Cara Hemat Untuk Berbuka Puasa Bersama

  • Whatsapp
Berbuka Bersama
Berbuka Bersama

Jika menjelang bulan puasa, sudah pasti waktu yang hanya berlangsung selama satu bulan ini digunakan sebagai ajang berkumpul dengan teman-teman terutama teman atau kerabat yang sudah jarang bertemu. Ada beberapa cara untuk melakukan reuni yang memanfaatkan moment berbuka bersama teman dengan yang lebih hemat dan murah. Berikut beberapa caranya :

 

Read More

  1. Buka puasa bersama dirumah

Jika tidak ingin pusing memikirkan tempat yang nyaman untuk berbuka puasa bersama teman terdekat, cobalah untuk melakukan buka bersama dirumah salah satu teman. Selain meminimaliskan budget, waktu yang dihabiskan jika berbuka puasa dirumah pastilah akan semakin panjang.

 

Biasanya ajang berbuka bersama dijadikan sebagai ajang reuni. Menjadikan moment buka bersama sebagai ajang berkumpul dengan teman yang sudah lama tidak jumpa pastilah membutuhkan waktu yang panjang untuk bercerita. Untuk itu, buka bersama di rumah adalah solusinya. Berbuka puasa bersama di rumah juga menumbuhkan kedekatan kembali karena rasa saling membatu untuk mempersiapkan menu berbuka

 

  1. Restaurant yang mengadakan promo

Biasanya menjelang bulan puasa, beberapa restaurant sudah mulai menyebarkan voucher Ramadan. Tentu saja saat di bulan Suci Ramadan biasanya restaurant banyak dipenuhi oleh orang-orang saat berbuka. Kalau merasa berat dengan badget untuk berbukan di restaurant, rajinlah untuk membuka promo-promo Ramadan yang biasanya di iklankan di internet. Terlebih lagi, anak muda zaman sekarang lebih mementingkan update dan foto. Tentu saja promo Ramadan yang di sajikan restaurant di dalam kota saling menguntungkan. Pengunjung tidak perlu lagi repot-repot memikirkan budget karena harga yang ditawarkan biasanya sudah tertera.

 

  1. Potluck untuk Buka Puasa Bersama

Pasti kalian bingung dengan ungkapan kata “potluck” jika disangkut pautkan dengan berbuka puasa bersama . Potluck adalah sistem makan bersama yang dilakukan oleh kelompok, yang masing-masing anggotanya membawa satu jenis menu makanan sejumlah anggota kelompok. Biasanya dengan sistem potluck ini beberapa anggota kelompok yang ingin melaksanakan buka bersama akan berembuk tentang menu yang akan di bawa dan sudah pasti. Cara ini akan lebih hemat dan menyenangkan jika di gabungkan dengan cara pertama. Selain menumbuhkan rasa kebersamaan yang tinggi, cara ini juga lebih efektif sebagai ajang reuni jika sudah memasuki akhir bulan.

  1. Safari Masjid

Mungkin kedengarannya konyol. Tetapi, safari masjid saat bulan puasa adalah hal yang menyenangkan. Kalian bisa melakukan hal ini bersama teman sepermainan sesama jenis. Cara ini adalah cara yang paling hemat dan juga menyenangkan. Selain menghemat badget di kantong, ini juga bisa di lakukan sebagai wisata rohani.

  1. Adakan buka puasa gabungan

Jika kalian memiliki teman yang saling mengenal satu sama lain. Usulkan untuk menggabungkan waktu berbuka di tempat yang sama. Sudah pasti ini adalah cara yang sangat hemat. Yang seharusnya mengeluarkan badger berbuka untuk 2 kali kalian hanya mengeluarkan badget sekali. Selain itu, udah pasti tali silaturahmi akan bertambah panjang. Kalian juga akan bertambah teman satu dengan yang lain.

 

Sistem berbuka bersama seperti ini biasanya lebih menimbulkan kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi yang suda terjalin. Apalagi karena dilakukan di rumah biasanya suasana jadi lebih menyenangkan. Satu tips lagi dari kami, jangan lupa untuk menyediakan menu berbuka untuk anak-anak (jika ada anak yang akan dibawa pada acara potluck) agar mereka tetap dapat menikmati acara yang berlangsung.

Intinynya, berbuka bersama di bulan Ramadan adalah momen untuk saling berbagi dan saling bertukar cerita. Apalagi momen ini dilakukan dengan orang yang jarang ketemu. Pastinya, jika berkumpul bersama teman, pilihlah tempat yang nyaman untuk saling bercerita tentang kesibukan satu sama lain. Manfaatkan momen ini untuk saling berbagi, jangan sampai karena terlalu fokus menghamburkan uang, tujuan inti dari buka puasa bersama jadi tidak tercapai.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *