Bekali Diri untuk Menyambut MEA dengan Seminar Nasional Technoprenuer

  • Whatsapp
Bekali Diri untuk Menyambut MEA dengan Seminar Nasional Technoprenuer
Bekali Diri untuk Menyambut MEA dengan Seminar Nasional Technoprenuer

Menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), masyarakat memiliki peran vital di dalamnya untuk menggerakan roda perekonomian. Para pelakunya perlu untuk membekali diri agar mampu membaca peluang dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi digital, karena saat ini begitu banyak penggunannya yang menjadikan bisnis online dengan mengandalkan digital dan internet menjadi pasar menjanjikan.

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara yang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara mengadakan seminar terbuka yang bertemakan  ‘Seminar Nasional Technoprenuer.’ Kamis, (19/05). Tujuannya adalah untuk mendorong wirausaha khususnya mahasiswa dan pemuda Indonesia agar berperan aktif dalam menghadapi MEA. Dan menjadi pusat ekonomi digital di Tahun 2020 mendatang.

Read More

Foto Bersama Pemateri dan Petinggi UMSU
Foto Bersama Pemateri dan Petinggi UMSU

 

Diisi oleh beberapa pembicara yang sudah berpengalaman dan sudah terjun langsung ke dunia digital media. Mereka adalah Diki Zulkarnain dari Plaza 99, John Kennedy Sinaga yang berprofesi sebagai ahli IT di situs jual beli Taharrim, Ahmad Fuadi seorang supervisor jaringan perusahaan operator Telkomsel. Serta beberapa perwakilan dari fakultas ekonomi UMSU.

“Tak peduli mau berapa kali kita jatuh, yang terpenting adalah berapa kali kita bangkit, bangkit, dan terus bangkit.” Ini merupakan kutipan dari John Kennedy Sinaga untuk menambah semangat setiap yang datang dalam mengembangkan usaha mereka.

Acara yang berlangsung di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara JL. Mochtar Basri Medan ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa. Seminar mengenai tecnoprenuer ini cukup mencuri perhatian kalangan muda. Karena memang saat ini, strategi penjualan sangatlah diperlukan bagi mereka yang memilki usaha. Apalagi oleh mahasiswa yang padat dengan kesibukan perkuliahan, namun tetap ingin memulai karir sebagai wirausaha sejak dini.

Peserta Seminar di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Peserta Seminar di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

 

Tak  mengajak mahasiswa dan pemuda untuk membuka lahan bisnis mereka, disini juga ada sesi Tanya jawab bagi para tamu yang akan dijawab secara langsung. Terlihat para tamu begitu memanfaatkan kesempatan ini untuk bertanya seputar MEA dan dunia entrepreneur. Pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan pun sangat beragam, mulai dari menentukan barang yang dijual, cara mempromosikannya, resiko dan keuntungan, apa-apa saja yang perlu diperhatikan sampai bagaimana jika produk tersebut sedikit peminatnya.

Indonesia menjadi pintu gerbang perekonomian khususnya dikawasan Asia Tenggara yang kebanyakan negaranya tergabung di dalam keanggotaan ASEAN, sehingga kondisi inilah yang harus dimanfaat dengan sebaik-baiknya. Apalagi dengan adanya MEA ini, menjadikan sistem perdagangan antar negara semakin mudah antara penjual dan pembeli. Dibantu oleh berkembangnya digital media tentunya hal tersebut akan semakin mudah.***(CM-03/Rio Khairuman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *