Cara Mencegah Masuk Angin

  • Whatsapp
Cara Mencegah Masuk Angin
Cara Mencegah Masuk Angin

Setiap orang pasti pernah mengalami keadaan tidak sehat. Dalam istilah kedokteran, sebenarnya ‘Masuk angin’ tidak ada didalam kamus. Masuk angin adalah salah satu penyakit yang sering menghampiri banyak orang.  Ada banyak faktor penyebab masuk angin, mulai dari pengaruh cuaca, menurunnya kondisi tubuh, hingga virus yang menyebar.  Yang jelas, jika penyakit masuk angin tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa mengakibatkan penyakit berlangsung lebih lama dan aktivitas kerja terganggu.

 

Read More

Bagi sebagian orang ‘masuk angin’ tidak begitu di khawatirkan. Namun percaya atau tidak penyakit yang satu ini akan semakin parah dan berbahaya jika di biarkan. Untuk itu, inilah beberapa cara untuk mengobati penyakit ‘masuk angin’ :

 

  1. Konsumsi vitamin C

Tidak hanya berfungsi untuk meredakan panas dalam. Ternyata makanan yang mengandung Vitamin C memiliki khasiat yang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Biasanya tahap awal masuk angin ditandai dengan perut kembung  dan pahit di bagian mulut saat menelan.  Ketika mulai menyadari tahap-tahap awal masuk angin tersebut, segeralah konsumsi banyak Vitamin C, baik yang dijual di apotek atau yang berbentuk alami. Misalnya mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk.  Vitamin C alami ini jauh lebih baik daripada jenis buatan yang bisa didapatkan di apotek. Untuk lebih praktisnya, bisa juga mengkonsumsi minuman botol yang juga mengandung Vitamin C.

 

  1. Mengonsumsi sop

Tidak hanya yang sedang mengalami ‘masuk angin’, disaat tubuh terasa tidak enak ada baiknya untuk mengonsumsi sop. Selain enak dan menghangatkan tubuh, sop ayam juga memiliki khasiat ampuh untuk menangkal masuk angin atau bahkan menyembuhkannya.  Biasanya saat masuk angin atau demam, lidah akan terasa pahit sehingga susah untuk menelan makanan berat seperti nasi atau roti.  Oleh karena itu, dengan mengonsumsi sup ayam dan sayuran bisa menjadi alternatif makanan yang menyehatkan. Sudah pasti efeknya adalah menghangatkan. Setelah mengonsumsi sop hangat, cobalah untuk beristirahat agar tubuh menjadi lebih segar.

 

  1. Jahe hangat

Jahe juga salah satu asupan yang paling manjur untuk tubuh. Selain menghangatkan, nyatanya jahe dapat menyembuhkan “masuk angin” karena kasiatnya yang membuat tubuh lebih hangat. Jahe adalah salah satu bahan makanan paling ampuh yang bisa mengusir masuk angin.  Biasanya, jahe ditumbuk, direbus, dan kemudian airnya diminum.  Selain enak untuk dikonsumsi, jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk membuat tubuh menjadi hangat seketika.

 

Jahe juga bisa membuat suara menjadi lebih bagus. Biasanya penyanyi mengonsumsi jahe untuk menjaga suara tetap stabil saat tampil di atas panggung. Tambahkan perasan jeruk nipis agar mengurangi rasa pedas dari jahe dan membuatnya lebih enak. Lebih nikmat lagi apabila air jahe tersebut diberi tambahan gula batu dan dikonsumsi bersama pisang rebus yang hangat.

 

  1. Bawang putih

Selain berfungsi ampuh untuk mengatasi sakit gigi, bawang putih juga bermanfaat untuk menanggulangi masuk angin.  Bawang putih memiliki banyak khasiat yang sangat berguna untuk tubuh.  Anda bisa mengonsumsi bawang putih dengan mencampurkannya ke dalam makanan, atau lebih baik lagi jika menggerusnya, memberi sedikit garam, dan memakannya mentah-mentah. Lebih bagus lagi, campurkan bawang putih dan bawang merah di satu wadah lalu campurkan dengan minyak lampu. Setelah semuanya tercampur oleskan ke bagian perut dan dada. Cara tersebut biasa di lakukan oleh orang tua pada zaman dahulu.

 

Itulah beberapa ulasan tentang bagaimana cara mencegah penyakit ‘masuk angin’. Cuaca yang tidak stabil mengharuskan kita untuk tetap menjaga kesahatan. Lebih bagus mencegah dari pada mengobati.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *