5 Cara Ini Bisa Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

  • Whatsapp
5 Cara Ini Bisa Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa
5 Cara Ini Bisa Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Berpuasa bukan berarti tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut. Walaupun sebenarnya memasukkan alat ke bagian tubuh yang berlubang adalah makruh, termasuk menyikat gigi. Ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva. Tapi ketika berpuasa, maka produksi saliva akan berkurang, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga memunculkan bau tidak sedap di mulut. Agar aroma mulut, dan kesehatan tetap terjaga, bisa melakukan cara berikut:

 

Read More

  1. Mengonsumi Air Putih

Puasa ataupun tidak, tubuh selalu membutuhkan cairan. Salah satunya dengan mengonsumsi air putih secara cukup. Minimal mengonsumsi air putih delapan hingga sepuluh gelas per hari. Usahakan setelah buka puasa hingga menjelang sahur, anda sudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup.

 

  1. Mengonsumsi buah-buahan

Jika kamu menganggap dengan mengonsumsi air putih dalam satu malam dapat menyebabkan perut terasa gembung, gantilah dengan buah yang memiliki kandungan air yang banyak. Buah-buah yang memiliki kadar air yang cukup tinggi seperti apel, semangka, pear, dan nenas. Walaupun mengonsumsi buah-buahan yang memiliki kadar air cukup tinggi, usahakan untuk tetap mengonsumsi air putih demi kesehatan tubuh, dan menghindari dari bau mulut yang tidak sedap.

 

  1. Olahraga ringan

Siapa sangka jika melakukan olahraga ringan secara rutin saat melaksanakan ibadah puasa dapat mengurangi bau mulut. Usahakan untuk melakukan olahraga ringan sebelum berbuka selama beberapa menit saja. Karena pada saat berolahraga, tubuh kita mengeluarkan zat-zat beracun yang ada pada tubuh kita termasuk kuman-kuman yang terdapat di dalam mulut. Hindari juga tidur terlalu lama saat menjalankan ibadah puasa karena hal tersebut juga dapat memicu bau tidak sedap pada mulut.

 

  1. Menyikat gigi dah lidah

Saat ingin membersihkan mulut terutama gigi dan juga mulut,  juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Jangan lupa untuk menggosok lidah dengan sikat gigi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap. Jangan ketinggalan untuk berkumur-kamur dengan obat kumur (mouthwash) setelah sahur dan setelah berbuka agar aroma mulut tetap terjaga dan juga bersih.

 

  1. Kurangi merokok

Sudah jelas jika seorang perokok memiliki bau mulut yang tidak sedap dibandingkan yang tidak perokok. Kurangi merokok atau tidak sama sekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.

 

Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Selain itu, cobalah hindari  makanan-makanan yang mengandung lemak dan berminyak. Selain meninggalkan bau yang tidak sedap, makanan berlemak dan berminyak nyatanya adalah jenis makanan yang sulit dibersihkan. Jika sudah sulit dibersihkan, sudah pasti makanan berlemak dan berminyak tersebut akan meninggalkan noda di dalam mulut sehingga membuat  aroma mulut tidak sedap.

Sebenarnya, mengkonsumsi kue kering ataupun basah saat berbuka juga seharusnya dihindarkan. Makanan lengket ini akan juga lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut. Tetaplah menjaga kesehatan tubuh terutama kesetahan pada mulut kamu agar ibadah puasa tetap berjalan lancar dengan aroma mulut yang begitu segar.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *