

Layaknya makanan, fashion juga merupakan kebutuhan utama setiap manusia yang takkan pernah ada habisnya, maka dari itu setiap saat pasti ada saja orang-orang yang membutuhkan pakaian baru. Pasar terbesarnya adalah para anak-anak remaja hingga dewasa, baik itu pria maupun wanita. Ketika berbicara sebuah produk dan popularitasnya tentunya tak lepas dari nama brand yang disematkan padanya layaknya merek-merek kelas internasional, namun, bagaimana jika kreatif lokal mampu menciptakan sebuah brand yang mampu menarik minat pasar dan tentunya tetap dengan kualitas barang yang baik.

Electrica Panda adalah sebuah merek lokal yang memproduksi kebutuhan fashion bagi anak muda masa kini, dengan mengambil konsep panda persis seperti namanya. Mengandalkan desain-desain yang lucu dan simple, brand yang sudah berdiri sejak tahun 2013 ini terus menunjukan kemajuan yang signifikan, terlihat dari semakin banyaknya peminat merek berlogo kepala panda satu ini. Tak hanya kaos yang selalu menjadi masterpiece kebanyakan merek-merek lokal lainnya, Electrica Panda ternyata juga memproduksi produk-produk fashion lainnya seperti kemeja, snapback, totebag, jaket dan aksesoris lainnya.

Salah Satu Kaos dari Electrica Panda
Salah Satu Kaos dari Electrica Panda

 

Soal penjualan, Electrica Panda bisa dikatakan cukup sukses dalam menggaet konsumen. Tak hanya anak Medan yang menggandrungi tapi juga wilayah-wilayah lain di Indonesia, maklum saja Electrica Panda juga melayani pemesanan via online. Sampai saat ini resellernya yang tersebar di 6 kota besar yakni, Bogor, Cibubur, Banyuwangi, Surabaya, Malang sampai dengan Madura. Hal yang lebih membanggakan dari produk lokal satu ini adalah mereka sudah beberapa kali mengirim hasil produksi mereka ke beberapa negara seperti Malaysia, Taiwan, Jepang sampai dengan Jerman.

Ternyata kesuksesan Electrica Panda tak lepas dari bantuan teman-teman disekitaran. Diawali dari ownernya M. Rizki Saragih kemudian dibantu oleh kedua temannya, mereka adalah Fitra yang mengurusi segala urusan administrasi dan marketing kemudian Ikhwal Fanani yang menangani bagian store. Di Medan sendiri tokonya berada di Jl. Kapten Muslim/ Jl. Perkutut No. 54 A, Medan, buka setiap hari pukul 09.00 – 23.00 WIB. Pada awal kemunculannya Electrica Panda melakukan branding produknya yaitu dengan menggaet band-band indie Medan sebagai sarana memasarkan produknya.

Suasana Distro Electrica Panda
Suasana Distro Electrica Panda

 

Yang spesial dan unik dari Electrica Panda adalah mereka tak ragu untuk memproduksi seri-seri eksklusif dengan jumlah yang terbatas. Bahkan di edisi yang baru saja mereka keluarkan 100 pcs di Juni 2016 ini, hanya dalam hitungan jam sudah terborong habis oleh para penggemar Electrica Panda. Tentunya ini menjadi bukti nyata jika Electrica Panda berada di dalam jalur yang tepat dalam segi bisnis.

Electrica Panda
Electrica Panda

 

“Menurut aku untuk memulai sebuah usaha yang paling penting adalah niat yang sungguh-sungguh dan menentukan konsep, jangan sampai mengikuti konsep yang sudah ada. Seperti ETPD (singkatan dari Electrica Panda) dari awal mempunyai konsep yang identik dengan panda, karena pada awalnya EPTD menciptakan pasar, bukan mengikuti pasar yang sedang happening dikalangan anak muda. Syukurnya saat ini pasarnya sudah terbentuk dan sudah ada penikmatnya sendiri yang sering kami sebut sebagai Pengadopsi Panda,” tutur M. Rizki Saragih, owner dari Electrica Panda.

Rencananya Electrica Panda akan ikut berpartisipasi sekaligus mengembangkan namanya secara luas dalam acara jackloth yang akan diadakan akhir tahun ini.***(CM-03/Rio Khairuman)

KOMENTAR

BACA JUGA