Mahasiswa Teknik STT Harapan Kembangkan Mobil Buatan Sendiri

  • Whatsapp
Muhammad Arifin dan Aji Surahman, Pembuat Mobil Rakitan STT Harapan
Muhammad Arifin dan Aji Surahman, Pembuat Mobil Rakitan STT Harapan

Kreatifitas anak muda tidak perlu habis. Salah satunya adalah pelajar-mahasiswa yang berhasil menciptakan barang rakitan sendiri. Untuk menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, mereka harus mengembangkan kreatifitasnya dan akhirnya berhasil menciptakan mobil klasik.

Tidak ada nama khusus untuk mobil satu ini. Ini adalah hasil rakitan enam mahasiswa pada 2013 yang lalu. Mereka bernama Fajar Satria, Harja Septio, Muhammad Azhari, Muhammad Firmansyah Sitorus, Muhammad Arifin dan Aji Surahman. Mobil dengan bahan dasar premium ini memiliki tenaga 150cc, dapat digunakan di dalam kota maupun lahan perkebunan.

Read More

Alasan awal mereka menciptakan ini adalah karena tantangan untuk menciptakan kendaraan dengan tema klasik. Akhirnya mereka berhasil menciptakan mobil dalam jangka waktu 3 bulan. Awal mobil ini berwarna putih, namun pada akhir 2014, diubah menjadi warna oranye karena terlalu banyak sidik jari orang yang membekas di tubuh mobil ini. Pun juga warna oranye yang diberikannya ingin menyetara warna dengan semua hasil karya mahasiswa Teknik Mesin STT Harapan Medan.

“Pihak kampus memberikan tantangan untuk membuat mobil klasik. Jadi kita terinspirasi dari sebuah mobil zaman dulu Rolls Royce Classic PT1 1905 mulai Tahun 1936. Dulunya mobil ini warna putih, ”tegas Muhammad Arifin yang juga merupakan salah satu tim perancang body mobil ini.

Mobil Rakitan Mahasiswa STT Harapan
Mobil Rakitan Mahasiswa STT Harapan

 

Tidak hanya mobil, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin STT Harapan Medan ini juga membuat beberapa mesin lainnya. Mesin pemompa, mesin pendingin dan beberapa mesin lainnya berhasil mereka ciptakannya.

Seperti mengundang karya yang lain. Dalam proses pembuatan, mobil ini juga memiliki beberapa sumber seperti tangki yang telah diperbaiki. Sebelum mobil klasik berubah warna, mobil ini tidak dapat berjalan mundur. Namun kegigihan dari mahasiswa kreatif ini berhasil diperbaiki juga membuat mobil klasik ini tampak sempurna.

Bukan hanya menyelesaikan keberhasilan dalam hal sparepart melalui mesin, mahasiswa Teknik Mesin ini juga membutukan bantuan dalam proses menyelesaikan hasil karya-karya mereka seperti keuangan dan juga fasilitas. Mobil klasik lucu ini adalah mobil yang dibuat dengan uang pribadi dan ide pribadi mahasiswa.

Tentu saja, rasa puas itu tidak pernah berakhir pada satu titik. Beberapa mahasiswa masih ingin membuat beberapa inovasi terbaru dalam berbagai hal. Tidak hanya di bidang otomotif, diberikan juga mesin-mesin lain dengan penghematan energi serta terjangkau.

Mesin dari Mobil Rakitan Mahasiswa STT Harapan
Mesin dari Mobil Rakitan Mahasiswa STT Harapan

 

Sesuai dengan jurusannya yaitu Teknik Mesin, mobil klasik ini dibuat dengan mesin yang dirancang sendiri. Untuk penggunaannya, juga seperti mobil lain. Namun mobil ini memiliki lima kecepatan yang dapat dinaik-turunkan kecepatan layak motor sport . Mobil klasik ini telah beberapa kali menghadiri beberapa ajang pameran, salah satunya Pameran Otomotif Medan 2016 yang sedang berlansung selama 5 hari di Santika Dyandra Convention Center.

“Ini menjadi salah satu ajang yang bagus untuk membalikkan mengeksplorasi karya generasi muda. Orang-orang seperti ini melihat bahwa mahasiswa tidak hanya terkait dengan demonstrasi dan orasi saja, tetapi juga dapat menghasilkan karya, ”ujar Aji Surahman yang dijumpai pada pameran tersebut.

Beberapa mahasiswa Teknik Mesin STT Harapan juga memiliki resolusi sebagai awal pengembangan karya otomotif mereka. Mereka berada di dalam suatu proses membuatan otomotif yang dapat digunakan hanya dengan berbadan dasar listrik. Namun tentu saja semua ini memiliki proses yang matang dan di bareng saya dengan ilmu yang matang pula.

Mereka juga senang diberikan dukungan penuh oleh semua pihak, khususnya pemerintah dan juga pihak kampus dalam melengkapi mereka dalam mengembangkan bakat, ilmu dan juga kreatifitas. Kalau bukan dari sekarang, tunggu sebentar lagi generasi muda masa depan tanah kembangkan karyanya, khusus karya-karya yang bisa menghemat daya. *** (CM-01 / Dela Aria Dahaka)

Baca : Mobil Bekas? Di : Seva Mobil Bekas

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *