Cara Menghadapi Orang Yang Emosional

  • Whatsapp
Cara Menghadapi Orang Yang Emosional
Cara Menghadapi Orang Yang Emosional

Banyak alasan mengapa emosi seseorang dapat memuncak. Disaat orang lain sedang mengalami emosional,  ada beberapa tindakan yang terkadang membuat orang tersebut semakin emosi. ketika kita sedang menghadapi orang yang sedang emosi, apa sajakah yang harus kita lakukan? Berikut hal yang harus kita lakukan saat berhadapan dengan orang yang emosional.

  1. Ketahui penyebabnya

Hal pertama yang kita lakukan ketika sedang berhadapan dengan orang yang sedang emosional adalah dengan memahami diri mereka terlebih dahulu. Ketika emosinya sudah memuncak, cobalah untuk memberanikan diri untuk berbicara serius tentang penyebab emosinya muncul. Tetapi tetap dalam nada suara yang rendah. Jika seorang sedang mengalami emosi, cobalah untuk mengalah dalam hal apapun. Dengarkan mereka berbicara dengan berbagai macam alasan yang mereka keluarkan. Dengan seperti itu, mereka akan merasa bahwa ada yang mengeti dengan kekesalan yang dirasakannya. Setelah itu, cobalah untuk mengajaknya introspeksi diri.

Read More

 

 

  1. Jangan balas emosinya

Hal yang paling sulit adalah ketika emosional kita di adu dengan emosional juga. Ada sebuah pepatah yang menyebutkan “Air dan Api”. Disaat menghadapi orang yang sedang emosi cobalah untuk menjadi air. Disaat orang yang sedang emosi dihadapkan dengan orang yang gampang terpancing emosi, yakinlah bahwa permasalahan tidak akan pernah selesai. Besar kemungkinan akan timbul permasalahan baru.

 

  1. Beri waktu

Maksudnya dalam hal ini adalah memberikan waktu untuk menenangkan diri. Orang yang sedang emosi terkadang membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk berpikir dan menenangkan diri. Jika orang yang sedang emosi sulit untuk di ajak berbicara persuasif tentang masalah yang sedang dihadapinya. Maka, berilah waktu untuk menenangkan diri. Jika baginya sudah cukup tenang, pastilah mereka yang sedang emosional dengan tenang bisa di ajak berbicara mengenai permasalahannya.

 

  1. Hibur

Walaupun hal yang satu ini adalah yang paling sulit dalam menghadapi orang yang sedang emosional, namun cara ini jugalah yang mampu meredam emosi seseorang dengan sangat cepat jika berhasil melakukannya. Memang tidak semua orang yang dengan mudah di bujuk dengan candaan saat sedang emosi. Dikhawatirkan bukan dapat meredam emosi malah sebaliknya. Mereka akan merasa tidak di mengerti atau bahkan merasa di rendahkan. Maka, jika ingin menghibur orang yang emosional dengan candaan pilihlah candaan menurut kalian aman dan mereka sukai.

 

  1. Ajak dia untuk melakukan konseling

Jika yang dihadapi ada tipe orang yang payah. Ajak ke ahli konseling agar permasalahannya yang terpendam lebih gampang diluapkan. Lebih parah lagi ketika orang emosi tidak sadar bahwa dampak emosionalnya tersebut dapat membahayakan orang lain. Apalagi tidak sedikit kasus yang menimpa tanah air tentang dampak dari emosi yang tidak dapat di kendalikan. Untuk itu, dengan nada bicara yang lembut dan alasan yang logis ajaklah ke ahli konseling.

Berikut adalah beberapa cara dalam menghadapi orang yang sedang emosional. Walaupun mereka yang sedang emosi tidak menunjukkan gelagat bahwa mereka sedang emosi. maka perhatikanlah gerak tubuhnya, seperti tangan yang mulai berkeringat, muka memerah, dll.

Jangan hanya berusaha untuk meredam emosi seseorang. Emosi jelas tidak baik untuk kesehatan khususnya jantung. Untuk itu, mulailah untuk meredam emosi sendiri sebelum berusaha meredam emosi orang lain. Cirri-ciri kita sedang emosional adalah  jantung seakan berdetak lebih kencang, tidak ingin di bantah, dan suasa terasa panas.  Jika kita mengetahui hal ini maka kita dapat menghindari emosi yang memuncak jika dapat meminimalisir akar dari hal yang tidak diinginkan.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *