IBX5A49C9BC313D6 Dela Aria Dahaka, Memulai Usaha Dari Usia Muda - Cerita Medan

Dela Aria Dahaka, Memulai Usaha dari Usia Muda

Dela Aria Dahaka
Dela Aria Dahaka

Ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang, salah satunya adalah menjadi penyedia jasa dalam urusan dekorasi sebuah acara. Itulah yang dilakukan oleh Dela Aria Dahaka, perempuan berumur 21 tahun ini adalah owner dari MyCrewpartyProject. Usaha ini sudah sejak setahun yang lalu, kini usahanya kian berkembang pesat dikalangan anak muda. Caranya adalah, Dela memporomosikan usahanya tersebut lewat media sosial, yaitu instagram.

Awal terbentuknya MyCrewpartyProject ini tidak lepas dari coba coba, karena pada saat itu ia dan teman-temannya sering mengadakan surprise kepada teman yang sedang berulang tahun. Kemudian tercetusnya ide membuat sebuah usaha yang menyediakan layanan dekorasi party, kala itu bersama beberapa orang temannya yang lain. Namun, mereka juga memiki berbagai kesibukan lain seperti halnya kuliah, maklum saja sejak pertama kali dimulai semuanya masih berstatus mahasiswa. Namun, Dela masih yakin jika bisnis akan memiliki prospek cerah dikemudian hari sehingga ia pun memilih untuk melanjutkannya sendiri.

MyCrewpartyProject
MyCrewpartyProject

Saat ini Dela mampu menerima orderan tiga sampai dengan empat acara dalam kurun waktu seminggu yang kebanyakan adalah perayaan ulang tahun. Rata-rata dalam satu bulan ia mampu meraup keuntungan sebesar dua samapai tiga juta rupiah. Jumlah tersebut termasuk sangat lumayan di usianya yang terbilang masih muda saat ini, ditambah lagi ia juga memiliki usaha lain di bidang kuliner dengan Kitchen Round.

Untuk bisnis kuliner sebenarnya sudah lama ada sebelum MyCrewpartyProject, tepatnya pertengahan tahun 2014. Menu-menuyang ia jual pun adalah makanan sederhana seperti Roti Bakar Mozarella, Lasagna dan Smoke Chicken Macaroni yang kesemua itu masak sendiri didapur rumahnya. Pemasarannya lagi-lagi menggunakan media sosial Instagram. Walaupun tidak digembar-gemborkan nya lagi karena adanya kesibukan lain, namun  terkadang ia masih mau menerima pesanan orang dikala memiliki waktu luang. Untuk satu porsi makanan ia mebandrolnya dengan harga Rp.15.000,- sampai dengan Rp.25.000,-.

“Dulu bude aku suka bikin makanan itu, terus aku belajar cara buatnya, setelah bisa aku mulai berpikir buat ngejualnya. Awalnya sih ke temen-temen kampus aja tapi lama kjelamaan, banyak juga yang dari luar kampus tertarik,” jelas Dela.

MyCrewparty Project
MyCrewparty Project

Dela mengatakan kenapa ia lebih memasarkan usahanya lewat teknologi digital karena menurutnya pasar yang menjanjikan untuk memulai usaha adalah dengan menggunakan media sosial, salah satunya adalah Instagram.

Tak berhenti di dua usaha itu, belakangan wanita yang menyukai hewan berjenis reptile ini juga baru saja membuat usaha barunya dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan 2016 dengan makanan yang paling banyak dicari oleh orang-orang yang ingin berbuka puasa. Usahanya kali ini ia beri nama Burjan (Bubur Janda), tersedia berbagai jenis bubur seperti, bubur ungu ( yang berisi ubi rambat, kolang-kaling dan keladi kemudian bubur jagung.

“Membuat usaha itu pasti mengalami jatuh bangun, dan saya mengalami itu. Tapi itu semua,  tergantung bagamana cara kita untuk tetap memiliki konsistensi dalam berbisnis” jelas Dela Aria Dahaka.

Selain memanfaatkan jejaring media sosial untuk berbisnis, Dela Aria Dahaka juga merupakan seorang jurnalis yang mengisi kesehariannya dengan menulis berita disebuah media. Hobinya menulislah yang membuatnya dapat bekerja disini sejak awal tahun 2016 hingga saat ini, ia pun memiliki keinginan suatu saat nanti akan menerbitkan sebuah karya novel yang sekarang ini masih dalam proses pengerjaan.

Dela adalah wanita yang sangat suka dengan petualangan disaat memeiliki waktu luang, ia sering menghabiskan waktu untuk travelling ke beberapa tempat seperti gunung, pantai, danau dan tempat-tempat dimana dapat menikmati indahnya alam bersama teman-temannya.

“If you never try, you stupid,” jelas Dela diiringi tawa.

Dela memang menjadi contoh dari anak Medan yang kreatif, aktif serta produktif yang mampu meraup keuntungan dari apa yang ia lakukan. Mengisi masa muda dengan banyak pengalaman dan mencoba hal-hal baru bisa jadi perlu agar dapat mendapat pembelajaran maupun jalan meraih masa depan. ***(CM-03/Rio Khairuman)

KOMENTAR

BACA JUGA