4 Manfaat Menulis Bagi Karyawan

  • Whatsapp
Manfaat Menulis Bagi Karyawan
Manfaat Menulis Bagi Karyawan

 

Menjadi seorang pekerja tahu karyawan memang terbilang memakan waktu yang cukup banyak, berjam-jam menghabiskan waktu hanya untuk bekerja dan bekerja. Tetapi hal tersebut tidak bisa menjadi alasan bagi seseorang untuk menghentikan dalam berkarya semisal berkarya melalui salah satu hobinya yaitu menulis.

Read More

Pada dasarnya menjadi seorang karyawan adalah pilihan setiap orang, ada yang sengaja memilih profesi tersebut karena memang telah menentukan jalan hidupnya untuk mengabdi pada sebuah lembaga mau perusahaan tertentu, namun sebagian lain memilih menjadi karyawan karena keterpaksaan. Bisa dibilang bahwa menjadi karyawan hanyalah untuk mendapatkan uang agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang sesuai.

Berdasarkan hal tersebut, pastinya seorang karyawan memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sebuah kemampuan spesifik yang tentu telah ia miliki sebelum ia menjadi seorang pegawai dimana kemampuan tersebut bisa diandalkannya. Setidaknya jika ada seorang karyawan yang memiliki kemampuan lebih di luar jalur kemampuan yang dimilikinya karena bekerja maka akan menjadi peluang tersendiri baginya.

Di dunia ini tidak banyak yang memiliki kemampuan demikian, sebagai contoh seorang yang ahli dalam menenangkan anak-anak biasanya adalah seorang dokter begitu juga sebaliknya. Hal yang menarik adalah jika seseorang memiliki kemampuan di luar dari pekerjaan utamanya yang dilakukannya sehari-hari. Karena jika seorang kemampuan ada yang demikian, sudah pasti menjadi poin lebih sendiri baginya seperti misalnya kemampuan menulis. Jika seorang karyawan memiliki kemampuan menulis, setidaknya ia pasti memiliki nilai lebih yang bisa diunggulkan, terdapat beberapa manfaat agar seorang karyawan juga dapat disebut produktif dalam berkarya dengan cara menulis buku, seperti berikut:

 

  1. Menunjukkan Kepada Orang Lain Bahwa Kamu Spesial

Walaupun hanya sekedar karyawan, kamu harus menunjukkan kepada orang bahwa kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, apalagi jika kemampuan tersebut telah menghasilkan karya seperti sebuah buku tentu akan menjadi lebih dibandingkan dengan karyawan lain yang tidak memiliki kemampuan yang dapat ditonjolkan. Hal tersebut tentu membawa kesan positif tersendiri bagi diri kami seperti misalnya ketika orang-orang satu kantor akan tahu kemampuan tersebut apalagi bos sendiri tentu tanpa segan beliau akan menyuruhmu membantunya jika terdapat tentang kepenulisan yang dibutuhkannya.

Tak jarang hal tersebut tentunya akan membawa kamu pada tingkat karir yang lebih baik lagi atau dalam istilahnya disebut naik jabatan. Selain itu, apabila kamu menulis karya yang berkaitan dengan pekerjaanmu maka akan banyak pihak lain yang kemungkinan akan meminta bantuanmu tersebut, salah satunya mungkin adalah rekan kerjamu sendiri. Berdampak baik sudah pasti, terlebih lagi jika kamu mempublikasikan karyamu di media massa, tentu akan membuatmu cukup dikenal tidak hanya di dalam ruang kantor tetapi juga diluaran.

 

  1. Meningkatkan Nilai Diri

Salah satu cara meningkatkatkan value pada diri sendiri adalag dengan menulis, apalagi jika dengan menulis kamu mendapatkan apresiasi dari tempatmu bekerja. Tentu dapat menjadi bank data yang kelak akan kamu tunjukkan kepada klien maupun kerabatmu. Juga bisa menjadi bahan pertimbangan jika kamu ingin melamar kerja di tempat yang lainnya.

 

  1. Membantu Promosi Tempat Bekerjamu

Seorang karyawan biasanya dituntut untuk loyalitas dan totalitas, dan menulis bisa menjadi bagian dari hal tersebut. Seperti misalnya saat kamu mengirimkan tulisanmu ke sebuah media tentu tanpa ragu kamu akan menuliskan tempatmu bekerja, dengan begitu tentu pihak perusahaan akan merasakan tindakanmu sangat baik dan terlihatlah loyalitasmu terhadap tempat bekerja sekarang,

 

  1. Mendapatkan Pemasukan Tambahan

Hal ini sudah pasti, seorang penulis pemula memang tidak akan kaya dengan tulisannya tetapi ia pasti akan mendapatkan pemasukan tambahan. Seperti karyawan, tentu kamu akan mendapatkan tambahan lebih di luar gajimu baik itu dari media, penerbit maupun tempatmu bekerja sendiri. Manfaat lainnya, orang-orang pasti tanpa segan akan mengundangmu menjadi seorang pembicara di berbagai kegiatan seperti seminar, workshop dan lainnya. Dengan demikian kamu tentu berkesempatan untuk membagikan ilmu yang kamu punya dan mendapatkan honor pastinya.

Nah, meski hanya seorang karyawan ayo tunjukkan kemampuan terbaikmu. Jangan hanya berkutat dengan pekerjaan saja tetapi hobi haruslah di explore juga. Setuju? ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *