Kenalkan Renang Pada Anak Sejak Dini

  • Whatsapp
Kenalkan Renang Pada Anak Sejak Dini
Kenalkan Renang Pada Anak Sejak Dini

 

Berenang menjadi hal yang paling menyenangkan, bila dilakukan dengan rekan-rekan pada waktu senggang. Berenang memiliki banyak manfaat, seprti dapat melancarkan peredaran darah, membantu dalam proses pertumbuhan anak, menjadi hiburan tersendiri bagi anak, menyehatkan tubuh dan banyak lagi lainnya.

Read More

Jika berenang terus dilakukan, maka hal yang didapatkan seseorang sangat banyak. Karenanya tak heran jika seseorang banyak yang melakukan kegiatan ini meskipun penuh dirundung kepenatan akibat pekerjaan. Berenang adalah suatu pergerakan yang dilakukan di dalam air, dengan menggunakan beberapa perlengkapan buatan dan melakukannya dengan banyak macam gaya misalnya gaya dada, gaya punggung, gaya bebas, gaya kupu-kupu dan masih banyak lagi lainnya.

Bagi mereka yang baru saja memiliki keluarga kecil, sangat bagus untuk membiasakan olahraga satu ini, karena dengan renang, anak akan mendapatkan banyak manfaat. Kebiasaan anak yang menyukai dunia air memang tak dipungkiri lagi bahwa akan banyak mendapatkan kenyamanan secara cepat pada anak. Anak akan terbiasa, bahkan tak jarang mereka yang baru sekali mengenalkan anak mereka pada air akan dengan cepat membuat si kecil terbiasa. Anak kecil yang mudah beradaptasi dengan air akan lebih cepat mendapatkan banyak manfaat dari renang.

Dalam penelitian yang dilakukan di University Of Science and Technology di Norwegia menjelaskan bahwa bayi yang bisa melakukan kegiatan renang sejak dini, maka memiliki keseimbangan tubuh yang baik dan mampu menggapai objek yang ada disekitarnya, dibandingkan dengan bayi yang tidak bisa melakukan kegiatan renang.

Untuk memulai pembelajaran renang kepada si kecil, tentu orangtua menjadi peran terpenting. Karena hal pertama yang dilakukan adalah bagaimana cara orangtua untuk mengenalkan si kecil pada dunia air, dapat dilakukan dengan menggunakan kolam kecil yang terbuat dari plastik. Biarkan si kecil bermain-main dengan air, tetap gunakan alat pelindung keamanan seperti ban kecil yang melingkar di lengan atau di pinggannya.

Bayi akan lebih mudah diajarkan renang dibandingkan mereka yang telah dewasa, karena bayi tidak akan merasa takut terhadap sebuah ancaman dan bahaya. Sedangkan orang dewasa akan merasa bahwa ketakutan atau was-was jika ada sesuatu yang mengancam keberaniannya pada kegiatan renang. Kolam renang dapat menjadi sarana yang paling menyenangkan bagi si kecil, dan biasanya mereka dapat mengekspresikan dirinya secara cepat.

Merangsang gerakan motorik anak sangat cepat dan tepat jika dilakukan dengan  renang. Seluruh komponen dalam tubuh anak menjadi tergerak akibat banyak hal yang dilakukan anak tersebut. Meski demikian, orangtua terus memperhatikan kolam anak, kebersihan sangat penting karena si kecil bisa saja terhirup air kolam. Dan yang patut diperhatikan juga adalah kesehatan si kecil, jika mereka tidak dalam kondisi sehat, maka orangtua jangan memaksakan si kecil tetap melakukan kegiatan renang. Kondisi ini bukan menyehatkan si kecil malah akan menjadi dampak buruk yang bertambah bagi kesehatannya.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *