SUMEX 2016 Pertama Adakan Expo Besar-besaran

  • Whatsapp
SUMEX 2016 Pertama Berjalan Sukses
SUMEX 2016 Pertama Berjalan Sukses

Sumatera International Expo (SUMEX) 2016 untuk pertama kalinya mengadakan expo besar bagi masyarakat-masyarakat yang memiliki Usaha Kecil Menengah di Kota Medan. Acara yang diadakan selama empat hari beberapa waktu lalu, bertempat di Lapangan Merdeka Medan ini diisi oleh beragam stand dari berbagai latar belakang, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi, dan beberapa kementerian lainnya. Juga terdapat beberapa booth pariwisata dari berbagai daerah seperti Sumatera Utara, Jakarta, Belitung, Jawa Tengah, Banten dan lain-lain. Begitupun dengan pemerintahan dari beberapa daerah, dan ada juga yang berasal dari luar negeri khususnya yang tergabung dalam negara bagian ASEAN.

Produk-produk yang dipamerkan pun sangat beragam, mulai dari olahan makanan dan minuman, barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari seperti kain tas, kain baju, sepatu dan sebagainya ditambah dengan pernak-pernik hasil kerajinan tangan. Mengingat kian maraknya produsen-produsen baru bermunculan, Sumatera International Expo tentu saja menjadi kesempatan penting bagi setiap orang yang memiliki usaha agar dapat memperkenalakan bisnisnya kepada masyarakat.

Read More

Selama tiga hari beruntun masyarakat diajak untuk mengenal berbagai usaha baru yang tergolong memiliki kualitas sehingga mampu bersaing dipasaran. Para pengunjung terlihat cukup antusias dengan apa-apa saja yang mereka temukan pada setiap stand, antara lainnya adalah lukisan dengan media yang tidak biasa seperti bubuk teh, sepatu buatan tangan karya Anak Medan, makanan ringan seperti donat ataupun sirup kebanyakan sebagai sebuah merek jual yang baru akan berkembang.

SUMEX 2016 Pertama Adakan Expo Besar-besaran
SUMEX 2016 Pertama Adakan Expo Besar-besaran

 

Acara ini juga diramaikan dengan perlombaan menari tarian daerah oleh anak-anak Sekolah Dasar, dan juga ada hiburan berupa aksi panggung dari band pengisinya. Juga tersedia penampilan dari  daerah baik tradisional dan modern seperti Penampilan Kabaret Legenda, Tarian Thailand, Fashion Show, Horizon BandEthnic Dance Competition, Talkshow, Dialog Interaktif Isu Lingkungan.

Tak hanya itu SUMEX juga memberikan kesempatan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif dari masing-masing bagian untuk mensosialisasikan produknya. Dan yang tak kalah menarik adalah kedatang Virzha, seorang artis asal Medan yang sengaja diundang untuk memeriahkan acara. Karena event ini sengaja diselenggarakan secara berkala setiap tahunnya, sehingga bisa mencapai  layaknya expo yang berkualitas Internasional. Produk-produk kerajinan juga turut tersedia dipamerkan pada berlangsungnya acara, seperti kerajinan tangan dari Sumatera Utara khususnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si. yang juga turut hadir pada kesempatan tersebut pun menghimbau para pelaku usaha untuk memanfaatkan Tapian Daya Sumatera Utara yang terletak di Jalan Gatot Subroto untuk digunakan sebagai media promosi berkelanjutan.

Perwakilan dari beberapa negara juga turut hadir dalam kesempatan tersebut seperti Konsulat Jendral Singapura, Turki, Malaysia, Belanda, Tiongkok, Timor Leste dan beragam perwakilan dari berbagai kementerian yang pada hari sebelumnya turut mendukung diselenggarakannya acara.

Hj. Sri Budy Novitawaty, SE. berharap expo yang telah berlangsung selama empat hari tersebut dapat memberikan perubahan yang lebih baik, terutama dalam hal perekonomian dan mendatangkan manfaat bagi sektor lainnya.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *