Keringat Berlebih Saat Tidur, Bahayakah?

  • Whatsapp
Keringat Berlebih Saat Tidur
Keringat Berlebih Saat Tidur

 

Pernah mengalami hal seperti ini? Ketika bangun dari tidur sekujur tubuh dipenuhi keringat. Padahal ada kipas angin atau AC di ruang tidur. Hal seperti ini rata-rata telah dialami setiap orang, banyak yang mengatakan bahwa sepertinya tidur menguras energi yang terlalu banyak hingga tubuh perlu bekerja keras dan akhirnya berkeringat.

Read More

Saat panas menerpa, memang sudah wajar jika tubuh mengeluarkan keringat saat tidur, namun jika tidak ada panas, apa mungkin untuk mengeluarkan keringat juga? Banyak diantaranya juga selalu tidak lelap tidur karena keringat yang terus mengalir. Hal ini sebaiknya menajdi pengetahuan bagi semua orang. Karena keringat berlebihan saat tidur bisa saja adalah awal dari timbulnya sebuah penyakit. Beberapa hal yang menjadi faktor dari munculnya keringat adalah:

  1. Gula Darah yang Rendah

Gula darah atau biasa disebut hypogylcemia ternyata bisa terjadi di malam hari. Hal tersbut dinamai nocturnal hypoglycemia, inilah yang menyebabkan timbulnya keringat berlebih pada tubuh saat tidur di malam hari. Penelitian terhadap kasus ini juga menyatakan bahwa setiap orang yang mengalami gula darah rendah akan mendapatkan tidur dengan baju yang basah akibat keringat, pusing kepala serta diiringi dengan mimpi buruk.

  1. Infeksi

Infeksi yang terjadi pada seseornag dapat menyebabkan kondisi keringat yang berlebihan saat tidur di malam hari. Dari banyaknya infeksi, yang paling sering mengalami keringat berlebih saat tidur adalah penderita turbocolosis (TBC). Selain itu infeksi lainnya juga biasanya menyerang mereka dengan gangguan mengalami keringat yang berlebih saat tidur, diantaranya yaitu endocarditis (peradangan di katup jantung) ataupun osteomyelitis (peradagangan tulang) dan HIV/AIDS.

  1. Kelaianan Hormon

Kelainan hormon yang dialami pria dan wanita nampaknya menjadi penyebab seseorang mengalami keringat berlebih saat tidur malam. Pheochomocytoma, Hyperthyroidisim dan Carcinoid Syndrome merupakan penyebab dari kelainan hormon.

Pehochromocytoma adalah kelainan kelenjar adrenal. Hal ini  yang jarang mengonrol tekanan darah dan detak jantung. Hyperthyroidism lebih umum disebut hormon thyroid berlebih yang digunakan untuk mengontrol protein, energi, dan hubungan dengan hormon lain. Carcinoid Syndrome juga merupakan kelainan hormon yang jarang terjadi karena hormon berlebih yang dihasilkan oleh paru-paru atau tumor usus.

  1. Menopause

Menopause akan dialami setiap wanita setelah berumur lebih. Tak jarang ada juga wanita yang mengalami hal ini ketika usia masih muda. Menopause bisa menyebabkan keringat yang berlebih pada wanita. Karena hal ini dipicu juga dengan horman yang telah berubah. Cara menghindari agar tak selalu mengalami keringa yang berlebih adalah dengan menasehati untuk tidak stress, tidak mengonsusi kafein yang berlebihan dan banyak lagi yang dapat memicu keringat muncul.

  1. Kanker

Penyakit kanker merupakan penyakit yang sangat menakutkan. Salah satu tanda bahwa seseorang mengalami kanker adalah selaluberkeringat saat tidur di malam hari. Jadi bisa saja seseorang yang terlalu berlebihan berkeringat saat tidur memiliki gejala dari kanker.

Hal-hal ini nampaknya harus menjadi perhatian serius bagi setiap orang karena keringat ynag mengalir di tubuh saat tidur di malam hari bisa menjadi tanda-tanda penyakit.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *