10 Cara Agar Tetap Berpikir Positif

  • Whatsapp
Cara Berfikir Positif
Cara Berpikir Positif

 

Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani bila kita selalu berpikir positif. Tapi, bagaimana melatih diri supaya pikiran positiflah yang ‘beredar’ di kepala kita, tak banyak yang tahu. Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali saja dulu ciri-ciri orang yang berpikir positif dan mulai mencoba meniru jalan pikirannya.

Read More

 

  1. Melihat Masalah Sebagai Tantangan

Sebagian orang menganggap masalah bukanlah suatu hal yang menghalangi bahkwan sebaliknya. Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia.

 

  1. Menikmati Hidupnya

Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik. Orang yang memiliki pemikiran positif otomatis adalah orang-orang yang menikmati hidupnya. Rasa bahagia dalam menjalani aktifitas sehari-hari.

 

  1. Pikiran Terbuka Untuk Menerima Saran Dan Ide

Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik. Sebagian orang terlahir dengan sifat yang egois. Dengan keegoisan itulah yang memicu orang untuk sulit menerima saran dari orang lain. Sadar atau tidak, terkadang hal inilah yang dapat memicu pertengkaran. Dengan berpikir positf dan menerima setiap saran dan masukan yang ada pastinya akan meminimaliskan pertengkaran.

 

  1. Mengenyahkan Pikiran Negatif Segera Setelah Pikiran Itu Terlintas Di Benak

‘Memelihara’ pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah.

 

  1. Mensyukuri Apa Yang Dimilikinya

Dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya. Terlebih lagi manusia merupakan makhluk yang tidak pernah puas dengan apa yang sudah di miliki. Dengan cara bersyukur dengan apa yang telah di miliki sudah otomatis terhindar dari pemikiran-pemikiran negative dengan segala konsekuensinya.

 

  1. Tidak Mendengarkan Gosip Yang Tak Menentu

Sudah pasti, gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungnya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir positif. Orang yang melakukan kegiatan “menggosip” sudah pasti di hantui dengan pemikiran-pemikiran negative. Kalau sudah berpikiran negative, akan sulit dengan kita untuk berpikir positif.

 

  1. Tidak Bikin Alasan, Tapi Langsung Bikin Tindakan

Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? Nah, mereka ini jelas bukan penganutnya. Orang-orang yang ingin berpikir positif tidak pernah memiliki alasan apapun dalam bertindak.

 

  1. Menggunakan Bahasa Positif

Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti Masalah itu pasti akan terselesaikan, dan Dia memang berbakat. Memberikan semangat pada diri sendiri yang bersifat positif adalah salah satu cara yang mudah agar kita lebih bahagia atas hidup yang sedang di jalani.

 

  1. Menggunakan Bahasa Tubuh Yang Positif

Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan ‘hidup’.

 

  1. Peduli Pada Citra Diri

Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam. Bukan berarti dengan berpenampilan menarik membuat seseorang menjadi sombong dengan gaya yang tinggi. Namun peduli dengan cara membentuk pencitraan diri membuat diri kita semakin percaya diri dan otomatis berpikir positif.

 

Sebenarnya untuk berpikir positif tidaklah terlalu sulit. Namun hal-hal yang positif tersebut memang harus di kembalikan ke diri masing-masing. Tinggal diri sendirilah yang mampu memfilter sesuatu hal yang masuk ke diri kita baik itu negative ataupun positif.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *