Disiplin Kunci Utama Kesuksesan

  • Whatsapp
Disiplin
Disiplin

 

Sukses dapat didefenisikan atas beberapa hal oleh banyak orang di dunia. Sukses bisa berarti hasil dari kerja keras, usaha, rencana, keberuntungan dan doa. Nmaun, sukses tentu tidak instan tetapi sukses itu diukur dari kedisiplinan seseorang dalam melakukan segala sesuatu dengan tepat. Kedisiplinan selalu membawa orang untuk mampu menyelesaikan segala sesuatu yang telah direncanakan. Seseorang tidak akan mampu melakukan sesuatu strategi atau pun rencana dengan sangat baik kecuali dilakukan dengan cara yang disiplin. Dsiiplin dapat membuat seseorang tepat dalam pencapainnya karena orang yang disiplin akan tahu apa yang harus dilakukannya dan apa yang harus difokuskannya secara lebih dahulu.

Read More

Pada dasarnya disiplin bukan sekedar bagaimana seseorang mampu melaksanakan tugasnya dengan tepat tetapi bagaimana segala kegiatan dilakukan dengan jadwal yang sesuai. Untuk menjadi disiplin sebenarnya tidak sulit, lihat saja di pagi hari saat seseorang bangun, mandi, sarapan kemudian bergegas pergi sekolah maupun bekerja sudah menunjukkan bahwa dirinya disiplin. Hal itu memang tanpa sadar selalu kita lakukan tetapi jika hari libur kita kita selalu enggan melakukannya padahal disiplin telah diakui banyak orangs ebagai salah satu resep keberhasilan untuk sukses.

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk memulai kedisiplinan, seperti kata pepatah bahwa pagi akan menentukannya keadaanmu sampai sepanjang hari. Mencatat segala rutinitas yang ingin dikerjakan di pagi hari menjadi hal yang penting karena dapat menjadikan target yang jelas mengenai apa yang harus dilakukan. Hal ini bisa menjadi solusi mengatasi kedisiplinan dan agar lebih produkti setiap harinya.

Disiplin juga tidak terlepas dari bagaimana seseorang dapat mengoptimalisasi waktu kerja seperti misalnya ketika jam kerja kamu bermalas-malasan, menunda pekerjaan dan lainnya, lantas kapan kamu berkeinginan menyelesaikannya dengan tuntas? Kedisiplinan harus berjalan teratur, begitu juga dengan rutinitasmu yang harus dikerjakan secara teratur. Jangan lupa pula untuk memberikan prioritas trhadap tufas-tugasmu sehingga kamu tahu mana seharusnya yang lebuh dulu dikerjakan. Dengan begitu kamu akan dengan mudah dapat mengukur efesiensi kerjamu serta kamu dapat mengetahu seberapa banyak yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan berbagai kegiatan. Daftar rutinitas yang telah kamu persiapkan pun bisa menjadi evalusasi dirimu di malam hari, dengan melihat daftar yang telah kamu persiapkan maka kamu akan dengan mudah melihat mana yang mencapai target dan mana yang on process. Hal tersebut juga dapat memudahkanmu untuk memfilter kegiatanmu dalam keseharian.

Kamu harus memahami dirimu, seberapa kuat kamu bertahan. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah seberapa besar daya tahan tubuhmu kuat untuk bekerja, jika kamu hanya bisa bekerja kurang lebih 5 jam saja, maka optimalkan lah 5 jam tersebut untuk bekerja. Jangan memaksakan diri untuk 8 jam jika hasilnya hanya maksimal di 5 jam pertama saja, gunakan waktu sebaik mungkin untuk berkatifitas agar kamu tidak kelelahan dan membuang waktu dengan sia-sia.

Jangan karena ingin selalu disiplin lantas kamu melupakan kesehatanmu, ingatlah bahwa pikiran yang sehat terdapat di dalam tubuh yang sehat. Kondisi fisik tetap menjadi hal yang utama, istirahlah jika lelah dan berliburlah ketika bosan. Disiplin bukanlah melulu tentang eksibukan tetapi disiplin ketika kamu mampu menjadi sukses atas usahamu dan tidak bermalas-malasan atasnya. Kamu boleh saja berlibur meskipun kamu adalah orang yang paling disiplin, buanglah segala pikiran tentang pekerjaanmu dan disiplin lah dengan liburanmu. Kamu akan displin bekerja ketika kamu kembali. Nah, mudahkan? Ayo disiplin untuk sukses.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *