Durasi Berpuasa di Negara lain

  • Whatsapp
Durasi Puasa di Negara Lain
Durasi Puasa di Negara Lain

 

Sejatinya puasa adalah menahan hawa nafsu termasuk makan dan minum mulai dari sebelum fajar hingga adzan maghrib berkumandang. Namun, ternyata hal tersebut membuat durasi berpuasa berbeda-beda di berbagai wilayah tergantung letak geografisnya yang mepengaruhi rotasi terhadap pancaran sinar matahari masing-masing. Jika di Indonesia lamanya berkisar 13 jam lebih 15 menit, maka tidak berlaku untuk beberapa negara lain diseluruh permukaan bumi. Jika kalian tak tahan karena waktu berbuka di Indonesia cukup lama, maka kalian perlu tahu lamanya berpuasa di beberapa negara ini.

Read More

 

Skandinavia

Yang termasuk dalam kategori negara skandinavia adalah Swedia, finlandia juga  norwegia. Ketika memasuki musim panas maka matahari akan bersinar lebih lama lama di negara tersebut dimulai saat terbit hingga terbenam, kutang lebih 21, hal ini lantas menjadikan umat muslim di tiga negara tersebut wilayah mengerjakan ibadah puasa terlama di dunia. Kejadian yang disebabkan faktor alam ini membuat tak semua umat islam yang berpuasa mampu bertahan selama itu, sehingga sebagian dari mereka mengikuti waktu berbuka Arab Saudi maupun Turki.

Rusia

Rusia menempati urutan kedua waktu berpuasa terlama di dunia, negara yang terletak di sebelah utara bumi memiliki durasi berpuasa selama kurang lebih 19 jam. Sedikit lebih pendek dari negara-negara skandinavia yakni dengan perbedaan sekitar 2 jam lamanya. Walaupun bukan agama yang dominan namun umat muslim di Rusia begitu dihargai dengan dengan kebijakan-kebijakan pemerintahnya.
Britania Raya dan USA

Umat muslim yang tinggal di Britania Raya yaitu Inggris, Skolandia, Wales dan Irlandia Utara harus melaksanakan ibadah puasa 17 jam lebih. Di negara paman sam juga sama, hanya berbeda satu jam saja yakni 16 jam waktu berpuasa. Saat ini agama islam memang sedang berkembang dengan pesat di dua negara tersebut.
Jepang

Umat muslim yang berada di negara samurai harus menahan hawa nafsunya selama 16 jam lebih 30 menit. Selain waktu berpuasa yang cukup lama, ternyata para umat muslim di negara ini cukup sulit ketika akan berbuka, pasalnya di Jepang agak sulit menemukan restoran yang menjajakan makanan halal. umat muslim disana juga cukup kesulitan untuk menemukan restoran yang menjual makanan halal.

Itu adalah negara-negara yang memiliki waktu berpuasa terlama dan Indonesia sendiri tak termasuk didalamnya. Tapi bukan berati negara kita menjadi yang tercepat karena ada beberapa negara lain yang memiliki durasi puasa lebih cepat.

 

Chile dan Argentina

Negara yang terletak di benua amerika bagian selatan yang memiliki iklim kering dan dingin ini menempati urutan pertama dalam durasi puasa tercepat. Umat muslim di negara ini berpuasa selama 9 jam lebih. Hal yang mirip juga terjadi di Argentinan negara beribukota Buenos Aires ini juga memiliki waktu berpuasa yang terbilang singkat dengan waktu sekitar 9 jam 30 menit, walaupun muslim adalah agama minoritas namun namun terasa begitu besar keramah tamahan antar umat beragamanya.

 

Arab Saudi

Siapa sangka Arab Saudi memiliki waktu berpuasa yang lebih cepat dari Indonesia, sebelumnya negara ini memiliki durasi selama 14 jam lewat 40 menit tapi setelah dilkakukan perhitungan kembal dengan ilmu falak  (ilmu yang mempelajari lintasan benda-benda langit-khususnya bumi, bulan, dan matahari-pada orbitnya masing-masing) ternyata negara menjadi 2 jam lebih dari waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, yakni dengan sekitar 12 jam lebih.

Ternyata durasi berpuasa di Indonesia bukan merupakan yang terlama, bahkan ada yang samapi dua kalinlipatnya dengan kondisi iklim ekstrim. Jadi jangan sampai kita yang memiliki waktu yang terbilang pendek tak sanggup untuk menahan hawa nafsu.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *