6 Cara Tetap Sehat dengan Salam

  • Whatsapp
Manfaat Daun Salam
Manfaat Daun Salam

Salam (Syzygium polyanthum) adalah tumbuhan yang daunnya sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah untuk digunakan sebagai bumbu masakan.  Daun salam memiliki wangi yang khas sehingga sering dijadikan untuk penyedap sehingga menambah cita rasa makanan. Selain dijadikan untuk rempah-rempah masakan daun salam ternyata mempunyai manfaat lain, yaitu mamfaat sebagai obat-obatan herbal.

Sehingga tidak mengherankan jika selama ini daun salam sering dijadikan obat-obatan tradisional. Ini karena berbagai senyawa yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit terdapat dalam daun salam seperti salisilat, asam caffeic, fitonutrien, quercetin, euganol, catechin dan asam laurat. Berikut beberapa manfaat daun salam untuk menyembuhkan penyakit.

Read More

Membantu Menurunkan Berat Tubuh

Berbagai cara telah anda lakukan untuk menurunkan berat badan namun masih belum membuahkan hasil? mungkin daun salam bisa anda coba untuk menurunkan berat badan anda. Caranya cukup menyiapkan 20 – 30 lembar daun salam, kemudian cuci sampai bersih. Lalu daun salam tersebut direbus bersama 4 gelas air. Rebus sampai air rebusan tersisa 2 gelas, angkat dan dinginkan. Minum 2 kali sehari (Pagi dan malam masing-masing 1 gelas).

Mengobati Diabetes

Selain untuk menurunkan berat badan, daun salam juga dapat mengobati diabetes. Antioksidan yang terdapat dalam daun salam memungkinkan tubuh untuk memproduksi insulin secara efisien. Cukup dengan merebus 7 – 15 lembar daun salam dengan 3 gelas air, rebus sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin, air rebusan ini diminum sekaligus 1 gelas (sebaiknya sebelum makan). Air rebusan ini diminum 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit adalah idaman setiap orang. Senyawa yang terkandung dalam daun salam ternyata  dapat menyehatkan mata. Cara pemanfaatannya dengan Air rebusan daun salam, cukup dengan mengusapkan air rebusan daun salam pada mata yang sakit secara rutin setiap harinya.

Menurunkan Tekanan Darah

Untuk menurunkan tekanan darah dengan daun salam. Anda cukup menyediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, kemudian daun salam tersebut direbus bersama 3 gelas air. Rebus sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum air rebusan daun salam 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat  pada umumnya banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia. Penyakit asam urat disebabkan karena bertumpuknya zat purin sehingga menyerang persendian. Untuk mengatasi asam urat, anda bisa mengkonsumsi daun salam untuk mengobatinya. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun salam dapat menurunkan kadar asam urat pada sendi dan juga meringankan rasa sakit yang diderita.

Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolestrol dalam darah sangat berbahaya untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi daun salam adalah cara yang efektif untuk menurunkan kolestrol. Caranya cukup mudah, hanya dengan 10 – 15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol anda cepat sembuh.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan, semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai daun salam.***(CM-S01/M. Yafei)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *