Pekan Inovasi Sumatera Utara, Ramaikan Lapangan Merdeka

  • Whatsapp
Pekan Inovasi Sumatera Utara, Ramaikan Lapangan Merdeka
Pekan Inovasi Sumatera Utara, Ramaikan Lapangan Merdeka

Menghadapi persaingan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tentunya sangat perlu untuk terus berinovasi. Sistem perekonomian yang tidak hanya berdampak pada perusahan-perusahan besar dengan modal fantastik, namun juga berdampak ke masyarakat, khusunya mereka dengan Usaha Kecil Menengah. Investasi saham dan jual beli barang juga merupakan bagian dari MEA. Hal tersebutlah yang lantas menjadi landasan pemerintah Sumatera Utara mengadakan sebuah expo dalam meningkatkan kreatifitas serta karya-karya inovatif. Pemerintah pun terus memperbaiki serta menambah infrastruktur untuk menarik minat calon investor.

Pekan Inovasi Sumatera Utara akan diadakan selama empat hari mulai dari tanggal Kamis 19 Mei sampai dengan Minggu 22 Mei 2016 di Lapangan Merdeka, Medan. Acara ini dibuka oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara-Tengku Erry Nuradi. Dalam kehadirannya, ia sempat mengatakan bahwa hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan persaingan ekonomi, juga membangun investasi yang strategis. Erry pun menambahkan pertumbuhan ekonomi yang terus bertambah di Sumatera Utara tidak lepas dari investasi-investasi yang telah terealisasikan, untuk itu di Tahun 2016, Sumatera Utara menargetkan investasi yang mencapai  Rp.12 Triliun, setelah Tahun 2015 lalu berjumlah Rp.11,6 Triliun.

Read More

Sumatera Utara dianggap merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang sangat strategis untuk berinvestasi. Dilihat dari potensi daerahnya yang banyak mengahasilkan Sumber Daya Alam, kemudian dari segi pariwisata seperti halnya Danau Toba, kemudian faktor Sumber Daya Manusia yang ada dapat menjadi daya tarik yang baik.

Dalam Pekan Inovasi Sumatera Utara yang ke-empat kalinya ini, terdapat banyak peningkatan dari tahun lalu. Perbedaan utamanya dari segi peserta yang ikut perpartisipasi. Diikuti oleh 90 peserta dari berbagai latar belakang dengan mengisi sekitar 115 booth yang telah disediakan pihak panitia. Mereka diantaranya adalah 5 dari Kementrian Republik Indonesia, 3 dari provinsi di luar Sumatera Utara, kemudian 16 peserta yang berasal dari perusahaan-perusahan milik negara ataupun daerah, dan sisanya merupakan Perusahaan Swasta, Perguruan Tinggi serta Rumah Sakit.

Salah Satu Booth yang Ada di Pekan Inovasi Sumatera Utara
Salah Satu Booth yang Ada di Pekan Inovasi Sumatera Utara

 

Mulai dari produk-produk jadi seperti baju dan kain khas daerah masing-masing booth, kerajinan tangan, lukisan sampai dengan penawaran-penawaran untuk berinvestasi oleh sebuah perusahaan baik itu negeri maupun swasta. Acara ini diharapakan dapat memberi kontribusi bagi kemajuan ekonomi, serta  menjadi media untuk promosi dan juga informasi yang lebih komunikatif. Selain membantu memasarkan produk-produk dari pengusaha lokal kelas menengah, acara ini juga bertujuan menarik para calon investor untuk bermitra bisnis.

Pekan Inovasi Sumatera Utara ini pun ramai dikunjungi masyarakat, selain ingin melihat-lihat isi booth yang ada, disini juga terdapat panggung hiburan yang bisa dinikmati oleh siapa saja. Ada juga Festival Budaya, menampilkan busana dan tarian yang diikuti oleh putera-puteri daerah. Kemudian terdapat juga lomba lainnya yang akan ikut meramaikan acara, salah satunya adalah Indieschool Festival Band yang akan diikuti pelajar remaja dari berbagai sekolah di Sumatera Utara.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *