Ginga Firme Capoeira, Menggabungkan Unsur Bela diri dengan Seni

  • Whatsapp
Ginga Firme Capoeira, Menggabungkan Unsur Bela diri dengan Seni
Ginga Firme Capoeira, Menggabungkan Unsur Bela diri dengan Seni

Beragam olahraga bela diri cukup banyak modern ini, mulai dari Kungfu, Taekwondo, Karate, Tinju, Muay Thai dan banyak lagi lainnya. Olahraga bela diri dikenal dengan sebuah kegiatan yang cukup menguras tenaga, karena dalam permainannya biasanya menggunakan otot. Namun, dari segala jenis bela diri yang terdapat di dunia, ada salah satu bela diri yang cukup unik dan menarik. Dalam gerakannya diiringi oleh musik, sehingga membuat gerakan semakin lincah seperti sebuah tarian. Seni bela diri itu disebut dengan Capoeira.

Menurut sejarah, Capoeira adalah salah satu jenis bela diri tradisional yang berasal dari Brasil dan dikembangkan oleh budak-budak Afrika. Kemudian dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brasil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar pada Tahun 1500-an.

Read More

Di Indonesia sendiri, seni bela diri ini cukup digemari. Hal ini dikarenakan gerakannya cukup menarik dengan mengkombinasikan seni bela diri, musik, tarian, dan akrobatik. Begitupun dengan tarian dan tendangannya yang diiringi dengan musik tradisional, membuatnya cukup digemari oleh berbagai kalangan.

Sementara itu Capoeira sendiri sudah ada di tiga negara seperti Brasil, Indonesia dan Timor Leste. Di Medan sendiri, seni bela diri Capoeira diberi nama Ginga Firme Capoeira Sumatera Utara (GFC) Sumut.

Anggota Capoeira
Anggota Capoeira

 

Banyak orang Medan yang mulai tertarik dengan Capoeira sejak didirikan pada 21 Juli 2008 lalu, kesukaan tersebut didasari akan berbagai hal seperti keunikan yang terdapat di dalamnya, unsur pertahanan diri dan musik. “Sehingga dapat dikatakan bahwa Capoeira adalah seni bela diri yang kompleks. Karena menggabunggkan unsur fight, dance dan games serta meningkatkan jalinan persaudaraan dengan tidak memandang SARA,” ungkap Fachrial Daniel yang merupakan salah satu pendiri Capoeira Sumut.

Seperti penuturan Daniel, di GFC saat ini sudah tergabung 80 orang. Diantaranya terdiri dari kalangan anak-anak dan dewasa, ia juga mengatakan bahwa dengan mengikuti Capoeira maka orang-orang akan lebih mudah menurunkan berat badannya. Capoeira memang cukup dikenal sebagai salah satu solusi untuk diet sehat. Selain itu Capoeira juga diyakini sangat berhasil membakar cardio olahraga fisik. Selain untuk kesehatan, Capoeira juga ditujukan sebagai wadah berkreativitas dan saling berisilaturahmi sesama anggota tanpa memandang latar belakang tertentu.

Latihan Capoeira
Latihan Capoeira

 

Karena itu, tentu seni bela diri satu ini bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin diet secara sehat, maupun yang menyukai seni bela diri dengan gabungan seni yang terdapat di dalamnya. Memang benar, butuh waktu yang cukup lama agar benar-benar lihai melakukan setiap gerakan Capoeira, tapi tentu jika dilakukan dengan niat yang kuat semua akan terasa mudah.

Jenis bela diri satu ini memang mengasyikkan. Tak heran jika penampilannya dibutuhkan di berbagai kegiatan. GFC Sumut sendiri melalui cerita Fachrial Daniel kerap diundang dalam berbagai kegiatan, seperti acara launching produk, acara di sekolah-sekolah maupun perusahaan, acara penampilan hiburan tertentu dan bahkan juga diundang pada acara keagamaan tertentu.

Nah, bagi konkawan Cerita Medan yang ingin mengentahui lebih banyak mengenai Capoeira, sebaiknya langsung saja gabung di GFC Sumut. Terdapat beberapa syarat untuk bergabung yaitu sehat jasmani maupun rohani. Juga terdapat kelas anak-anak, dewasa dan pekerja. Setiap orang berhak bergabung dan mengikuti latihan di Ged Fitness Cikal USU Pintu III (di samping lapangan badminton) dengan biaya Rp.100.000,- perbulannya. Seperti yang sudah terjadwal, latihan dilakukan setiap Hari Kamis hingga Sabtu mulai Pukul 16.00-18.00 WIB. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Daniel: 082176349088 atau dapat mengunjungi Instagram: gfc_sumut.***(CM-02/Zakiyah Rizki Sihombing)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *