Sehatkan Tubuh dengan Konsumsi Gandum

  • Whatsapp
Sehatkan Tubuh dengan Konsumsi Gandum
Sehatkan Tubuh dengan Konsumsi Gandum

Gandum memiliki banyak kegunaan bagi tubuh. Sering dijadikan pengganti nasi, karena memiliki banyak kandungan yang sama dengan beras. Bahkan tak jarang gandum juga dijadikan bahan utama dalam pembuatan biskuit. Tak heran sebuah rumah memiliki banyak persediaan biskuit gandum untuk memudahkan ibu rumah tangga tak sulit berpikir keras untuk jenis sarapan yang akan disajikan. Karena biskuit gandum bersifat mengenyangkan, biskuit juga bisa dibawa ke berbagai lokasi, dan menjadi pengganjal perut yang tengah lapar.

Brand dengan bahan utama gandum semakin hari semakin banyak dan menyajikan berbagai ragam varian rasa, jenis dan bentuknya. Hal ini menjadi daya tarik konsumen dari berbagai kalangan. Banyak manfaat yang dihasilkan dari gandum, diantaranya yaitu:

  1. Mencegah Asma

Asma dapat menyerang siapa saja dan tak memandang usia. Penyakit ini menjadi penghalang tersendiri bagi mereka yang mengalaminya. Maka tak jarang banyak yang terus mencari cara agar asma yang dialaminya sembuh. Biji-bijian dan ikan dapat menurunkan kemungkinan asma. Studi Internasional Alergi dan Asma pada anak dibuktikan melalui banyak penelitian. Diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan terkena asma hampir 50%. Selama survei, diberikan diet khusus gandum, ikan dan biji-bijian dan menunjukkan penurunan hampir 66% dalam kemungkinan penyakit asma.

  1. Mengobati Kanker Payudara

Kanker payudara akibat banyak hal misalnya makanan ini memang sangat ditakutkan oleh wanita. Penelitian di Inggris menemukan bahwa megonsumsi makanan kaya serat sangat penting bagi wanita untuk menjaga kanker payudara. Makanan dari biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan bagi perempuan pra-menopause terhadap kanker payudara. 30 gram gandum yang dikonsumsi setiap hari, cukup bagi perempuan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

  1. Bernilai Gizi

Gandum memiliki unsur katalitik, garam mineral, kalsium, magnesium, potasium, belerang, klor, arsenik, silikon, mangan, seng, iodida, tembaga, vitamin B, dan vitamin E. Ini merupakan alas an mengapa gandum sering digunakan sebagai dasar makanan atau makanan pokok. Sebagai makanan pokok, gandum merupakan jenis karbohidrat yang tinggi serat sehingga menyehatkan pencernaan yang dianggap lebih baik dari jenis karbohidrat lain.

  1. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Dalam berbagai survei telah terbukti bahwa roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum yang kaya akan serat mampu menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan itulah penyebab utama dari pembentukan batu empedu.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Biji-bijian seperti gandum juga sangat efektif pada pasien yang mengalami gangguan metabolisme. Jenis-jenis sindrom metabolik termasuk obesitas visceral,  trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi, dapat dilindungi dengan gandum. Diet gandum mungkin adalah cara yang paling efektif, cepat, dan menyenangkan untuk mengurangi sindrom metabolik tubuh.

Gandum memang memiliki banyak manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Gandum bisa disulap menjadi banyak ragam yang menggiurkan.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *