Alasan Mengapa Kamu Harus Puasa

  • Whatsapp
Alasan Mengapa Kamu Harus Puasa
Alasan Mengapa Kamu Harus Puasa

Bulan Ramadhan sudah tiba, saatnya bagi seluruh umat muslim untuk beramal dan menjalankan ibadah sebanyak-banyaknya serta menunaikan puasa. Puasa merupakan kewajiban yang harus di laksanakan selama satu bulan penuh saat Ramadhan. Umat harus dapat menahan lapar dan haus mereka dari mulai datangnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Tentunya ini menjadi waktu yang tepat dalam mengumpulkan pahala sebagai modal di akhirat kelak. Nabi Muhammad S.A.W dalam hadistnya pernah berkata, “Barang siapa yang berpuasa pada Bulan Ramadhan semata-mta karena iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu,” (HR. Buchari ).

Kebanyakan anak-anak yang mulai memasuki masa remaja, akan cukup sulit untuk menahan segala macam godaan yang ada dihadapannya, tapi tidak menutup kemungkinan kalangan lainnya juga tak menjalankan ibadah puasa. Maka puasa sendiri haruslah dibiasakan agar tidak ada kata mengeluh dalam menjalankannya.

Read More

Selain karena kewajiban dalam menjalankan perintah agama untuk berpuasa disetiap Bulan  Suci Ramadhan. Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang mampu dijadikan alasan tepat untuk kamu yang ingin menjalankan ibadah puasa dengan hikmat.

 

Pahala di Bulan Ramadhan Berkali-kali Lipat Besarnya

Ramadhan adalah bulan suci yang memiliki banyak sekali keberkahaan didalamnya dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain dimana seluruh syaitan akan dikurung dan pintu surga terbuka selebar-lebarnya. Ramadhan juga bisa dikatakan sebagai ajang perlombaan dalm beramal, maka dari itu kewajiban beragama ini memang menjadi kesempatan terbaik untuk mengharapkan rahmat dari-Nya.  Untuk itu perbanyaklah beramal yaitu dengan berpuasa, bersedekah, membaca kitab suci al-quran dan tidak meninggalkan shalat 5 waktu, niscaya Tuhan memberikan ridho-Nya.

 

Puasa itu Menyehatkan Tubuh

Tak hanya berdampak menjadikan tubuh merasa lapar dan haus saja,ternyata berpuasa memiliki manfaat yang sangat baik. Diantaranya adalah menurunkan Kadar Kolestrol dan Menetralkan racun dalam tubuh. Menurut penelitan, puasa mampu mengurangi kolestrol jahat yang ada didalam tubuh, tentunya hal ini sangatlah baik mengingat kolestrol menjadi salah satu penyebab seseorang terkena penyakit jantung ataupun stroke.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, puasa bisa menjadi cara untuk membantu memudahkan usaha tersebut. Kemudian menetralkan racun, ketika berpuasa tubuh akan memakai lemak cadangan untuk membuat energi yang akan terbakar bersama racun didalam tubuh. Kebiasaan berpuasa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.

 

Mengendalikan dan Menenangkan Diri

Puasa pada hakikatnya bukanlah hanya menahan lapar dan dahaga saja melainkan nafsu secara keseluruhan tentang hal-hal duniawi. Orang-orang yang menjalankan puasa seutuhnya pastinya akan memiliki ketenangan batin, karena puasa telah mengajarkannya untuk mengontrol diri. Dalam menjalankan ibadah puasa kita memang dituntut agar tetap bersabar dengan segala kondisi yang dihadapi serta menjaga hasrat-hasrat negatif baik itu kepada diri sendiri maupun oang lain. Aktivitaas ini jika dijalankan terus menerus akan melatih diri sehingga berdampak menjadi kebiasaan positif.

 

Merasa Lebih Baik

Menjalankan ibadah puasa seperti apa yang telah ditentukan nyatanya secara psikologi akan membuat kita merasa lebih baik ketimbang yang mengerjakannya setengah-setengah. Melakukan hal-hal positif termasuk mendekatkan diri kepada Tuhan akan membuat diri memiliki tujuan hidup dan berguna, atau setidaknya tidak merugikan orang lain.

Demikianlah Alasan sederhana mengapa harus puasa kami paparkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *