Berbuka Puasa? Ini Hal Yang Bisa Kamu Lakukan

  • Whatsapp
Hal-hal Yang Menarik Menunggu Buka Puasa
Hal-hal Yang Menarik Menunggu Buka Puasa

Menunggu menjadi salah satu hal yang paling membosankan, apalagi menunggu detik-detik berbuka puasa. Biasanya waktu yang efektif untuk menghabiskan waktu saat menunggu berbuka puasa adalah 1 jam sebelum azan. Ngabuburit sepertinya sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat. Istilah “ngabuburit” nyatanya berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari. Jadi ngabuburit yang biasa disebut-sebut pada Bulan Ramadhan ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, ringkasnya menunggu saat berbuka puasa, dan kalaupun istilah ngabuburit ini berasal dari bahasa Sunda tapi sangat populer dan tak asing lagi bagi masyarakat indonesia.

 

Read More

  1. Jalan-jalan

Hal  yang paling efektif untuk menghabiskan waktu menunggu berbuka adalah jalan-jalan. Biasanya beberapa jam sebelum berbuka jalanan di pernuhi oleh pengendara. Sembari menunggu waktu berbuka, waktu-waktu tersebut juga biasanya di pergunakan untuk mencari ta’jil untuk berbuka. Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan. Selain menyenangkan, berjalan-jalan menunggu waktu berbuka juga tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak.

 

  1. Online

Biasanya yang sering menghabiskan waktu untuk menunggu berbuka puasa dengan cara ini adalah orang-orang yang terlalu ketergantungan dengan gadget. Perkembangan tekhnologi memang tidak dapat dibatasi. Namun beberapa orang yang menghabiskan waktunya dengan gadget pribadinya sudah terbiasa dan tidak merasa terbebani dengan kebiasaan tersebut. Bahkan ada beberapa orang yang rela menghabiskan waktunya berjalam-jam hanya di depan gadget.

Selain memanfatkan media sosial karena sudah menjadi kebiasaan dan hobby. Online sebelum berbuka juga dapat di manfatkaan untuk mencari informasi mengenai bulan suci ramadhan. Tentu saja sembari menunggu waktu berbuka sekaligus memperoleh ilmu tambahan.

 

  1. Menonton DVD

Tidak hanya orang yang maniak dengan film, cara yang satu ini juga ternyata cukup ampuh untuk menemani waktu kosong menunggu waktu berbuka puasa. Film-film yang di tonton jugalah film yang layak di tonton di bulan puasa. Misalnya film action ataupun film kartun. Selain menghibur diri, menonton film juga cara efektif untuk menghabiskan waktu menunggu buka puasa dikarenakan durasi film tidak terlalu singkay.

Tidak ada salahnya menghabiskan waktu sebelum berbuka dengan menonton film kartun. Selain menghindari unsure sara, film kartun nyatanya dapat membentuk tawa yang membuat diri terasa bahagia.

 

  1. Olahraga Ringan

Siapa bilang jika menjalankan  ibadah puasa tidak diperbolehkan berolahraga karena akan menimbulkan rasa haus dan lelah. Selain membuat tubuh tetap sehat, olahraga juga dapat mengulur waktu menunggu waktu berbuka. Dalam hal ini yang di maksud adalah olahraga ringan seperti bermain bola dengan teman, bersepeda ataupun senam. Beberapa olahraga yang telah disebutkan tersebut adalah olahraga yang dapat di lakukan tanpa harus memakai fasilitas olahraga tertentu.

Terlebih lagi melakukan olahraga bersama kerabat dan juga teman, tentu saja waktu menunggu berbuka semakin tidak terasa. Lelah pun juga tidak akan terasa jika olahraga diiringi dengan tawa dan juga rasa ikhlas.

 

  1. Membaca buku

Memang minat membaca seseorang tidak dapat di batasi. Tidak banyak orang yang saat ini minat dalam hobby membaca apalagi anak remaja. Jika ingin memilih menghabiskan waktu untuk membaca buku dengan membaca, disarankan untuk memilih buku-buku sesuai minat pribadi. Karena jika tidak, pembaca akan membaca buku dan meninggalkan aktifitas membacanya.

Selain dengan online, membaca buku  juga dapat memperoleh pengetahun dengan membaca beberapa buku tertentu yang diisi dengan sisi edukasi yang layak. Lebih bagus lagi jika buku yang di baca buku-buku bertema islami.

Demikianlah hal yang bisa kamu lakukan ketika menunggu berbuka puasa. Agar puasa semakin berkah, ada baiknya kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan-kegiatan yang positif untuk diri sendiri ataupun untuk orang di sekitar.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *