Ternyata 4 Hal ini Bisa Atasi Kecanduan Smartphone

  • Whatsapp
Ternyata 4 Hal ini Bisa Atasi Kecanduan Smartphone
Ternyata 4 Hal ini Bisa Atasi Kecanduan Smartphone

‘Kalau tidak menggenggam smartphone sesaat saja rasanya ada yang beda,’ pendapat seperti ini sering kali dilontarkan oleh penggila smartphone. Entah ada apa dengan smartphone hingga mereka terus menggilainya. Sebenarnya jika terus-terusan menggunakan smartphone akan merasakann candu yang luar biasa. Bahkan tak jarang mereka merasa tak memiliki apapun lagi tanpa sebuah smartphone.

Daya tarik yang dihasilkan sebuah smartphone memang mengunggah selera konsumen. Entah dari berbagai fitur ataupun info menarik yang didukung dengan mesin pencarian. Ada beberapa orang yang memanfaatkan smartphone sebagai pencaharian sampingan. Dengan kata lain, smartphonenya bisa menghasilkan uang. Namun jika tak memilii kepentingan dengan smartphone, apa harus setiap saat menggunakannya? Sepertinya tidak perlu, uang tidak akan datang, malah penyakit yang akan berkunjung.

Read More

Ketika sudah kecanduan smartphone, sudah dipastikan akan banyak penyakit yang datang. Penyakut yang disebabkan karena kecanduan ini sebenarnya bisa diobati, dengan langkah sebagai berikut:

  1. Bertahap Melupakan Smartphone

Smartphone memang tak mesti dilupakan kehadirannya, sesekali boleh menggunakannya. Untuk mengatasi kecanduan karena smartphone sebaiknya harus memiliki niat yang kuat agar rencana mudah dilakukan. Dalam keseharian jangan terus menggunakannya, karena hal ini dapat mengganggu pekerjaan lainnya. Cobalah mencari kesibukan yang lebih dari sebelumnya, fokusklah pada pekerjaan itu. Hal ini berfungsi untuk melupakan sejenak smartphone yang terus berada dalam dekapan.

  1. Bersosialisasilah Secara Langsung

Perangai ketika bersosialisasi di dunia maya dan nyata memang berbeda. Hal ini terlihat jelas jika seseorang yang telah akrab di dunia maya, akan merasa asing saat di dunia nyata, namun jika sudah akrab di dunia nyata terlebih dahulu, maka keakraban it uterus terlihat nyata walau berada di dunia maya. Jika ingin menghilangkan kecanduan terhadap smartphone, sebaiknya untuk teruslah bersosialisasi dengan siapapun secara nyata dan di dunia nyata. Dengan bersosialisasi secara langsung akan cepat menentramkan masalah jika ada pertikaian, cepat paham jika ada hal yang kurang jelas dan tak menimbulkan efek apapun. Jika bersosialisasi di dunia maya, maka ada beberapa hal yang sulit dijelaskan dan susah dipahami. Dengan begitu juga, perlahan hal ini akan membawa seseorang untuk melupakan smartphone.

  1. Gunakan Fitur Standar

Fitur standar dan tak menarik akan membosankan. Dengan kebosanan itu, seseorang perlahan akan melupakan smartphnennya. Dengan begitu juga seseorang akan merasa smartphone mulai tka berguna jika tak memiliki fitur update. Jangan sesekali mencoba untuk memperbaharuinya. Karena perlahan anda akan kembali pada kebiasaan menggunakan smartphone.

  1. Matikan Notifikasi

Jika ada notifikasi masuk, jangan terlalu sering melihatnya. Karena ini akan merusak konsentrasi anda. Jika konsentrasi mulai buyar, dan asik dengan notifikasi yang datang, akan merubah suasana nyaman dan lupa bahwa anda sedang berusaha melepaskan kecanduan yang hadir akibat smartphone.

Beberapa hal ini akan merubah kepribadian anda yang candu akibat smartphone. Jangan terlalu sering menggunakan smartphone jika tidak ada kepentingan yang urgen.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *