Air Terjun Jodoh Pamah Semelir, Nikmati Sensasi Berada di TNGL

  • Whatsapp
Air Terjun
Air Terjun

 

Air Terjun Jodoh Pamah Semelir memang belum diketahui banyak orang, namun air terjun ini memiliki daya tarik yang luar biasa indahnya. Berlokasi di Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, kabupaten Langkat, daerah ini masih sangat alami. Karena berbatasan langsung dengan kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Di lokasi ini terdapat air terjun jodoh dan air terjun pelangi. Secara georafis, lokasi ini terletak pada koordinat 97’ 52” BT-98’ 45” BT, 3’ 14’ LU-4’ 13” LU, dan pada ketinggian 700 – 910 mdpl.

Read More

Untuk menuju Dusun Pamah Semelir, dari Kota Medan menuju Binjai, melewati KOPM Raider menuju Desa Telagah kurang lebih 2,5 jam. Sesampainya di Dusun Pamah Semelir untuk menuju lokasi air terjun maka dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Medan yang cukup menantang ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, apalagi harus melewati hutan TNGL. Kawasan dusun umumnya lahan pertanian dan perkebunan masyarakat dengan tanaman unggulannya adalah kopi.

Sebagian besar masyarakatnya adalah suku Karo. Umumnya masyarakat masih memegang teguh adat istiadatnya. Masih bisa menyaksikan kesenian adat Karo yang ditampilkan pada saat acara perkawinan, kematian maupun pada acara pesta tahunan, seperti Gendang guro-guro aron yang merupakan kesenian khas yang kerap ditampilkan termasuk jenis makanan tradisional.

Air Terjun Pamah Semelir ini berada pada lembah atau biasa disebut dengan daerah Pamah dalam bahasa Karo. Terdapat dalam deretan bukit barisan yang akhirnya membuat cuaca di daerah ini sangat dingin. Tak hanya dingin, daerah ini juga dipenuhi dengan udara yang sangat bersih, dan memiliki panorama alam pegunungan yang luar biasa indahnya.

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Pamah Simelir ini diwajibkan juga harus memiliki tenaga ekstra, dari jalan yang curam dan hal lainnya membutuhkan kekuatan. Di lokasi ini juga tersedia fasilitas pemondokan sederhana yang terletak pada rumah penduduk. Wisatawan asing yang singgah dan bermalam di daerah ini akan dibawa oleh pemandu dari Bukit Lawang dengan tujuan trecking ke Lau Kawar. Biasanya juga telah membawa tenda sendiri, agar merasakan alam yang bebas.

Di lokasi wisata ini juga terdapat banyak tumbuhan seperti, Dipterocarpus sp, Shorea sp, Champhor, Rotan dan Kayu Manis, Pohon Lengat Tangkeh, Beringin Hutan, Pisang Hutan, dan berbagai binatang satwa seperti Harimau, Beruang, Landak, Kancil, Kera, Orang Hutan, Siamang, Burung Murai, Cucak rawa, Burung Layang-layang, Burung Kuau, Burung Kutilang, Burung Enggang, Burung Elang Perut Putih, Burung Rangkong, Sri Gunting, dan banyak lagi lainnya.

Disamping itu juga terdapat Gunung Semelir dengan ketinggian 1.754 mdpl, Gua, Sumber air panas dan bentuk geologi yang alami.

Potensi wisata Kawasan ini memiliki panorama alam hutan tropis yang sangat indah dan masih terjaga keasliannya dengan nuansa kesejukan udara yang dingin. Kawasan ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *