Atasi Sesak Napas dengan Cepat  

  • Whatsapp

 

Atasi Sesak Napas
Atasi Sesak Napas

Dispnea atau dalam bahasa awamnya dikenal dengan sesak napas merupakan suatu keadaan ketika respiratory rate (RR)/ pola napas seseorang melebihi normal yaitu 16 sampai 20 kali dalam satu menitnya. Sesak napas memang merupakan bagian dari sebuah penyakit yang cukup mengganggu aktifitas sehari-harinya karenanya untuk mengatasi sesak napas ada berbagai cara, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan sampai dengan cara yang tradisonal.

Read More

Sebelum memberikan penanganan sebaiknya kethaui dulu apa sebab terjadinya sesak napas sehingga penanganan yang diberikan pun tepat karena beda penyebab maka beda pula proses penanganannya. Penyebab sakit sesak napas bisa karena bawaan penyakit seperti gangguan pada jantung dari paru layaknya asma, bronkitis, pnemonia maupun penyakit paru obstruksi menahun. Sesak napas yang diakibatkan karena kelainan jantung misalnya gagal jantung kongestif, percarditi.

Jantung dan paru memiliki peran dalan pertukaran oksigen dan karbondioksida di dalam darah sehingga apabila paru dan jantung memiliki gangguan maka akan berpengaruh terhadap pernapasan. Bisa pula sesak napas dikarenakan kehamilan, stress maupun ketika berada di atas ketinggian. Karenanya pertolongan yang bisa dilakukan pertama ketika kamu ataupun saudaramu mengalami sesak napas adalah:

  1. Masukkan si penderita ke dalam lingkungan yang tenang dan nyaman, jangan biarkan ia dikelilingi oleh banyak orang karena semakin banyak orang disekelilingnya maka akan menjadi pengap, sementara oksigen yang diterimanya pun akan memperburuk pernapasannya. Usahakan untuk memberikannya ruang yang senyap dan tidak banyak suara, hal itu dapat segera menenangkan pikirannya yang kalut dengan pernapasannya yang tidak beraturan tersebut.
  2. Posisikan dengan setengah duduk sekitar 45-90 derajat dengan memberikan bantal di belakangnya. Posisi ini dapat memudahkan sehingga oksigen bisa masuk secara maksimal. Biarkan si penderita untuk diam dan ajak ia banyak berbicara dan jangan pula mengganti posisi duduknya jika ia masih merasakan sesak yang menyulitkan.
  3. Ajarkan napas dalam dan panjang, minta lah si penderita untuk menarik napas sedalam mungkin dan instruksikan untuk menahan napasnya selama 3 detik dan hembuskan perlahan, lakukan berulang hingga si penderita merasakan lega, hal tersebut juga bisa dilakukan saat kamu merasa stress dan sakit yang mengganggu dalam sehari-hari.
  4. Hindari alergi, seorang penderita sesak napas biasanya kumat karena alergi yang dideritanya seperti udara yang terlalu dingin maupun debu yang masuk ke pernapasannya. Bila hal tersebut terjadi sebaiknya berikan obat bronchodilator agar pernapasan kembali normal, dapatkan obat tersebut di apotek terdekat dan jangan lupa untuk mengkonsultasikannya dengan dokter terlebih dahulu. Untuk menjaga-jaga sebaiknya sipakan masker dan jaket bila si penderita akan bepergian cukup jauh.
  5. Panggilah dokter bila sesak napas stidak dapat diatasi dengan segera, biasanya dokter akan meberikan penanganan berupa pemberian oksigen, atau nebulizer. Atau bahkan pemberian obat pada pertolongan pertamanya.

Beberapa poin di atas dapat kamu jadikan solusi untuk mencegah sesak napas yang semakin parah, sesak napas memang harus segera di atasi karena bila dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan seperti kejang-kejang, gagal napas dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Jika memang harus mengkonsumsi obat-obatan, hati-hati lah dalam mengkonsumsi obat untuk jangka panjang karena obat merupakan racun yang akan berkembang di dalam tubuh kamu, semakin kamu sering mengkonsumsi obat-obatan maka akan menyebabkan kerusakan pada jantung dan ginjal. Cerdas lah dalam menggunakan obat-obatan mulai dari sekarang. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *