Maksimalkan Teknologi, Tia Hanita Jalankan Bisnis Online

  • Whatsapp
Tia Hanita Tanjung
Tia Hanita Tanjung

Menjadi seorang pengusaha adalah impian banyak orang, namun untuk menjadi pengusaha yang sukses dibutuhkan usaha yang lebih ekstra seperti modal, koneksi, keahlian, tempat, dan banyak lagi lainnya. Hal itu sering kali menjadi penghalang bagi orang-orang yang ingin menjalankan usahanya hingga sukses. Namun bagaimana jika ingin menjadi pengusaha tetapi hal-hal tersebut tidak mampu dipenuhi, maka jawabannya adalah bisnis online.

Bisnis online menjadi fenomena yang tengah berkembang sejak beberapa tahun terakhir, banyak pengusaha yang akhirnya menjual online segala barang-barang dagangannya begitupun orang-orang semakin banyak yang kemudian memilih profesi menjadi online shop dikarenakan sistem-nya yang sangat mudah untuk dijalankan. Selain tak perlu biaya yang banyak, bisnis online shop juga lebih menjangkau setiap kalangan pembeli dari berbagai daerah.

Read More

Hal itu dibuktikan sendiri oleh Tia Hanita Tanjung, perempuan berdarah minang ini sudah memulai usahanya terhitung dari November 2015 lalu. Menurut Tia banyak sekali keuntungan menjadi pebisnis online, karenanya ia masih berlanjut jualan online meski pun kini sedang disibukkan dengan tugas akhirnya sebagai mahasiswa Agribisnis-Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Logo Olshop Tia
Logo Olshop Tia

Seperti cerita Tia saat diwawancarai tim Cerita Medan beberapa waktu lalu, mulanya Tia berkeinginan berjualan online dikarenakan ingin menjadi anak yang mandiri agar bisa menjadi penambah uang jajannya sendiri. Meskipun Tia adalah anak tunggal dari orangtuanya, ia tak ingin merepotkan kedua orangtuanya sehingga memilih profesi ini sebagai solusi meringankan beban orangtuanya. Alasan lainnya, Tia bercerita bawah ia kerap berbelanja online untuk kebutuhan sendiri, tapi kemudian ia berinisiatif untuk berjualan online karena merasa mudah dan tentu dikarenakan agar paket internetnya tidak terbuang sia-sia.

Awalnya Tia menjual sepatu wanita, sepatu khusus buatan lokal yang merupakan barang dari Jakarta. Tapi lama kelamaan ia berpikir untuk berjualan hijab, selang beberapa waktu dan merasa tak ada efeknya yang begitu baik Tia lantas fokus untuk berjualan hijab saja, dan dinamailah bisnis onlinenya menjadi Tj_shoestj. Penamaan online shop itu sendiri diambil Tia dari marga Tanjung yang dimilikinya dan disingkat menjadi Tj kemudian shoes tersebut berarti sepatu. Kini Tj_shoestj bahkan sudah cukup dikenal di kalangan instagram, salah satu media tempat Tia memasarkan produknya.

Ada beberapa hal yang membuat Tia ingin sekali menjadi pebisnis online. “Jualan online shop itu nggak perlu lapak/ sewa tempat, terus jangkauan konsumennya bisa lebih luas nggak cuma di kota kita aja tetapi dari Sabang sampai Merauke bisa menjadi customer kita, nggak capek packing orderan kalau yang dropshippe, kerjanya juga nggak ribet bisa sambil ngerjain yang lain juga karena cuma pake smartphone, nggak perlu punya karyawan karena kita sendiri bisa handle, dan nggak perlu dijaga setiap saat,” cerita Tia panjang lebar.

Bagi Tia, meskipun ia berjualan online secara dropshipper yaitu sistem jualan online yang menggunakan sedikit modal karena pemodal utamanya yang memiliki produk sebenarnya tetapi sudah cukup memberikan penghasilan yang cukup bagi Tia, “Cukuplah untuk kantong mahasiswa,” tambahnya.

Banyak cerita seru yang Tia lalui sejak menjalankan bisnis online shop-nya, ada suka dan duka seperti ada customer yang mencoba-coba mengirimkan bukti transfer palsu karena ingin menapat gratisan, belum lagi Tia harus menghadapi customer yang cerewet. Tetapi itu semua dihadapi Tia dengan berlapang dada, karena di sisi lain banyak keuntungan yang didapatkannya melalui bisnis online ini.

Seperti penuturannya yang mengatakan bahwa usai seharian letih belajar di kampus, seketika letih yang dirasakannya bisa hilang ketika mengecek handphone dan ada orderan yang diterimanya, apalagi jika ada yang ngasi testimoni positif ke olshop kita, wah hilang deh capeknya.

Tia Hanita Tanjung
Tia Hanita Tanjung

Melalui bisnis online shop, Tia mengaku lebih mudah menjangkau customernya secara lebih luas. Nyatanya customer Tia sudah ada mulai dari Sabang hingga Merauke, meskipun jumlah pembelinya tidak stabil tetapi rata-rata pembeli stabil bisa enam orang dalam sehari. Bahkan bisa lebih terutama jika menjelang hari perayaan seperti Idul Fitri dan Natal. Tak Heran jika dengan mengandalkan smartphone, Tia sudah bisa meraup jutaan rupiah perbulannya. Menariknya, melihat Tia yang disibukkan dengan online shop-nya dan bisa meraup jutaan rupiah sang mama akhirnya turut mengikuti jejak Tia untuk berjualan online.

Nah, begitu lah Tia mengandalkan smartphone-nya dan mengikuti perkembangan zaman yang sekarang dengan hal-hal yang lebih positif. Berbeda dengan online shop lainnya, perempuan kelahiran 12 Agustus 1995 hanya menjual produk-produk sepatu lokal cewek dengan harga yang murah dan pas di kantong mahasiswa. Konkawan yang ingin membeli produknya dapat melihat di Instagram tj_shoestj atau menghubunginya via LINE: @zzn6709x atau WA : WA: 087801003283. ***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *