Bangga Memiliki Bahasa Indonesia

  • Whatsapp
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia

 

Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dalam sebuah bangsa ternyata juga merupakan identitas dari negara tersebut. Setidaknya ada puluhan ribu bahasa di dunia ini yang berasal dari berbagai daerah, namun segelintir saja yang dijadikan bahasa nasional oleh sebuah negara, termasuk di Indonesia. Popularitas sebuah negara akan memengaruhi orang-orang untuk mempelajari bahasanya, jika sebelumnya bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa Internasional sehingga banyak yang mempelajarainya, kini bahasa-bahasa lain seperti Perancis, Jerman, Korea juga Mandarin kian diminati. Tapi ternyata sekarang Bahasa Indonesia pun kian banyak dipelajari, tentunya hal ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri kepada warga negara Indonesia.

Read More

 

 

Bahasa Indonesia berada di urutan ketiga

Ini bukan peringkat yang diberikan karena mengikuti sebuah kejuaraan melainkan riset yang mengatakan jika Bahasa Indonesia merupakan bahasa terumit ke tiga di Asia, dan jika diukur secara keseluruhan maka bahasa nasional kita ini berada di peringkat dua puluh enam.

 

 

Bahasa Indonesia dipelajari di Negara lain

Biasanya orang akan mempelajari sebuah bahasa asing karena citranya yang begitu baik dimata dunia, dan nyatanya Bahasa Indonesia telah dipelajari lebih dari 40 negara yang ada didunia. Itu menunjukkan jika negara kita memiliki image yang bagus sehingga menarik minat penduduk asing untuk mempelajarinya sekaligus memperkenalkan budaya seperti yang terjadi dibeberapa negara yakni Australia, Jepang, Korea Amerika dll. Bahkan di Asia Tenggara sendiri, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa yang paling banyak digunakan untuk berkomunikasi. Mengingat Indonesia adalah pasar yang cukup besar dalam bidang ekonomi, sampai-sampai pemerintah Vietnam pada tahun 2007 menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi, kini Bahasa Indonesia di Vietnam sudah seperti bahasa Inggris, Perancis maupun Jepang.

 

 

Populer di Australia, Jepang dan Mesir

Setidaknya terdapat 500 sekoalah dan juga universitas ternama di benua ini yang mengajarkan Bahasa Indonesia, bahkan dibeberapa tempat sudah menjadi mata pelajaran wajib tak hanya kelas tambahan lagi. Maka jangan terkejut jika banyak orang dinegara mampu menyapa hingga berkomunikasi dengan kita. Negara Piramid dari Afrika Utara yakni Mesir juga tak mau kalah, mereka membut pusat pembelajaran Bahasa Indonesia yang berada Suez Canal University, tujuannya adalah untuk mendalami segala aspek di Indonesia seperti politik, ekonomi dan kebudayaan kita. Sebenarnya Indonesia dan Mesir mempunyai kesamaan yaitu merupakan negara dengan mayoritas penduduknya beragama muslim. Sama halnya dengan Mesir yang mempelajari tentang Negara Indonesia, Jepang juga mempelajari kebudayaan kita termasuk bahasa sejak puluhan tahun yang lalu. Bahkan beberapa universitas ternama memiliki jurusan Bahasa Indonesia.

 

Di zaman globalisasi dimana batas sebuah hampir menghilang dan budaya asing dapat keluar masuk dengan mudah. Belajar bahasa asing memang sangatlah perlu dan dianjurkan, namun bukan berarti mengganti bahasa kita. Sebagai warga negara yang baik, kita harus berbangga dengan identitas negara kita salah satunya adalah bahasa.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *