Agar Puasa Tetap Lancar Meski Beraktivitas

  • Whatsapp
Puasa Tetap Lancar Meski Beraktivitas
Puasa Tetap Lancar Meski Beraktivitas

Memasuki Bulan Ramadhan saatnya umat muslim menjalankan perintah agama yakni dengan berpuasa satu bulan penuh. Tidak makan dan juga minum harusnya bukanlah menjadi alasan untuk bermalas-malasan di dalam rumah saja. Ketika menjalankan ibadah puasa pasti kita akan merasakan lemas, haus dan juga lapar, namun jangan sampai hal tersebut mampu untuk membatalakan apa yang telah kita perjuangkan. Di Indonesia sendiri, lebih dari 12 jam kita harus dapat menjaga hawa nafsu dan juga daya tahan tubuh. Maka dari itu sangatlah perlu mengkonsumsi asupan yang tepat dan salah satu cara adalah dengan memerhatikan makan sahur.
Berikut ini adalah beberapa saran yang bisa kamu coba untuk membuat ibadah puasamu lebih menyenangkan baik saat sahur maupun berbuka.
Makanlah dengan Porsi Sewajarnya
Menahan lapar mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari bukan berarti kamu akan menyimpan kebutuhan makan siangmu dengan makan banyak saat sahur. Jika kamu merasakan kekenyangan itu akan tidak nyaman sekali. Dan makan makanan hingga perut terasa penuh malah akan membuat tubuh menjadi dehidrasi, sebaliknya apabila porsi makananmu terlalu sedikit maka energi yang diserap oleh tubuh tidak banyak sehingga tubuh akan lemas.

 

Read More

Makan Makanan yang Merupakan Sumber Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, makanan yang mengandung zat ini akan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama juga membantu penyerapan air ditubuh agar tidak terjadi dehidrasi sehingga tubuh bisa bertahan hingga waktunya berbuka. Contoh makanannya adalah nasi merah, roti gandum, biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, semua itu adalah makanan yang lebih lama diserap oleh tubuh.
Tenang, Jangan Tergesa-gesa
Selain tidak nikmat, mengunyah makanan terlalu cepat juga akan berdampak pada kandungan yang ada dalam makanan tersebut. Kadar gula yang ada didalam aliran darah akan terganggu sehingga hanya berselang beberapa jam perut kita akan merasakan lapar lagi.hal tersebut membuat penyerapan kandungan nutrisi pada tubuh menjadi tidak berjalan sempurna, efeknya tubuh akan merasa lemas.
Minum Air Putih
Air putih adalah minuman yang memiliki banyak sekali manfaat baik terhadap tubuh, fungsi sebgai sumber cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Perbanyaklah mengkonsumsi minuman ini baik saat berbuka maupun ketika sahur. Air adalah merupakan elemen yang paling dibutuhkan oleh tubuh karena sekitar 90% dari badan manusia merupakan caiaran. Banyak minum air putih juga akan membuat tubuh kita tidak cepat dehidrasi diaman ketika berpuasa sangat diantisipasi hal tersebut.
Makan Buah Kurma
Siapa yang tidak tahu buah kurma? Makanan yang banyak tumbuh di wilayah timur tengah ini memang memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung didalamnya. Bahkan sudah ada sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW, tak sampai disitu saja Ia pun bersabda : Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah kurma (HR. Ibnu Hibban). Kurma memang dikenal sebagai salah satu sumber energi yang sangat baik terlebih untuk orang-orang yang sedang berbuka puasa, selain seratnya yang tinggi kurma juga memiliki kandungan gula alami, karbohidrat, kalium serta magnesium.
Demikianlah cara agar puasa tetap lancar meski beraktivitas, mudah-mudahan konkawan Cerita Medan dapat melakukan ibadah yang sempurna di bulan Ramadhan ini.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *