Jangan Panaskan Ulang Makanan Ini

  • Whatsapp

 

Jangan Panaskan Ulang Makanan
Jangan Panaskan Ulang Makanan

Ada beberapa makanan yang memang tidak boleh dipanaskan ulang dengan maksud agar makanan kembali panas dan nikmat kembali saat disantap. Beberapa makanan memang bisa dipanaskan ulang dan semakin nikmat jika disantap. Beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang memiliki banyak efek negatif. Hal ini bisa menyebabkan perubahan rasa pada masakan dan akan menjadi racun bagi tubuh jika mengonsumsinya. Makanan tersebut yaitu:

Read More

  1. Sayur bayam

Sayur bayam adalah sayur yang sehat dan baik dikonsumsi oleh tubuh. Karena memiliki banyak vitamin dan manfaat yang menyehatkan tubuh. Sayur bayam yang telah dimasak, sebaiknya langsung dikonsumsi dan jangan sampai meninggalkan sisa untuk menyantapnya ulang di lain waktu. Kandungan dari nitrat yang dihasilkan bayam akan berubah menjadi asam nitrat dan bisa membuat bayam bersifat karsinogenik untuk tubuh. Sudah pasti telah menjadi racun bagi tubuh jika mengonsumsinya.

  1. Telur

Telur dapat menambah stamina dan memperbaiki sistem imun tubuh. Telur yang direbus juga biasa dikonsumsi banyak orang, khususnya pekerja pria dan wanita agar selalu terlihat bugar. Namun telur yang  direbus dan digoreng dimasak kembali maka akan menjadi racun bagi tubuh. Karena hal ini bisa membuatnya bersifat letal dan resikonya bisa cukup berbahaya untuk tubuh jika kita mengonsumsinya. Resikopaling bahaya adalah dapat menyebabkan kematian.

  1. Daging Ayam

Daging ayam sebaiknya dikonsumsi secara langsung setelah dimasak. Karena jika dipanaskan ulang, struktur proteinnya dapat berubah dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Namun tak terlalu bahaya jika memanaskannya ulang dan mengonsumsinya lagi. Tapi kalau terpaksa ingin menghangatkannya, gunakan suhu rendah untuk memanaskannya. Jangan menggunakan suhu yang biasa digunakan untuk memasak ulang, karena banyak hal yang dapat memperburuk keadaan tubuh.

  1. Jamur

Jamur yang memiliki tekstur lembut ini harusnya langsung dikonsumsi setelah dimasak. Kalau mau mengonsumsinya keesokan harinya, baiknya dikonsumsi dengan keadaan dingin saja, dan tak perlu dipanaskan ulang. Karena jika mengonsumsi jamur yang dipanaskan ulang, sangat beresiko bagi tubuhmu. Bahkan dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga masalah jantung kronis.

  1. Seledri

Seperti bayam yang dijelaskan tadi, seledri juga tak bisa dikonsumsi dengan keadaan dipanaskan ulang. Karena kandungan nitrat dalam seledri bisa berubah jadi asam nitrat bila dipanaskan ulang. Kalau membuat sup yang diberi seledri, sebaiknya ambil dahulu seledrinya jika ingin memanaskan ulang supnya. Agar kandungan nitratnya tak berubah. Hal yang sama ini juga berlaku pada wortel.

  1. Santan

Santan biasa digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai pelengkap makanan, agar semakin memiliki cita rasa yang nikmat. Menambahkan santan pada sayur kita memang gurih. Namun jika memanaskan santan berulang-ulang kali sebenarnya  sangat tidak baik. Karena saat proses pemanasan terjadi berulang-ulang, lemak yang terdapat pada santan akan berubah menjadi lemak jahat yang beresiko menimbulkan kolesterol. Kolestrol yang terjadi pada orang dewasa bisa terjadi karena sering mengonsumsi santan yang dipanaskan secara berulang-ulang.

  1. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh. Mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sangat sehat. Namun brokoli ini mempunyai sifat yang mirip dengan bayam. Brokoli juga mengandung nitrat seperti bayam. Nitrat ini akan berubah menjadi asam nitrat yang memicu tumbuhnya sel karsinogenik jika dipanaskan secara berulang ulang. Segera konsumsi sayur brokoli yang sudah matang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari brokoli ini, masak brokoli dengan cara dikukus.

Nah, jadi konkawan Cerita Medan jika ingin mengonsumsi makanan secara berulang dengan memanaskan ulang, sebaiknya perhatikan kandungan dari masakan tersebut. Jangan malah menjadi racun bagi tubuh.***(CM-E02/Amal Hayati)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *