10 Tips Puasa Agar Terhindar Dari Penyakit

  • Whatsapp
Tips Puasa Agar Terhindar Dari Penyakit
Tips Puasa Agar Terhindar Dari Penyakit

 

Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah, teruntuk umat muslim di seluruh dunia. Namun, sayang ternyata banyak umat muslim lainnya yang merindukan kehadiran bulan puasa tetapi tidak bisa menjalankannya dikarenakan sakit. By the way, ada beberapa tips puasa yang sehat buat konkawan yang ingin sepenuhnya beribadah di bulan penuh berkah ini, berikut ulasannya:

Read More

 

Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi, tidak penting sederhana yang terpenting mengandung unsur lima sehat dan enam sempurna. Baik sahur maupun berbuka, konkawan harus tetap mengonsumsinya karena gizi yang baik adalah gizi yang mengandung protein, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Bagi konkawan yang kerap merasakan lapar saat puasa, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang berserat seperti sayur dan buah dikarenakan tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna kedua makanan tersebut sehingga lapar pun tak segera menghadangmu. Banyaknya pilihan menu ketika berbuka puasa terkadang membuat konkawan lupa akan pentingnya mengkonsumsi serat, jadi agar tetap sehat jangan lupakan makanan berserat.

Lambung yang kosong saat berpuasa tidak boleh langsung menerima makanan yang berat seperti nasi saat berbuka, karenanya saat berbuka usahakan untuk mengonsumsi makanan yang lebih ringan seperti buah kurma sehingga dapat meringankan kerja pencernaan. Oh iya, jangan karena kelaparan konkawan justru tidak berhati-hati dalam mengunyah makanan, sebaiknya tetap kunyah secara perlahan hingga halus agar lambung tidak sakit.

Upayakan untuk meminum air putih minimal dua liter dalam sehari, jadi setelah berbuka hingga sahur usahakan untuk banyak mengonsumsi air agar aliran oksigen di dalam tubuh menjadi lancar dan konkawan menjadi tidak lemas dalam berpuasa.

Saat berbuka puasa, usahakan untuk tidak langsung minum air es, karena perut yang kosong bisa menjadi kembung saat konkawan langsung mengisinya dengan es dan asam lambung akan semakin terbentuk jika terus-terus dilakukan. Sebaiknya minum lah terlebih dahulu air hangat, setelahnya baru lah minum air es.

Alasan klasik seperti balas dendam menjadi hal yang sering kita dengar saat berbuka puasa, sepertinya hal itu tidak perlu kita lakukan apalagi jika akan merusak diri sendiri. Karenanya jangan makan terlalu banyak ketika berbuka puas, mulai lah dengan makanan pembuka yang sangat ringan hingga kemudian memakan nasi, biarkan makanan meresap di pencernaan secara perlahan. Ups, jangan pula makan hingga terlalu kenyang karena bisa membuatmu mengantuk hingga tidak berkonsentrasi saat shalat tarawih nantinya.

Teruntung konkawan yang sedang diet, sebaiknya usahakan berbuka puasa dengan buah-buahan yang berserat seperti kurma karena buah kurma diyakini dapat mengisi ulang energi dengan sangat cepat. Hindari melahap makanan yang terlalu manis karena bisa membuat timbangan naik dengan cepat.

Baik sahur maupun berbuka. disarankan untuk mengonsumsi vitamin. Hal itu berguna untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Ubi-ubian dan nasi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, sebaiknya konsumsi saat sahur sehingga tahan berpuasa hingga berbuka.

Untuk mengumpulkan energi, usahakan untuk tidur di siang hari, hindari matahari yang dapat menimbulkan dehidrasi. Selain untuk ibadah, tidur di siang hari juga dapat membuatmu semakin berenergi setelahnya.

Nah, itu adalah sepuluh tips sehat bagi umat muslim yang berpuasa. Semoga bisa diamalkan dengan baik ya. Jangan lupa untuk terus beribadah dan mencari berkah sebanyak-banyaknya di bulan yang penuh berkah ini. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *