5 Manfaat Minyak Zaitun

  • Whatsapp
Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

 

Minyak zaitun bisa dikatakan sebagai salah satunya hasil bumi yang banyak sekali memiliki manfaat serta khasiat yang sangat dibutuhkanm. Hasil dari pohon zaitun yang banyak tumbuh di wilayah timur tengah ini pun banyak dicari orang yang ingin mengambil kebaiakakan-kebaikannya. Mulai dari difungsikan sebgai kebutuhan memasak, obat herbal sampai dengan kecantikan seperti kosmetik ataupun sabun, manfaat dari minyak zaitun ini pun sudah dikenal manusia sejak zaman dahulu kala khususnya di Negara-negara arab dan mediterania. Saat ini popilaritas minyak ini sudah sampai ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Read More

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terkandung dalam sebotol minyak zaitun, dan seiring melesatnya perkembangan ilmu pengetahuan manusia maka pemanfaat fungsinya juga semakin banyak diketahui. Berikut ini adalah beberapa yang menjadi khasiatnya bagi tubuh manusia.

 

Melembabkan kulit dan menyehatkan kulit

Ini sepertinya dalah hal yang paling sering di alami oleh orang Indonesia yaitu mendapati kulitnya terasa kering. Iklimnya yang tropis membuat kita perlu untuk mengkonsumsi makanan dengan nutris penting yang mampu melembabkan kulit. Biasanya orang menggunakan ekstrak dari tanaman lidah buaya, namun ternyata minyak zaitun banyak memiliki kandungan vitamin didalamya yang dikenal mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Minyak zaitun juga mampu mencegah penuaan dini, selain mampu menjaga kadar air pada tubuh  didalamnya juga mengandung antioksidan.

 

Menghilangkan noda-noda akibat jerawat

Fungsinya kali ini juga menjadi salah satu yang paling dicari apalagi oleh para remaja dimana mereka sedang berada di masa-masa pertumbuhan hormon sehingga berdampak pada timbulnya jerawat di wajah. Kejadiannya ini tentunya akan sangat mempengaruhi penampilan bahkan sampai ada yang tidak percaya diri dan memutuskan mengurung diri sementara di dalam rumah. Disinilah peran minyak zaitun sangat dibutuhkan, cara pakainya hampir sama obat-obat lainnya yakni dengan mengoleskannya bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

 

Kolestrol yang baik bagi tubuh dan juga mampu mengontol tekanan darah

Minyak zaitu juga dapat digunakan untuk memasak makanan sama dengan minyak goring lainnya, kelebihannya adalah minyak ini memiliki koletrol baik sehingga tidak bertampak buruk bagi tubuh. Bahkan hasil alam yang tergolong sebagai makanan yang memiliki sifat lemak tak jenuh ini pun mampu menurunkan kolstrol dalam tubuh. Hal tersebut tentunya akan sangat mempengaruhi kesehatan jantung. Rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat pula mengontrol tekanan darah namun tetap harus sesuai dengan dosisnya.

 

Mencegah penyakit berbahaya

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun ternyata tak hanya mampu untuk menyehatkan kulit tapi juga mencegah munculnya gejala-gejala penyakit kanker. Karena didalam antioksidan juga memiliki kandungan lain yaitu hidroksitirosol diman zat ini mampu menetralkan kolestrol serta menjaga kadar gula yang ada didalam tubuh. Penelitian juga mengungkapkan juga minyak zaitun juga mampu mencegah penaykit stroke.

 

Menutrisi rambut

Rambut manusia kan sering mengalami kerusakan sepeerti kering, rontok, tipis maupun bercabang apalagi disaat sering terkena paparan sinat matahari secara langsung. Maka minyak zaitun akan dapat melindungi rambutmu dari hal-hal tersebut dengan nutrisi yang terkandung dalamnya. Caranya dalah dengan mengoleskannya pada kulit kepala kemudian diberi sedikit pijatan selama beberapa menit. Dengan cara penggunaan yang sama minyak zaitun juga dapat melebatkan rambut kepala.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *