IBX5A49C9BC313D6 Pagoda Lumbini, Replika Pagoda Shwedagon Termegah di Indonesia - Cerita Medan

Pagoda Lumbini, Replika Pagoda Shwedagon Termegah di Indonesia

Pagoda Lumbini
Pagoda Lumbini

Sumatera Utara adalah kota dengan penuh tempat wisata. Taman Alam Lumbini salah satunya, lokasi yang terletak di Desa Tongkoh Kabupaten Karo dan berada di daerah kaki Gunung Sibayak, jika kalian ingin menuju lokasi maka harus menempuh jarak 55 km dari Medan, dan 8 km dari Kota Brastagi.

Taman Alam Lumbini memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah hebat dengan kota lainnya. selain memiliki kebun stroberi yang bisa dipetik sendiri, taman bunga yang penuh dengan bunga-bunga unik yang jarang dijumpai, Taman Alam Lumbini juga memiliki destinasi wisata yang paling megah dan tertinggi di Indonesia yaitu Pagoda Lumbini.

Untuk mencapai lokasi tersebut, kalian harus melewati jembatan sepanjang 20 meter dari Taman Alam Lumbini. Sepanjang jalan di jembatan kalian akan disuguhkan dengan berbagai patung unik dari berbagai binatang yang ada di taman, dan patung-patung Buddha. Tak jarang setiap sudut Taman, jembatan dan kolam kecil akan menjadi lokasi berfoto bagi pengunjung yang dating dari berbagai kalangan.

Selalu ada saja lokasi yang bagus dan pas untuk dijadikan background berfoto dan mengabadikan momen bersama keluarga maupun diri sendiri. Setelah melewati jembatan tersebut, kalian akan menemukan pagoda megah berwarna kuning emas cerah, tinggi dan ternyata adalah replika dari Pagoda Shwedagon di Myanmar.

Lokasi Taman Alam Lumbini
Lokasi Taman Alam Lumbini

 

Dengan luas 3 hektar memang dimaksimal dengan membuat berbagai macam pemandangan indah yang dapat mengunggah selera pengunjung untuk terus datang. Pagoda Shwedagon yang terletak di Kota Yangon, Myanmar ini memiliki arti yaitu Pagoda Emas dari Kota Dagon. Kata Shwe berarti emas, dan Dagon adalah nama kota sebelum Yangon.

Atas inspirasi itulah Pagoda Lumbini ini dibangun pada Tahun 2007 dan sukses dibuka pada 2010. Replika Pagoda Lumbini ini berada di Komplek Internasional Buddhis Centre dan memiliki tinggi 46,8 meter, panjang 68 meter, dan lebar 68 meter. Pagoda ini terbesar kedua setelah replika yang pertama ada di luar kota Myanmar.

Pagodanya terdiri dari 1 unit pagoda besar dengan tinggi 42 meter, panjang 25,8 meter, dan lebar 25,8 meter. Lalu 8 unit Pagoda Kecil dengan tinggi 7,18 meter, panjang 5,38 meter, lebar 5,38 meter. Kemudian 1 unit Pilar Asoka dengan tinggi 19,8 meter dan diameter tiang 0,8 meter. Dan yang terakhir 4 unit Rupang Buddha Sakyamuni yang terbuat dari bongkahan Batu Jade Hijau/Giok yang utuh dari Myanmar.

Kebun Stroberi di Taman Lumbini
Kebun Stroberi di Taman Lumbini

 

Replika Pagoda Shwedagon dipercaya memiliki kesaktian, hingga peraturan yang ketat pun diterapkan disini. Hal seperti membuka alas kaki, menggunakan pakaian sopan, menjaga ketenangan, dan kebersihan selalu diterapkan mereka. Memang tak ada batasan bagi siapa saja dan agama mana saja yang ingin masuk ke dalam pagoda untuk melihat lebih detail tiap sudut pagoda, namun jangan sampai mengganggu ibadah dari orang lain.

Bagi pengunjung yang ingin berdoa, dapat melakukan pradaksina searah jarum jam mengelilingi areal mandala sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan dengan melafalkan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, lalu melakukan pelimpahan jasa dan mengucapkan harapan dan keinginan hati. Dengan dukungan karma dan perbuatan baik masing-masing, doa dipercaya dapat terkabulkan.

Bagi konkawan Cerita Medan yang ingin mengunjungi lokasi ini, jangan lupa waktunya hanya sampai pukul 17.00 WIB. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga kebersihan dan kerapian dari Pagoda dan Taman Alam Lumbini.***(CM-E02/Amal Hayati)

KOMENTAR

BACA JUGA