IBX5A49C9BC313D6 5 Jamu Asal Indonesia Yang Lebih Manjur Dari Resep Dokter - Cerita Medan

5 Jamu Asal Indonesia yang Lebih Manjur dari Resep Dokter

Jamu Indonesia
Jamu Indonesia – Foto : penulispro.net

Jamu merupakan minuman tradisional asli Indonesia yang terkenal baik bagi kesehatan. Meminum secara rutin setiap hari, dapat membangkitkan kembali stamina tubuh, sehingga akan lebih bugar dan segar. Juga sangat baik diminum sebelum tidur agar dapat mengembalikan stamina dan kondisi tubuh yang lebih baik lagi.

Jamu memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative yang artinya bisa menambah nafsu makan seseorang. Jamu memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Kandungan tersebut berfungsi sebagai zat analgesic yang dapat meredakan pegal ataupun rasa sakit pada tubuh.

Sebagai detoksifikasi alami tubuh, jamu dapat membantu membersihkan kotoran di dalam tubuh. Minum jamu akan membantu memperbaiki atau meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Selain menghangatkan tubuh, jamu juga membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh.

Jamu memiliki kemampuan dalam melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin. Jamu berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori menjadi panas tubuh. Selain itu, jamu hanya mengandung sedikit kalori sehingga tidak berkontribusi menaikan berat badan. Seduhan jamu setiap hari sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh.

Meminum jamu secara teratur dan di imbangi dengan rutin berolahraga dapat membantu melangsingkan tubuh lebih cepat, karena dengan meminum ramuan tersebut dapat membantu dalam membakar lemak tubuh dan mengontrol nafsu makan. Manfaat jamu juga adalah membantu membentuk pinggang yang lebih ramping. Dengan meminum jamu secara teratur pada setiap harinya, kamu akan mendapatkan bentuk pinggang yang lebih ramping dan singset.

Nah, selain itu, berikut adalah Jamu Asal Indonesia Yang Lebih Manjur Dari Resep Dokter :

  1. Beras Kencur
Beras Kencur
Beras Kencur – Foto : harianindo.com

Beras kencur merupakan jamu khas Jawa yang mempunyai rasa manis sedikit asam, dengan bau kencur yang khas. Beras kencur adalah jamu yang terbuat dari campuran beras dan kencur yang ditumbuk halus dan ditambahkan air.

Beras kencur sendiri selain memiliki kandungan vitamin B, juga memiliki kandungan minyak atsiri, asam cinnamic, mineral, asam anisic, ethyl aster, asam methyl kanil, borneol, penta dekaan, alkaloid, kamphene paraeumarin, dan gom.

Jamu beras kencur memang nikmat di minum ketika siang hari yang terik dan sesuai beraktifitas. Di dalam ramuan jamu beras kencur memiliki kandungan vitamin B. Beras kencur memiliki rasa manis yang disukai banyak orang dari berbagai usia dan kalangan dan cukup bermanfaat untuk kesehatan badan, karena pada dasarnya manfaat kencur yang merupakan bahan baku pembuatan beras kencur memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.

Anda yang punya masalah kurang nafsu makan, kekurangan energi, atau perut kembung, jamu beras kencur adalah solusinya. Jamu ini dipercaya mujarab mengatasi masalah kelelahan usai seharian bekerja.

  1. Cabe Puyang
Cabe Puyang
Cabe Puyang – Foto : satuharapan.com

Cabe puyang terbuat dari campuran cabai, jahe, dan kunyit.  Cabai merupakan sumber vitamin A, B, C dan E , serta ditambah mineral seperti molibdenum, mangan, folat, kalium, thiamin, dan tembaga. Cabai baik untuk membantu melangsingkan tubuh, karena kemampuannya membakar kalori dengan mudah. Cabai merangsang nafsu makan, membantu untuk membersihkan paru-paru, dan juga merangsang sistem pencernaan.

Kandungan senyawa capsaicin dalam cabai memiliki anti-bakteri, anti-karsinogenik, memiliki sifat analgesik dan anti-diabetes. Hal ini juga dapat mengurangi kadar kolesterol HDL pada orang kegemukan.

Rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar). Kunyit berkhasiat untuk mendinginkan badan, membersihkan, mempengaruhi bagian perut khususnya pada lambung, merangsang dan melepaskan lebihan gas di usus, menghentikan pendarahan, dan mencegah penggumpalan darah.

Nah, meminum jamu cabe puyang akan mampu meringankan sakit otot, mengatasi kram, dan meningkatkan produksi sel darah merah, dan baik untuk ibu hamil agar kondisi bayi bersih saat lahir.

  1. Kunyit Asam
Kunyit Asam
Kunyit Asam – Foto : vemale.com

Jamu kunyit asam memiliki cita rasa manis dan asam.  Jamu kunyit asam baik untuk meningkatkan sirkulasi darah, menyembuhkan sakit perut, mengurangi mulas, mengusir bisul, pengobatan hepatitis, anti mikroba, anti kolesterol, anti HIV, anti tumor (menginduksi apostosis), menghambat perkembangan sel tumor payudara, menghambat ploriferasi sel tumor pada usus besar, anti invasi, anti rheumatoid arthritis (rematik). Diabetes melitus, tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar asi, amandel, berak lendir, morbili, dan cangkrang (waterproken).

  1. Pahitan

Seperti namanya, jamu pahitan memiliki rasa yang pahit. Jamu pahitan baik untuk menyingkirkan masalah bau badan, menurunkan kolesterol, membersihkan darah, sakit kepala, dan mengusir jerawat.

  1. Jamu Kuat

Jamu kuat biasanya terbuat dari akar ginseng. Jamu ini biasanya menjadi minuman andalan bagi para lelaki, khususnya yang telah memiliki istri. Jamu kuat baik untuk meningkatkan dorongan seksual suami. Jamu ini membuat para suami tangguh dalam satu malam.

Demikian informasi tentang Jamu Asal Indonesia Yang Lebih Manjur Dari Resep Dokter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.  (CM-Ist/Hindah Sumaiyah)

KOMENTAR

BACA JUGA