Jalan-jalan Hemat Diakhir Bulan

  • Whatsapp
Tips Jalan-jalan Hemat Diakhir Bulan
Tips Jalan-jalan Hemat Diakhir Bulan

 

Menjadi traveler kini sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi masyarakat modern. Mendaki gunung, wisata airterjun, masih banyak hal lain. Semua dilakukan untuk memuaskan batin dan menenangkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Bahkan kebanyakan masyarakat modern sekarang ini menjadikan traveler sebagai salah satu momen untuk mendapatkan hasil foto yang bagus untuk media sosial.

Read More

Nah, buat kamu yang hobi jalan-jalan sambil selfie atau traveller selfie namun sudah mendekati akhir bulan dimana keuangan semakin menipis alias budget minim, kamu tidak perlu khawatir jalan-jalan kamu bakal kacau. Berikut ada tips untuk jalan-jalan hemat dan murah diakhir bulan.

  1. Pilih Lokasi

Memilih lokasi ini menjadi hal yang sangat penting. Karena ini adalah tempat tujuan kamu nantinya. Usahakan memilih lokasi yang tidak terlalu jauh dari kota kediaman kamu. Mengapa? Karena semakin jauh kamu pergi maka kamu akan semakin mengeluarkan banyak uang untuk hal tersebut.

Kalau kamu masih ragu dengan lokasi yang ingin kamu tuju, sebelumnya kamu bisa menanyakan pada teman yang sudah pernah pergi jalan-jalan ke tempat wisata di daerah kota kamu atau luar kota yang tidak terlalu jauh dari kota kediamanmu.

 

Hal ini untuk memastikan semenarik apakah tempat yang akan kamu kunjungi, perkiraan persiapan apa yang harus kamu siapkan dari rumah sebelum berangkat agar kamu tidak menyesal nantinya  setelah sampai di lokasi tujuan. Cara lainnya bisa dilakukan dengan mencari tahu tentang lokasi wisata tersebut di internet, blog ataupun instagram orang-orang. Hal ini untuk kembali meyakinkan kamu bahwa tempat yang kamu tuju nantinya memang memuaskan kamu.

 

  1. Perhitungkan Dana

Karena ini adalah jalan-jalan akhir bulan dengan budget yang minim, kamu perlu memperhitungkan kira-kira seberapa besar pengeluaran yang akan kamu keluarkan untuk perjalanan ini. Kamu bisa menyisihkan uang transportasi terlebih dahulu. Kalau bisa jalan-jalan ini tidak menginap, sehingga akan mengurangi biaya pengeluaran kamu. Kamu bisa berangkat pagi dan pulang sore hari untuk berwisata.

Tips Jalan-jalan Hemat Diakhir Bulan
Tips Jalan-jalan Hemat Diakhir Bulan

Untuk biaya makan usahakan kamu telah sarapan pagi dari rumah sehingga kamu tidak perlu sarapan pagi lagi diluar. Sedangkan untuk makan siang, kamu bisa memasak makanan dan membawanya dari rumah, sehingga mengurangi pengeluaran kamu. Karena perjalanan tidak menginap kemungkinan kamu akan sampai dirumah sore atau malam hari.

Nah, kamu bisa menyisihkan uang kamu hanya untuk makan  sore atau makan malam apabila masih diperjalanan. Tapi akan lebih hemat jika kamu sampai sore hari dirumah dan malam hari makan dirumah.

 

  1. Gunakan Kereta/Motor

Hal ini bisa dilakukan karena kamu hanya jalan-jalan didaerah yang tidak terlalu jauh dengan kota kediaman kamu. Kamu hanya perlu menghabiskan uang minyak untuk biaya transportasi. Apalagi kalau pergi bersama teman, dijamin uang minyak akan dibagi dua. Hemat bukan?

 

  1. Bawa bekal makanan dan minuman

Sesuai dengan judulnya tips hemat jalan-jalan akhir bulan. Untuk meminimalisir pengeluaran yang akan terjadi selama perjalanan, usahakan kamu membawa bekal dari rumah. Bisa jadi itu makan siang. Bahkan membawa botol minum sendiri untuk keperluan minum. Karena harga minuman mineral yang ditawarkan di area wisata biasanya dua kali lipat dengan harga aslinya. Untuk itulah agar pengeluaran tidak terlalu banyak maka usahakan kamu membawa makanan dan minuman dari rumah.

 

  1. Ajak teman atau hubungi teman

Jalan-jalan tidak akan enak jika sendiri ataupun hanya berdua. Ajak teman kamu untuk ikut bersama kamu. Teman yang tahu lapangan dan tahu lokasi unik tujuan wisata kamu. Lebih bagus lagi kalau ternyata teman kamu memiliki teman di tempat yang kalian kunjungi, minimal kalian bisa tinggal disana sementara sambil bersilahturahmi dengan temannya teman kamu.

 

  1. Belanja di Warung

Ini ditujukan bagi kamu yang memang tidak sempat untuk membawa bekal atau lupa membawa minuman. Selama diperjalanan usahakan membeli makanan atau minuman di warung yang ada di pinggir jalan, uasahakan tidak belanja di supermarket. Ini diperhitungkan karena minimnya dana yang kamu punya. Harga yang ditawarkan di Warung juga lebih murah dibandingkan dengan harga supermarket.

 

  1. Memilih Oleh-oleh

Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman, kamu bisa mencari oleh-oleh dengan harga murah dipasar tradisional. Apalagi jika kamu membawa teman jalan-jalan yang banyak. Kamu dan teman-teman bisa mengambil sendiri satu paket oleh-oleh dengan harga murah. Misalnya gantungan kunci dibeli satu lusin pasti akan lebih murah jika dibandingkan dengan membelinya satu buah.

Kamu dan teman-teman kamu bisa membelinya bersama untuk kemudian dibagi nantinya, pasti harganya lebih murah jika membeli banyak dari pada hanya membeli satu persatu. Inilah keuntungannya mengajak teman-teman kamu jalan-jalan bersama kamu.

 

Demikianlah tips Jalan-jalan Hemat Diakhir Bulan, semoga tips diatas bisa diterapkan untuk kamu yang ingin menikmati refreshing diri tanpa harus mahal. Silahkan mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *