Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

  • Whatsapp
Manfaat Tomat Untuk Kesehatan
Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

 

Tomat yang merupakan keluarga dari Solanaceae memiliki buah bewarna hijau, kuning dan merah. Tomat biasanya dipakai sebagai sayur dalam masakan, namun selain sering dijadikan sayur, tomat juga dapat dimakan secara langsung. Mengonsumsi tomat secara langsung tanpa diproses sangat baik untuk kesehatan, ini karena buah tomat kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Read More

Tomat mengandung berbagai kandungan nutrisi seperti kalium, folat, sodium, lemak jenuh, mineral, kolestrol, vitamin A, C, K dan kalori yang rendah. Selain itu tomat juga mengandung empat jenis karotenoid utama yaitu alpha, betakaroten, lutein dan lycopene.

Bahkan menurut sebuah studi yang dikemukakan oleh peneliti di Ohio State University, mengonsumsi tomat dengan lemak sehat dapat membantu penyerapan phytochemical karotenoid pada tubuh hingga meningkat 2 sampai 15 kali lipat. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan mata.

 

  1. Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi tomat secara rutin sangat bagus untuk kesehatan mata. Ini karena vitamin A yang terkandung dalam buah tomat dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan membantu mencegah terjadinya rabun senja. Selain vitamin A, tomat juga mengandung beta karoten (yang bertanggung jawab terhadap vitamin A yang ada dalam tubuh). Bahkan menurut penelitian terbaru menunjukkan bahwa menkonsumsi tomat dapat membantu mengurangi  resiko Degenerasi Makula.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bagi anda yang ingin jantung anda sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, mengonsumsi tomat secara teratur adalah pilihan yang tepat. Ini karena buah tomat banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung seperti potasium, serat, kolin, kalium dan vitamin C.

  1. Mencegah Kanker

Buat tomat ternyata dapat mencegah penyakit kanker, ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Montreal menunjukkan bahwa diet dengan tomat dapat membantu mengurangi kanker pankreas. Ini karena tomat mengandung senyawa likopen (kandungan utama pada tomat) yang dapat mengurangi resiko kanker.

  1. Menurunkan Berat Badan

Selain dapat mencegah berbagai macam penyakit berbahaya, tomat ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai menu diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Ini karena tomat banyak mengandung serat dan air yang bagus untuk diet. Bagi anda yang ingin menjadikan tomat sebagai salah satu menu diet untuk menurunkan berat badan, anda dapat mengkonsumsinya tomat dengan membuat berbagai varian seperti jus, salad, sandwich dan lainnya.

  1. Mencegah Hipertensi

Buah tomat ternyata juga dapat mencegah hipertensi. Ini lantaran kandungan potasium yang terkandung dalam buah tomat. Dengan menambah asupan potasium dapat membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Nah, bagi anda penderita hipertensi mengkonsumsi tomat secara rutin merupakan pilihan yang tepat untuk kesembuhan penyakit anda.

  1. Mencegah Jerawat

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam buah tomat dapat mencegah tumbuhnya jerawat di kulit wajah. Adapun cara penggunaannya cukup mudah, anda hanya perlu membuat masker wajah dengan buah tomat.

Itulah beberapa manfaat buat tomat untuk kesehatan, semoga tulisan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman.***(CM-S01/M. Yafei)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *