Pahami Penyakit Silindris pada Mata

  • Whatsapp
Pahami Penyakit Silindris pada Mata
Pahami Penyakit Silindris pada Mata

 

Berbeda dengan miopi atau rabun, silindris merupakan penyakit yang disebabkan oleh mata karena kornea mata yang melengkung secara tidak merata. Biasanya mereka yang mengalami penyakit mata silindris akan merasa kesulitan dengan penglihatan yang berbentuk cahaya dan garis lusur. Mata silindris akan mengaburkan cahaya dan membengkokkan garis lurus.

Read More

Penyakit ini timbul karena adanya tekanan pada mata akibat terlalu lama membaca, bekerja di depan komputer, kurang tidur dan karena terlalu sering menonton televisi.

Banyak yang tidak tahu mengenai penyebab dari mata silindris, padahal penyakit ini menyerang siapa saja, tanpa pandang batasan umur. Jadi memang sudah sepantasnya untuk mengetahui penyakit ini sejak dini. Berikut adalah ciri-ciri penyakit silindris, yaitu:

  1. Sakit di Bagian Tengkuk Belakang

Mengeluh karena sakit di bagian tengkuk belakang nampaknya sering dialami orang yang terlalu sering berada di komputer, ataupun sering menonton televisi. Hal ini biasanya disambung dengan tambahan mata kelelahan.

  1. Merasa Silau Berada di Jalanan Malam

Cahaya lampu yang dihasilkan dari setiap kendaraan memang sangat tajam. Jikalau merasa bahwa mata mulai memburamkan hasil dari cahaya lampu tersebut, maka segeralah periksakan ke spesialis mata untuk mengetahui apakah kalian terkena penyakit mata silindris atau tidak.

  1. Sulit Fokus pada Garis

Gambar yang dihasilkan selalu memiliki garis lurus. Bagi mereka yang telah mengalami penyakit ini akan merasa sulit untuk fokus pada sebuah garis lurus. Apalagi bagi anak-anak, mata silindris mereka akan membengkokkan sebuah garis lurus menjadi garis penuh lengkungan.

  1. Sakit Kepala Bila Fokus pada Sesuatu

Sakit kepala yang dihasilkan dari seseorang yang terkena silindris memang wajar, bahkan mereka sendiri tak bisa berfokus pada sesuatu. Karena jika mereka fokus, mereka akan mengalami sakit kepala dan diiringi dengan ketegangan saraf kepala.

  1. Penglihatan Buram

Penglihatan yang buram dihasilkan dari ketidaksiapan mata untuk melihat sebuah benda tanpa bantuan apapun. Buram yang terjadi pada mata akan sangat tampak jelas, bahkan mereka yang mengalami silindris, akan melihat sebuah benda berbayang dan buram. Berbayang dan buram tersebutlah cirri dari mata silindris, jika terus membiarkan seperti ini maka lama-kelamaan akan membuat seluruh saraf mata akan sakit.

Beberapa hal tersebut ciri-ciri dari mata silindris, maka harus pahami dan ketahui sejak dini. Hal-hal yang begini bisa diatasi dengan berbagai cara seperti berkonsultasi dengan dokter spesialis mata silindris. Bisa juga dilakukan dengan memakai kacamata anti radiasi, atau bisa melakukan terapi latihan untuk fokus pada garis lurus, warna hitam dan abu-abu pada sebuah gambar yang biasa diperlihatkan bagi mereka yang sudah terkena penyakit silindris.

Jika ingin menghindari penyakit silindris pada mata, sebaiknya harus menjaga mata secara maksimal, dengan tidak terlalu dekat dan memaksa mata melihat layar komputer, LCD maupun televisi. Istirahatkanlah mata sebelum ia merasa kelelahan. Karena mata sensitif, maka sudah sepantasnya menjaga kesensitifan tersebut. Jika sudah terlanjur terkena penyakit tersebut, sebaiknya lakukan operasi kecil dengan meggunakan laser.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *