Agar Puasa Tetap Kuat

  • Whatsapp
Agar Puasa Tetap Kuat
Agar Puasa Tetap Kuat

 

Menjalani aktivitas sehari-hari memang sangat melelahkan. Medan termasuk kota yang sangat panas di siang hari. Banyak diantara mereka tidak akan meninggalkan rumah untuk hal yang tak berguna. Dalam artian, mereka tidak akan keluar rumah di saat panas hari dengan nuansa puasa. Puasa yang sejatinya menahan lapar dan haus akan menjadi godaan hebat jika anda memutuskan untuk lebih banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

Read More

Kota Medan yang akhir-akhir ini memiliki cuaca tidak stabil membuat masyarakat seperti tinggal di padang pasir. Cuaca saat siang sangat panas hingga menembus kulit, dan saat sore hingga malam hari akan dingin, bahkan hujan dengan curah yang sangat deras. Kondisi cuaca ini pulalah yang membuat kesehatan masyarakat Medan menjadi buruk.

Bisa tertimpa penyakit? Tentu, karena banyak masyarakat yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah. Maka dari itu saat puasa sebaiknya nikmatilah hal-hal yang membuat kesehatanmu tak menurun. Lakukan aktivitas yang berguna dan lebih sering di dalam ruangan. Ketika berada di luar ruangan, maka menjadi tantangan yang sangat besar, selain karena cuaca panas, hal lainnya adalah melihat kanan-kiri yang tidak berpuasa dan banyaknya dagangan yang diperjualbelikan di setiap sudut kota. Mampu bertahan?

Mungkin anda mampu bertahan, dan dapat menyelesaikan puasa dengan baik. Namun jika anda mengeluh dan berucap, maka puasa anda jadi makruh. Coba perhatikan seberapa banyak keluhan yang terucap dari mulut hingga membuat puasa anda makruh. Puasa memang tidak batal, namun pahala dari puasa akan berkurang secara perlahan.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar anda bisa tetap tahan puasa saat cuaca panas yang tak terhingga, seperti:

  1. Gunakan Pakaian Berbahan Halus

Dengan pakaian berbahan halus, anda akan terhindar dari rasa gerah dan panas akibat cuaca. Panas dan gerah yang timbul dari cuaca mengakibatkan tubuh anda serasa berada di padang pasir. Dengan menggunakan bahan halus, sekiranya anda akan merasakan semilir angin yang berhembus masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu pulalah anda juga akan mendapat semangat berpuasa. Kalau anda takut tergoda dengan panasnya cuaca, hindari keluar ruangan terlalu sering.

  1. Miliki Nutrisi yang cukup

Sahurlah dengan makanan yang mencukupi nutrisi anda, makan makanan yang memiliki vitamin tinggi untuk memenuhi nutrisi anda seharian penuh. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buah. Tak hanya itu, serat dari sayuran juga akan menambah kekuatan organ dalam anda terlebih lambung. Makan buah-buahan juga akan sedikit membantu anda dalam menahan haus dan juga terhindar dari panas dalam yang biasanya terjadi saat berpuasa. Makanlah saat sahur dengan perlahan. Hal ini guna menjaga kondisi lambung agar tidak kaget karena setelah beristirahat tidur langsung dimasuki makanan. Cobalah untuk menghindari makanan pedas.

  1. Istirahatlah yang Cukup

Walau banyak amalan yang bisa dilakukan saat malam hari di bulan puasa, misalnya salat tarawih dan sebaginya, coba usahakan untuk tidak mengurangi waktu istirahat anda. Selepas salat tarawih, sebaiknya cobalah untuk tidur cepat. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kondisi anda di esok hari. Tidur siang bisa menjadi salah satu alternatif untuk menahan lapar saat puasa, sebaiknya untuk tidak tidur siang terlalu lama, tidur siangseperti biasanya sekitar dua jam, selain untuk menahan lapar, tidur siang pun dapat memberikan energi lagi untuk tubuh setelah lelah melakukan aktivitas.

  1. Mengkonsumsi Vitamin yang Cukup

Cobalah untuk mengkonsumsi vitamin untuk menambah nutrisi yang kurang atau tidak bisa didapatkan dalam makanan saat sahur. Konsumsi vitamin atau obat untuk lambung agar lambung tidak terasa perih. Bila ada, saat tidur sebelum makan sahur olesi bibir anda dengan madu, ini untuk mencegah bibir pecah-pecah saat seharian berpuasa.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *