IBX5A49C9BC313D6 Kunjungi 13 Air Terjun Unik dan Menarik Sumatera Utara - Cerita Medan

Kunjungi 13 Air Terjun Unik dan Menarik Sumatera Utara

Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi

Pesona wisata alam Sumatera Utara selalu tidak kalah habisnya untuk dibahas. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Medan, Deli Serdang dan Langkat. Pesona alam apalagi wisata  air terjun yang ada sungguh luar biasa, selalu tak jera untuk menarik pengunjung wisatawan datang terutama di akhir pekan yang menjadi pilihan untuk berlibur. Bagi anda para wisatawan yang hobi berwisata alam, jangan ngaku traveler sejati bila belum mengunjungi wisata air terjun ini.

 

  1. Air Terjun Dua Warna Deli Serdang
Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna

 

Sebagai warga Medan dan sekitarnya, air terjun ini merupakan salah satu keajaiban alam Sumatera Utara yang namanya sudah tersebar luas. Air terjun ini terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Dikatakan Air terjun Dua Warna dikarenakan Air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda,

Pada saat jatuh, airnya berwarna putih dan sewaktu sampai ke bawah airnya berwarna biru. Air terjun yang memiliki ketinggian air terjun ini sekitar 75 meter ini masih terletak dikawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Bisa ditempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Medan.

 

  1. Air Terjun Sipiso-piso Tongging

Siapapun warga Medan pasti tidak asing lagi dengan air terjun yang satu ini, terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Menuju lokasi ini bisa ditempuh sekitar 2 atau 3 jam dari Medan.

Nah, Air Terjun Sipiso-piso yang memiliki ketinggian 120 meter ini berada di sekitar tepi Danau Toba bagian utara. Untuk mencapai air terjun ini, kalian harus menuruni anak tangga yang banyak, maka dari itu diperlukan stamina yang kuat. Apabila kita berkunjung ke tempat ini kita akan bisa langsung menyaksikan indahnya alam Danau Toba, sepanjang menelurusi jalan ke bawah.

 

  1. Air Terjun Sampuren Putih Deli Serdang
Air Terjun Sempuren Putih
Air Terjun Sempuren Putih

Air terjun yang memiliki ketinggian 3 meter ini masih dibilang populer di kalangan para penjelajah. Terletak di kawasan Desa Cinta Rakyat/Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Untuk menempuh lokasi ini diperlukan waktu sekitar 2 jam dari Medan. Jalan menuju lokasi ini bisa dikatakan cukup curam, untuk itu diperlukan persiapan yang lengkap seperti mengecek kendaraan sebelum berangkat. Tapi semua itu akan langsung terganti dengan indahnya air terjun ini.

 

  1. Air Terjun Tongkat Binjai
Air Terjun Tongkat
Air Terjun Tongkat

Berada di lokasi wisata Pelaruga Jungle Tracking, di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat. Wisata Pelaruga ini diambil dari nama komunitas pemandu alam yang berada di daerah tersebut, bernama Pelaruga. Untuk mencapai lokasi palaruga ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Medan. Air terjun Tongkat sendiri berasal karena terdapat satu batang kayu besar yang menyerupai tongkat yang tertancap ditebing air terjun.  Tinggi air terjun ini berkiras 30 meter.

 

  1. Air Terjun Teroh-teroh Binjai

Masih di lokasi yang sama dengan wisata Pelaruga. Air terjun ini juga tidak kalah eksotis dengan Air Terjun Tongkat. Dinamakan Air Terjun Teroh-teroh dikarenakan air terjun ini tidak terlalu tinggi. Teroh-teroh dalam Bahasa Karo berarti bawah-bawah dan bermayoritas penduduk Desa Rumah Galuh.

 

  1. Air Terjun Sikulikap Berastagi

Nama air terjun ini pasti sudah tidak terasa asing dikalangan masyarakat, apalagi bagi orang-orang yang sering melewati kawasan Berastagi dan sekitarnya. Air terjun ini terletak di Brastagi, sekitar 1,5 jam atau 2 jam menempuh perjalanan dari Medan.

Tempatnya juga sangat strategis, berada di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, berbabatasan dengan Kabupaten Karo dan Deli Serdang. Kawasan ini masih bisa dijangkau dan tidak terlalu jauh dari Kota Medan. Lokasi air terjun ini berada tepat di bawah penatapan Berastagi. Maka dari itu, untuk menuju lokasi air terjun ini kita perlu menuruni tangga ke bawah. Hutan tempat berada air terjun ini masih merupakan Kawasan Tanah Nasional Gunung Leuser. Tinggi air terjun ini kurang lebih 30 meter.

 

  1. Air Terjun Tarunggang Deli Serdang
Air Terjun Tarunggang
Air Terjun Tarunggang

Masih berada di kawasan Deli Serdang. Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Perjalanan dari Medan memakan waktu sekitar 1 jam. Ketinggian air terjun ini sekitar 15 meter. Kelebihan yang dimiliki air terjun ini adalah memiliki pasir putih. Suasana ini membuat kita seolah-olah sedang berada di Pantai.

Satu lagi yang menjadi daya tarik air terjun ini adalah adanya goa dibalik air terjun ini. Selain sebagai lokasi wisata pemandian, air terjun ini juga sering digunakan sebagai tempat memancing bagi warga. Ini dikarenakan masih banyaknya ikan di daerah air terjun ini. Nah, jika teman-teman berminat datang ke air terjun ini, segera siapkan pancing dan gala untuk memancing juga ya.

 

  1. Air Terjun Jodoh Pamah Semelir Langkat
Air Terjun Jodoh Pamah Semelir
Air Terjun Jodoh Pamah Semelir

Air Terjun Jodoh Semelir adalah salah satu keajaiban Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Untuk masuk ke ekowisata ini kita menuju TNGL sektor Bekancan, yaitu di Dusun Pamah Semelir, Langkat,Sumatera Utara. Untuk sampai ke lokasi dibutuhkan perjalanan berkendara dari Medan sekitar 2 jam perjalanan. Stamina yang cukup sangat diperlukan untuk sampai ke lokasi air terjun ini.

 

  1. Air Terjun Lau Bente Langkat
Air Terjun Lau Bente Langkat
Air Terjun Lau Bente Langkat

Masih berada di daerah Langkat, air terjun ini terletak di Desa Rumah Galoh, Sei Binge, Langkat, lazim pula disebut Air Terjun PLTA. Perjalanan dari Medan sekita 2 jam. Tinggi air terjun ini sekitar 12 meter. Air terjun ini termasuk jarang dikunjugni wisatawan karena sulitnya akses ke lokasi ini.

 

  1. Air Terjun Namo Belanga Langkat
Air Terjun Namo Belanga
Air Terjun Namo Belanga

Air terjun menjadi daftar air terjun yang sering dikunjungi masyarakat. Sering disebut Pemandian Alam Dewi Shinta yang terletak di Desa Rumah Galuh, kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat.  Perjalanan dari Medan menuju tempat ini berkisar 2 jam. Salah satu kelebihan air terjun ini adalah airnya pemandiannya yang bening dan biru, sehingga kita dapat melihat dasarnya.

 

  1. Air Terjun Siluman Langkat
Air Terjun Siluman
Air Terjun Siluman

Air terjun ini terletak bersebelahan dengan Air Terjun Namo Belango. Bila berkunjung ke Air Terjun Namo Belango sungguh akan sangat disayangkan bila tidak mampir ke Air terjun ini. Air terjun ini terletak diantara dua tebing curam. Nah, untuk menuju ke air terjun ini juga tidak boleh ngasal waktu, karena dikhawatirkan jika sampai di tempat terkadang air tidak mengalir. Akan sangat disarankan datangnya pagi-pagi untuk menunggu arus air keluar.

 

  1. Air Terjun Pelangi Danau Linting
Air Terjun Pelangi
Air Terjun Pelangi

Dinamkan Air Terjun Pelangi karena pada saat siang hari pancaran sinar matahari yang menembus air akan memunculkan pelangi yang sangat indah. Terletak  di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang, Sumatera Utara. Daerah air terjun ini merupakan daerah Danau Linting, untuk mencapai lokasi ke air terjun para wisatawan harus menuruni tangga  ke bawah. Membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari Medan untuk sampai di tempat ini.

 

  1. Air Terjun Lau Lutih Deli Serdang
Air Terjun Lau Lutih
Air Terjun Lau Lutih

Air terjun ini sering juga disebut dengan Air Terjun Tanjung Raja. Masih banyak wisatawan yang belum tahu akan keberadaan air terjun ini. Air terjun ini terletak di Kecamatan Sinembah, Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang. Waktu perjalanan dari Medan sekitar 2 jam perjalanan. Air Terjun ini tidak terlalu tinggi namun melebar. Kawasan air terjun ini juga tidak licin dan berlumut. Sangat cocok untuk dijadikan salah satu wisata.

Bagi konkawan Cerita Medan yang ingin mengunjungi destinasi wisata air terjun, bisa mencoba beberapa lokasi tersebut. Bisa dilakukan dengan sahabat, keluarga dan rekan travelling.***(CM-D02/Weny Maya Sari)

KOMENTAR

BACA JUGA