Azrul, Mawapres Polmed dari Teknik Listrik

  • Whatsapp

 

Azrul, Mawapres Polmed
Azrul, Mawapres Polmed

Menjadi yang terbaik dari orang-orang hebat tentu tak semuda membalikkan telapak tangan, banyak yang harus dilalui termasuk tekun dalam suatu hal agar terlihat menjadi terbaik. Hal itu dialami sendiri oleh Azrul Ruddin, salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Medan yang baru saja menyandang status sebagai mahasiswa berprestasi (MAWAPRES) Juara Umum  2 di Politeknik Negeri Medan beberapa waktu lalu.

Read More

Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya impian tersebut mampu diraih oleh Azrul, padahal jurusan yang diambilnya di kampus merupakan jurusan dengan tingkat kesulitan yang lumayan tinggi tapi hal tersebut mampu dicapai Azrun dan meriah IP 3,36 mengalahkan empat kelas lainnya dengan jurusan yang serupa. Sebuah IP yang cukup tinggi untuk jurusan Teknik Listrik.

Azrul memang terbilang cukup pendiam, tetapi pendiamnya itu adalah ilmu baginya, hal itu sudah terlihat saat ia duduk di bangku SMA. Ia tak sepopuler teman-teman lainnya karena ia memiliki cara sendiri untuk tetap terlihat baik meski pun kelihatan pendiam. Tetapi ia tetap juara di kelasnya.

Tak banyak yang didapatkannya atas penghargaan yang diterimanya sebagai mahasisiwa berprestasi yang diumumkan tepat pada Hari Pendidikan, 2 Mei lalu. “Hanya piagam dan uang pembinaan,” jawabnya ringkas.

Juara 2 Umum Mawapres Polmed
Juara 2 Umum Mawapres Polmed

Meski tak banyak tetapi hal itu sudah cukup membanggakan dirinya sendiri karena menurutnya tak mudah untuk mendapatkan sebuah prestasi, butuh kerja keras, belajar yang giat, dan juga dibarengi dengan doa. Yang terpenting lagi adalah doa dari kedua orangtua agar urusannya menjadi terus-terusan lancar.

Penghargaan itu sebenarnya sudah diterimanya beberapa waktu lalu, saat itu ia baru saja masuk ke dunia perkuliahan dan pada semester 1 ia dinyatakan pula sebagai mahasiswa berprestasi Politeknik Negeri Medan dengan predikat Juara Umum 1 dengan IP 3,42, hal yang cukup membuatnya terkejut sekaligus kagum pada dirinya sendiri. Sayangnya sistem di kampusnya hanya mengumumkan peraih predikat mahasiswa berprestasi pada semester ganjil sehingga ia hanya secara resmi mendapatkan penghargaan terhitung dua kali, padahal bisa lebih dari itu.

Atas dasar pencapaian tersebut, Azrul akhirnya dengan otomatis mendapatkan beasiswa khusus yang dikeluarkan kampusnya, sebuah penghargaan yang tak banyak dimiliki oleh teman-teman lainnya.

Mulanya setamat kuliah ia sempat berkecil hati karena tak lulus dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013, tetapi hal tersebut lantas tak membuatnya berkecil hati. “Awalnya Azrul mau masuk Teknik Nuklir UGM, tapi nggak lulus,” ujarnya mengenang.

Kekalahan tersebut akhirnya membuat Azrul harus memilih perguruan tinggi lain, dan ia memilih Politeknik Negeri Medan sebagai wadah baginya mencari ilmu yang terbaik. Ia pun memilih jurusan Teknik Listrik karena menurutnya listrik dibutuhkan di seluruh dunia, “tanpa listrik orang tidak akan bisa berbuat apa-apa,” tambahnya.

Syukurnya ia betah dan kini pria yang tengah menyelesaikan Tugas Akhirnya tersebut juga akan berencana untuk menyambung studi S1 hingga kemudian bisa diterima di beberapa perusahaan kelistrikan untuk bekerja. Begitu mimpinya.

Azrul Ruddin
Azrul Ruddin

Tak hanya mencari ilmu akademis, pria kelahiran Desa Subur, 10 Juni 1995 ini juga cukup aktif di organisasi Merpati Putih di kampusnya dan atas keaktifan tersebut ia juga pernah dinyatakan Juara 2 Pencak Silat pada acara Pekan Olahraga dan Seni.

Apa yang diraih Azrul sekarang adalah duniawi, karenanya ia juga melengkapi hari-harinya tanpa melupakan kepentingan akhirat yang harus dipenuhinya. Sehingga tak heran ia juga pernah meraih juara dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an. Karena pada dasarnya dalam kesehariannya ia juga tak pernah melupakan Al-Qur’an dan membacanya dalam di setiap waktu luang.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang ingin bersapa dengannya dapat menghubunginya via Facebook : Azrul Ruddin. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *