Lebih Dekat Dengan Reptil Bersama MERCY

  • Whatsapp

 

Lebih Dekat Dengan Reptil Bersama MERCY
Lebih Dekat Dengan Reptil Bersama MERCY

Setiap orang pasti memiliki hobi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan komunitas satu ini. Mereka adalah sekumpulan orang yang memiliki hobi berbeda. Memang untuk saat ini hobi tersebut sudah tidak begitu asing di beberapa kalangan. MERCY adalah salah satu komunitas bagi pecinta binatang melata, lebih tepatnya binatang reptil.

Read More

Mereka memiliki tempat kumpul di basecamp Jalan Dazam Raya, No. 11 A. Tepatnya di belakang Jalan Nibung Raya, setiap Senin hingga Jumat Pukul 17.00 WIB hingga Pukul 21.00 WIB. Pada Sabtu dan Minggu waktu dan tempat bisa disesuaikan. Komunitas yang menciptakan suatu wadah untuk para pecinta binatang berdarah dingin ini terbentuk pada 2009. Pada 14 Februari 2012, MERCY resmi diresmikan. MERCY juga sering mengadakan gathering sebagai agenda rutin setiap bulannya.

Komunitas Pecinta Reptil Mercy
Komunitas Pecinta Reptil Mercy

 

“Namun sekarang, karena pengurus sudah banyak yang berkeluarga, gathering sudah tidak berjalan lancar. Tetapi kami selalu menyempatkan waktu untuk tetap ngumpul untuk berbagi pengalaman tentang peliharaan masing-masing,” cerita Eddy Mamana yang merupakan salah satu pengurus MERCY.

Sekilas informasi, Reptil merupakan sebuah kelompok hewan vertebratayang berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia adalah tetrapoda (hewan dengan empat tungkai) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membrane amniotik.

Sekarang ini mereka menghidupi setiap benua kecuali Antarika, dan saat ini mereka dikelompokkan sebagai:

  • Ordo Crocodilia (buaya, garhia, caiman dan alligator) sebanyak 23 spesies.
  • Ordo Sphenodontia (Tuatara Selandia Baru) sebanyak 2 spesies.
  • Ordo Squamata (kadal, ular, dan amphisbaenia (worm-lizards) sekitar 7.900 spesies.
  • Ordo Testudinata (kura-kura, penyu, dan terrapin) sekitar 300 spesies.

Di MERCY sendiri, binatang-binatang yang banyak dipelihara oleh anggotanya adalah ular, kadal seperti iguana, gecko, biawak dan lainnya. Kura-kura juga menjadi salah satu keanggotaan dari MERCY. Namun sayang, MERCY masih belum memiliki amphibian yang lengkap untuk dipelihara dan menjadi anggota dari komunitas ini.

MERCY juga memiliki alasan khusus, mengapa disaat orang tengah heboh dengan hobinya masing-masing seperti olahraga, travelling, shopping atau bahkan menjadi seorang kolektor MERCY memilih untuk membentuk komunitas dengan hewan yang sangat tidak biasa. Sebagian orang menganggap reptil adalah binatang yang menjijikan, buas , bahkan menakutkan.

MERCY bersama komunitasnya, berusaha menepis mindset negatif tentang binatang tersebut. Sesuai dengan visi dan misi MERCY yaitu memberikan edukasi dan berbagi tentang reptil yang dianggap menjijikkan terutama ular.

Hebatnya, tidak sedikit masyarakat yang berhasil teredukasi tentang reptil itu sendiri. Beberapa orang yang ‘geli’ dengan reptil khususnya ular sedikit demi sedikit mulai tidak asing dengan binatang tersebut. Nyatanya, tidak sedikit juga orang-orang di luar dari komunitas ini yang juga mencintai dunia reptil. Sebagian orang beranggapan bahwa ular dan beberapa binatang reptil lainnya adalah binatang yang eksotis.

Baru-baru saja MERCY mengadakan gathering bulan ini di Taman Biro USU pada 22 Mei 2016. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ternyata antusiasme orang dengan hewan eksotis ini sangat besar. Banyak pengunjung yang juga ikut bergabung bersama MERCY dalam gathering tersebut mulai dari anak-anak bahkan sampai orang dewasa.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Contact Person :

Pin BB            : 7DC8617D

Phone / WA    : 082276221155

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *