Dampak Meletakkan Handphone Di Bawah Bantal

  • Whatsapp
Gadget
Gadget

Zaman digital saat ini sudah sangat erat dengan gadget. Ketergantungan terhadap gadget membuat kebiasaan buruk seperti membawa tidur gadget. Tak dapat dipungkiri, saat ini hal yang pertama sekali dicari ketika terbangun dari tidur adalah handphone. Begitu juga sebelum tidur, hal yang terakhir sekali di pegang tak lain adalah handphone. Nyatanya, efek dari alat komunikasi canggih dapat memengaruhi kesehatan tubuh, meskipun efek tersebut tidak rasakan seketika itu, namun tahukah kamu kalau membawa gadget khususnya handphone saat tidur adalah hal yang berbahaya, terlebih jika menyimpannya tepat di bawah bantal yang kita tiduri. Apa sajakah dampak buruk jika kebiasaan tersebut terus dilakukan?

  1. Merusak sel-sel otak

Seharusnya sebelum menggunakan gadget sudahlah mengetahui seberapa besar radiasi yang ada pada gadget tersebut. Ternyata, gadget khususnya handphone dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak, terutama pada anak-anak. Karena tengkorak anak-anak lebih tipis dan lebih kecil, sehingga gelombang elektromagnetik lebih mudah menembus ke otak mereka.

Read More

 

Itulah mengapa anak-anak 50% lebih cepat merasakan efek negatif daripada orang dewasa. Parahnya lagi dengan rusaknya sel-sel otak yang khusus anak dapat memicu munculnya berbagai penyakit ganas seperti tumor otak, Alzheimer, autisme, dan masalah pada perilaku mereka.

 

  1. Gangguan insomnia

Setiap orang pasti pernah mengalami sulitnya tidur pada malam hari. Sebenarnya hal tersebut dipicu dengan terlalu aktifnya dengan gadget. Apalagi, mereka yang sering menggunakan handphone sebelum tidur adalah mereka-mereka yang kecanduan media sosial.

Rasa penasaran dengan aktifitas dunia maya inilah yang membuat orang selalu memegang handphone sebelum tidur. Dampak terburuknya dari ini adalah menjadi kebiasaan untuk tidur larut malam. Mulailah mematika gadget sebelum tidur dan jauhkan dari tempat tidur minimal dengan jarak 2 meter.

 

  1. Keguguran

Mungkin kedengarannya terlalu konyol jika menggunakan handphone sebelum tidur lalu meletakkan handphone  di bawah bantal. Tapi hal yang sudah sanget sering dilakukan ini ternyata dapat menyebabkan keguguran. Gelombang elektromagnetik yang salah satunya bersumber dari radiasi handphone dengan terjadinya keguguran karena setiap organisme yang hidup memiliki sel-sel yang dikelilingi oleh medan elektromagnetik, dan beberapa organ tubuh seperti otak memiliki medan magnet sendiri yang memiliki peranan penting dalam proses pembelahan sel sangat cepat dan terjadi diferensiasi pada janin.

 

  1. Terbakar dan meledak

Bukan cuma terjadi satu atau dua kali kejadian bahkan sering terjadi. Tentu saja ini menjadi peringatan yang sangat keras untuk pengguna handphone disaat tidur apalagi meletakkan handphone di bawah bantal. Tidak hanya membuat kecelakaan ringan, beberapa kejadian juga memiliki dampak sangat buruk yaitu kematian. Selain itu, men-charger handphone selama tidur dan tidak mencabutnya juga mengakibatkan korsleting dan memicu ledakan.

 

  1. Menyebabkan kanker

Lebih parah dari kerusakan pada sel-sel otak, nyatanya meletakkan handphone di bawah bantal memicu terjadinya kanker pada organ tubuh. Radiasi pada handphone dapat menghambat proses pembelahan sel-sel didalam tubuh dan menjadi tidak terkendali. sel-sel abnormal ini kemudian menyerang jaringan terdekat yang secara rutin bersentuhan langsung dengan ponsel, seperti kulit dan telingga.

 

Rasanya mustahil di zaman globalisasi ini seseorang tidak memiliki alat komunikasi seperti handphone. Handphone juga menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari setiap orang. Namun jangan sampai kecanggihannya tersebut mengorbankan diri sendiri. Tanpa sadar, alat yang menjadi gaya hidup saat ini sangatlah berbahaya.

Cobalah mulai dari sekarang untuk menjauhkan alat komunikasi seperti handphone. Kekuatan radiasi yang dimiliki oleh handphobe tidak dapat di kurangi, dicegah ataupun batasi. Jika bukan diri sendiri yang mencegah dari beberapa dampak diatas mau siapa lagi?***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *