Diet Sehat di Bulan Ramadan

  • Whatsapp
Diet Sehat di Bulan Ramadan
Diet Sehat di Bulan Ramadan

Puasa memang tidak makan dan minum namun tidak dapat langsung dijadikan kesempatan bagi kalian yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Berpuasa bukanlah ajaran agama yang tujuan utamanya untuk melangsingkan tubuh, melainkan untuk membentuk kepribadian yang lebih dekat kepada Sang Maha Pencipta. Namun, tak ada salahnya jika kamu memanfaatkannya sebaik-baiknya demi bentuk tubuh ideal tapi jangan sampai hal tersebut dijadikan tujuan utama dalam berpuasa.

Perut boleh saja kosong dari terbit hingga terbenamnya matahari, tak berarti kamu sudah berhasil menurunkan berat badan. Malahan jika kamu berbuka dengan porsi serat kandungan gula yang banyak secara terus-menerus hingga ramadan berakhir maka bukan hanya tidak ada perbadaan tapi bisa jadi kamu akan semakin gemuk. Oleh karena itu ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk diet saat bulan puasa, yaitu:

Read More

 

Ketahui kandungan gizi pada makanan

Pertama kali yang terpenting adalah konsumsi makan dengan gizi tinggi baik saat sahur maupun berbuka. Usahakan menu yang kamu makan memiliki kadar protein, karbohidrat, lemak, vityamin serta perbanyak konsumsi air putih untuk menajaga ketersediaan cairan dalam tubuh. Agar tak mudah merasa lapar caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan berkarbhidrat serta berserat tinggi yang banyak ditemui pada daging, gandum, sayuran maupun buah-buahan. Karena walaupun berpuasa namun tubuh juga harus mendapat asupan gizi yang sama seperti dengan hari lain. Dan perlu diingat jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan berminyak karena itu merupakan faktor penggemukan badan, dan makanlah dengan porsi secukupnya karena saat berbuka sedikit makanan saja sudah cukup mengisi perut.

 

Tahan nafsu kamu ketika berbuka

Makan dan minumlah sekedarnya saja ketika baru berbuka, bukannya dilarang untuk menyantap menu-menu nikmat lainnya. Hanya saja hal ini dilakukan karean lambung dalam tubuh kita berhenti berfungsi kurang lebih 13 jam sehingga membutuhkan proses dan secara perlahan untuk mencerna, jika tidak makanan tersebut tak akan tercerna dengan sempurna sehingga terjadi penumpukan lemak dalam perut. Itulah yang membuat perut menjadi buncit setelah makan. Jadi, setelah adzan magrib berkumandang lebih baik meminum teh manis hangat serta kue-kue tradisional terlebih dahulu dan tunggu minimal 15 menit.

 

Tetap olahraga saat sedang puasa

Diet tidaka akan sempurna jika tidak didampingin dengan olahraga teratur. Memang membutuhkan tenaga ekstra jika kamu ingin menurunkan berat badan dan termasuk ketika sedang berpuasa, jangan sampai hal itu mengurungkan niat kamu. walaupun sedang puasa akan sangat baik jika tetap berolahraga ringan seperti halnya lari, sit-up, pus-up sedangkan waktu yang paling tepat adalah 1 samapi dengan 2 jam sebelum berbuka. Tujuannya agar daya tahan tubuh serta mengencangkan otot.

 

Habis sahur jangan langsung tidur

Ingat, tubuh kita membutuhkan waktu setidak setengah jam untuk mencerna makanan, jika diterapkan akan berdampak terjaganya sistem metabolisme tubuh. Jadi jika kamu sudah selesai menghabiskan sahur usahakan jangan sampai melanjutkan tidur yang belum selesai sebelumnya. Lebih baik kamu menjalankan shalat subuh berjamaah di masjid terdekat, sekaligus menjalankan amalan baik di Bulan Ramadan.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *