Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

  • Whatsapp
Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis
Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

 

Daftar isi merupakan bagian terpenting dalam sebuah dokumen maupun file. Dalam setiap karya seperti tugas kuliah, skripsi, tesis, makalah, proposal maupun file-file lain yang berbentuk tugas tertentu membutuhkan daftar isi untuk memudahkan pembaca mengetahui apa saja informasi yang terdapat di dalam dokumen tersebut.

Read More

Selain memudahkan pembaca, daftar isi juga berfungsi untuk merangkum poin penting yang terdapat di dalam dokumen tersebut agar lebih tertata jelas jumlah dan apa-apa saja yang ada di dalamnya tanpa harus membalik-balik terlebih dahulu. Di dalam sebuah buku, daftar isi merupakan salah satu komponen yang paling penting dan wajib ada. Oleh karena itu semua penulis wajib mencantumkan daftar isi di dalam naskah buku yang ditulisnya. Karenanya banyak sekali manfaat dari penggunaan daftar isi pada sebuah buku, yaitu :

 

Sebagai informasi awal mengenai apa saja yang akan dibahas didalam buku tersebut. Memang benar bahwa di setiap bagian belakang buku terdapat sinopsis atau ringkasan mengenai isi buku untuk memberitahu para pembava mengenai garis pokok maupun topik-topik yang dibicarakan pada buku tersebut. Tetapi daftar isi kali ini berisi informasi tentang topik-topik bahasan pada buku secara lebih rinci yang meliputi bab dan subbab pada buku.

 

Sebagai cara untuk mempermudah pembaca dalam menemukan informasi di dalam buku dimana isi buku telah dikelompokkan berdasarkan bab dan subbabnya. Untuk mempermudahkannya maka daftar isi dapat menjadi solusi menemukan bab pembahasan yang dicari. Karenanya adanya daftar isi menjadi memudahkan pembaca untuk mencari halaman pada buku tersebut.Sementara itu untuk membuat daftar isi dengan menggunakan aplikasi office di komputer dapat dilakukan secara manual, semimanual, dan otomatis. Tetapi dalam membuat daftar isi kebanyakan orang masih menggunakan cara manual dikarenakan tidak tahu cara membuat daftar isi secara otomatis dan bahkan ada pula orang yang tidak tahu bahwa daftar isi bisa dibuat dengan cara yang otomatis.

Jika menggunakan cara manual maka penulis harus mengisikan nomor halaman dari bab yang satu yang ke bab yang lainnya secara satu persatu padahal cara tersebut tidak efektif jika kelak terdapat perubahan nomor halaman ketika ada penambahan teks maupun format penulisan.

Seperti jika mulanya berada di halaman 1 tetapi karena ada penambahan gambar jadi bergeser ke halaman dua, sementara itu jika diedit satu persatu maka akan merepotkan penulis. Karenanya pada kesempatan ini Cerita Medan akan memberitahu bagaimana membuat daftar isi dengan cara yang otomatis dengan aplikasi officer yang terdapat di komputer, kali ini dengan menggunakan Microsoft Word 2010 sebagai berikut:

  1. Bukalah file Microsoft Word, lalu pilihlah menu References dan klik Table of Contens. Kamu bisa memilih tipe yang kamu perlukan sesuai dengan kebutuhan. Tetapi pada klik tersebut terdapat keterangan bahwa Table of Content atau yang disbeut dengan daftar isi belum ditemukan, hal itu karena memang ada langkah-langkan lainnya yang harus dikerjakan terlebih dahulu.
  2. Kemudian, buatlah bab maupun subbab apa saja yang nantinya akan tertera di daftar isi. Seperti misalnya kata pengantar, latar belakang, bab 1 , bab 2, bab 3, bab 4, daftar referensi, biodata penulis dan hal-hal lainnya. Bgaian-bagian tersebut ditulis pada halaman yang berbeda.
  3. Aturlah style-nya tulisan pada judul bab menjadi heading 1 atau heading 2 dengan memblok tulisan kemudian pada kolom Stules di Home pilihlah Heading 1 maupun Heading 2. Lakukanlah penggantian style pada semua judul yang terdapat di setiap halamannya.
  4. Selanjutnya berikan halaman atau Page Numbers dengan memilih menu insert lalu pada kolom Header & Footer pilihlah Page Number. Ketika sudah mengklik Page Number kamu akan dapat memilih nomor halaman yang bisa diletakkan pada bagian atas, bawah kanan, bawah kiri maupun tengah.
  5. Kemudian kembali lagi pada halaman awal ketika kamu meletakkan daftar isi tadi lalu klik update table. Kemudian jika nanti ada perubahan halaman maupun perubahan judul kamu tinggal update table seperti langkah sebelumnya. Pilih Update Page Numbers Only jika tidak terdapat perubahan pada nama judul dan pilih Update Entire Table jika terdapat perubahan nama judul atau penambahan judul.

Dalam membuat sebuah dokumen dengan jumlah halaman yang besar seperti skripsi, tesis, buku mapun jenis lainnya maka pembutan daftar isi secara otomatis ini akan sangat memudahkan. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *