Mengontrol Emosi Solusi Selesaikan Masalah

  • Whatsapp
Mengontrol Emosi Solusi Selesaikan Masalah
Mengontrol Emosi Solusi Selesaikan Masalah

Semua orang pasti pernah merasakan penyesalan atas kalimat yang terucap dengan sengaja maupun tindakan yang dilakukan. Pun juga pasti pernah berpikir pada suatu hari dapat mengatur emosi dan perasaannya. Lalu juga pernah merasa ingin bisa mengendalikan hati dan tindakannya di hadapan orang lain. Sepertinya prinsip 3K (Komunikasi, Keterbukaan, dan Kemampuan mengontrol emosi) adalah solusi terbaik untuk mewujudkan kesemuanya.

Seseorang harus menyadari bagaimana sistem saraf dan psikologis kita bekerja untuk dapat mengendalikan emosi, dan membimbingnya ke arah yang diinginkan. Sama seperti ilmu pengetahuan, misalnya komputer yang selalu digunakan. Semakin banyak pengetahuan mengenai perangkat yang ada, maka semakin baiklah seseorang tersebut untuk memiliki kemampuan dan mengontrol perangkat, serta mengambil keuntungan dan manfaat dari berbagai fitur-fiturnya.

Read More

Ini merupakan proses yang sangat sederhana. Saat ini, para ilmuwan mengatakan bahwa kerja otak  yang ada di dalam dapat mengendalikan emosi dan perasaan manusia. Bahkan mampu mengendalikan berbagai tindakan. Namun, hal ini kita tidak disadari secara langsung, karena berada di bawah alam sadar dan tersembunyi.

Langkah yang sangat penting serta sebagai komplementer untuk yang pertama adalah dengan mencoba memberikan pesan kepada dirinya, seraya mengatakan bahwa anda harus menghentikan perasaan emosi, karena hal ini merupakan tindakan yang mengakibatkan hasil yang buruk.

Kemampuan untuk mentolerir dan memaafkan orang-orang yang menyakiti, menyinggung atau mengganggu kehidupan anda memang sangat diperlukan. Tanpa langkah ini, tidak akan mampu memperbaiki diri, karena perasaan emosi akan semakin kuat pada diri . Sikap pemaaf dan toleran sangatlah urgen dan penting karena keduanya akan menjadi sarana penyembuh emosi dari akarnya. Alasan utama dibalik setiap emosi adalah perasaan bahwa orang lain telah menyakitinya, dan kemudian mencoba bereaksi secara emosional terhadap dan menghasilkan kebencian.

Setiap individu selalu memiliki kemampuan menyembuhkan emosi, sehingga penyakit ini akan hilang dengan mudah dan gampang. Komunikasi yang baik juga akan menghilangkan beberapa masalah yang timbul akiat emosi.

Tidak dipungkiri komunikasi yang baik akan turut menyumbang kehidupan yang baik juga. Maka tak jarang dengan komunikasi, akhirnya seseorang dapat menyelesaikan masalah dengan mudah tanpa ada perasaan yang mengganjal dalam diri lagi.

Tujuan dari membicarakan masalah adalah agar tercipta suatu solusi yang dapat menghilangkan masalah tersebut. Dengan komunikasi, seseorang akan mengetahui akar masalah dan sama-sama mencari solusi permasalahan.

Komunikasi adalah hal vital, maka upayakan terus menjalin komunikasi dengan lancar dan harus diupayakan dengan itikad baik. Membicarakan masalah bukan seperti pertempuran.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *