Bina Antarbudaya Kembali Adakan Pelatihan Relawan Skala Nasional

  • Whatsapp
Bina Antarbudaya Kembali Adakan Pelatihan Relawan Skala Nasional
Bina Antarbudaya Kembali Adakan Pelatihan Relawan Skala Nasional

Setiap orang pasti berkeinginan untuk selalu mencari hal-hal yang baru. Bina Antarbudaya kembali melakukan Pelatihan Skala Nasional yang diikuti oleh 45 peserta. Sebagian besar adalah relawan dari berbagai chapter di Indonesia, (20/5). Pelatihan tersebut adalah sebuah pelatihan dalam pengembangan relawan yang akan diadakan selama 3 hari dengan tema ‘What Every AFSers Should Know About ICL’.

Bina Antarbudaya adalah organisasi non-pemerintah, nirlaba, berbasis relawan dan merupakan mitra dari AFS (American Field Service) Intercultural Program yang berkomitmen untuk membangun dunia lebih baik melalui program pertukaran pelajar. Tentu saja program-program yang dibuat oleh Bina Antarbudaya bertujuan untuk membentuk rasa saling menghargai dengan sesama baik antar kota, suku, dan budaya maupun antar negara.

Read More

Bina Antarbudaya Kembali Adakan Pelatihan Relawan Skala Nasional
Bina Antarbudaya Kembali Adakan Pelatihan Relawan Skala Nasional

 

Untuk hari pertama, Bina Antarbudaya akan mengadakan pelatihan tentang kepemimpinan (Leadership) dan ICL (Intercultural Learnin)/Pemahaman Lintas Budaya. Sesuai dengan visi Bina Antarbudaya yaitu menciptakan pemimpin masa depan dan tidak berafiliasi dengan agama, suku, kelompok sosial, ekonomi atau partai politik manapun. Pelatihan ini juga membentuk rasa keterikatan batin anak, agar mampu lebih dalam dan lebih dekat dengan orang yang berbeda budaya ataupun negara.

Bina Antarbudaya yang didirikan oleh Taufiq Ismail, Tanri Abeng, Irid Agoes, Kartono Muhammad, dan Juga Shopie Gunawan Satari pada Tanggal 2 Mei 1985 ini mampu mengirimkan lebih dari 300 siswa/i ke berbagai negara tujuan, dan menerima lebih dari 1500 warga asing untuk tinggal dan belajar di Indonesia. Bina Antarbudaya juga memposisikan dirinya sebagai organisasi berbasis pendidikan, yang terus mendukung terciptanya pemahaman global.

Setiap tahunnya tepatnya di bulan Maret, Bina Antarbudaya selalu melakukan beberapa seleksi untuk siswa/i yang ingin mengikuti program pertukaran pelajaran. Salah satu syaratnya adalah siswa/i yang masih duduk di kelas 1 sampai kelas 2 SMA/SMK.

Selain pelatihan relawan yang akan mengapresiasikan jasa-jasa dan kontribusi, Bina Antarbudaya juga melakukan pelatihan Public Relation yang akan diadalah di hari yang berbeda. Pelatihan Public Relation Skala Nasional ini dihadiri oleh perwakilan relawan dari seluruh chapter Bina Antarbudaya di Indonesia yang berjumlah 20 chapter, salah satunya yaitu chapter Medan.

Acara Pelatihan Skala Nasional ini akan ditutup dengan pelatihan yang terakhir mengenai Pengelolaan Keuangan (Financial Training). Acara ini juga akan dihadiri oleh Nasional Director bersama para pakar dan konsultan handal Bina Antarbudaya yang berpusat di Jakarta.

Program AFS adalah pilihan yang tepat untuk anak yang ingin mendapatkan teman baru, belajar bahasa asing, mengenal budaya baru, bahkan mengalami kehidupan yang baru dengan cara yang baru. Siswa/i program AFS akan tinggal dengan keluarga angkat yang akan menjadi seperti keluarga sendiri. Siswa/i yang melakukan pertukaran pelajar akan mengalami metode belajar yang berbeda diluar negeri selama satu tahun dan dengan pantau relawan AFS yang tersebar di seluruh dunia.

Bina Antarbudaya juga bekerja sama dengan Comunity Project Organization (CPO) di Indonesia untuk menerima relawan asing. Semua akan berkontribusi dalam kegiatan sosial. Untuk siswa Program AFS yang berusia 18 tahun ke atas diadakan beberapa program khusus selama pertukaran pelajar salah satunya diadakan magang berbayar.

Ini merukan suatu kegiatan postif yang dilalukan oleh organisasi positif untuk mempererat silatuhrami antar sesama di dunia melalui budaya dan juga pendidikan. Melalui kak Nina berharap  Bina Antarbudaya menjadi salah satu wadah yang mampu membentuk kepribadian sesorang untuk saling mencintai dan menghargai sesama melalui budaya yang berbeda-beda.***(CM-01/Dela Aria Dahaka)

Website            : www.bina-antarbudaya.or.id

Facebook         : Bina Antarbudaya

Instagram       : Bina Antarbudaya

Youtube           : Binaantarbudaya

Twitter             : @binabud

In                      : Bina Antarbudaya

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *